Lifestyle

Donor Darah, Konsumsi 5 Menu Makanan Ini Terlebih Dahulu

googleberita

FAJAR.CO.ID– Setiap tahunnya, Indonesia membutuhkan lebih dari lima juta kantong darah. Untuk mencapai sejumlah kebutuhan tersebut, donor darah selalu diperlukan. Donor darah tak hanya bermanfaat bagi kemanusiaan, melainkan juga mendatangkan manfaat baik bagi pendonornya.

Meski demikian, pendonor juga tetap memikirkan nutrisi yang sebaiknya dikonsumsi agar kesehatan bisa tetap terjaga. Dengan demikian pendonor juga bisa memetik manfaat dari melakukan donor darah.

Beberapa manfaat mendonorkan darah di antaranya adalah menjaga kesehatan hati dan jantung, menjaga berat badan ideal, serta menstimulasi pembentukan sel darah merah. Namun demikian, beberapa efek samping setelah donor darah juga bisa terjadi. Misalnya pusing, kepala terasa melayang, atau mual.

Rekomendasi menu makanan sebelum donor darah

Untuk meminimalkan efek samping dari donor darah, lima jenis makanan berikut ini sebaiknya dikonsumsi sebelum mendonorkan darah:

1. Makanan kaya zat besi

Zat besi adalah mineral yang penting dalam pembentukan sel darah merah. Sebelum mendonorkan darah, konsumsi makanan yang kaya zat besi sangatlah dianjurkan untuk meningkatkan cadangan zat besi di dalam tubuh. Dengan demikian, Anda pun terhindar dari risiko anemia karena kekurangan zat besi setelah melakukan donor darah.

Sumber zat besi bisa didapatkan dari daging, serta sayuran dan buah. Sumber zat besi dari daging bisa diperoleh dari mengonsumsi daging sapi, daging domba, ayam, hati ayam, ikan tuna, dan telur.

Dari sayuran, zat besi bisa ditemukan pada bayam, brokoli, buncis, dan kale. Buah-buahan seperti stroberi dan semangka juga mengandung zat besi.

Agar zat besi dapat diserap dengan optimal oleh tubuh, hindari mengkonsumsi makanan yang tinggi zat besi bersamaan dengan susu, kopi, atau teh.

2. Makanan yang tinggi vitamin C

Vitamin C berperan meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh, khususnya sumber zat besi yang berasal dari sayuran dan buah. Dengan mengonsumsi sumber vitamin C bersama dengan sayuran hijau, produksi sel darah merah akan menjadi lebih optimal.

Vitamin C mudah ditemukan pada berbagai macam buah-buahan, seperti jeruk, lemon, pepaya, mangga, nanas dan kiwi.

3. Makanan yang kaya asam folat

Asam folat juga diperlukan dalam pembentukan sel darah merah, khususnya berperan dalam pematangan sel darah merah. Asam folat tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh sebab itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang tinggi asam folatnya.

Pada prinsipnya, asam folat banyak ditemukan pada sayuran dan kacang-kacangan seperti kentang, bayam, okra, bit, kol, kacang hijau, kacang merah, dan buncis.

Wabup Maros A Harmil Mattotorang Dorong UMKM Naik Kelas

Visa Naik, PT Saudi Patria Wisata Tak Bebani Jemaah

Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa Kaya Inovasi, Ini Dia

Gaji Sebulan Melebihi Pria Tajir, Nikita Mirzani: Itung Sendiri Netizen

Wahab Tahir Cs Kumpulkan Legislator Baru DPRD Makassar

4. Makanan yang tinggi vitamin B12

Vitamin B12, atau dikenal juga dengan istilah kobalamin, sangat penting untuk pembentukan DNA dan sel darah merah. Tak seperti asam folat yang banyak ditemukan pada sayuran, vitamin B12 banyak didapatkan dari produk hewani seperti ikan salmon, ikan tuna, daging sapi, ayam, telur, susu sapi, keju, dan yogurt. Selain itu, tempe juga mengandung vitamin B12, meski kandungannya tak sebanyak yang ditemukan pada produk hewani.

5. Air

Karena beberapa ratus mililiter cairan akan dikeluarkan dari tubuh saat proses donor darah, memiliki jumlah cairan yang cukup sebelum donor darah sangatlah penting.

Secara umum, orang dewasa dianjurkan untuk minum air sebanyak 1,5-2 liter per hari. Jumlah tersebut bisa didapat dari air putih, kuah sup, susu, atau jus. Yang perlu diingat, hindari mengonsumsi alkohol atau minuman bersoda menjelang donor darah.

Tak hanya jelang donor darah, lima jenis makanan di atas juga sebaiknya terus dikonsumsi setelah tindakan donor darah dilakukan. Dengan demikian, kesehatan Anda pun terjaga tetap prima. (jpnn)

The post Donor Darah, Konsumsi 5 Menu Makanan Ini Terlebih Dahulu appeared first on FAJAR.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of