Peristiwa

DKJ Fest 2018 Hadirkan Program-program Unggulan

Googleberita.com, Jakarta Deretan program unggulan siap dipersembahkan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) menjelang akhir tahun lewat DKJ Fest 2018. Adapun program kesenian merangkul keenam komite yang meliputi Komite Film, Komite Musik, Komite Sastra, Komite Seni Rupa, Komite Tari, serta Komite Teater.

Irawan Karseno, selaku Ketua DKJ menyampaikan jika festival ini tetap berorientasi pada kualitas kesenian di Indonesia, khususnya Jakarta. Ini jadi bagian peningkatan kualitas peradaban.

“Oleh karenanya program-program yang sudah kami rancang untuk akhir tahun disatukan menjadi DKJ Fest 2018 sebagai sebuah pendekatan baru dalam mengelola program-program yang berkualitas,” jelas Irawan.

Program DKJ Fest dibuka dengan Pameran Proyek Seni Perempuan Perupa yang mengusung tema “yang tersingkap di balik jilbab”. Gelaran tersebut dilaksanakan pada Rabu, 17 Oktober 2018 di Galeri Cipta II, TIM. Disaat bersamaan, konser Jakarta City Philharmonic edisi #17 digelar dengan tema Yuwana.

Berlanjut pada program DKJ, Imajitari “International Dance Film Festival” yang merupakan kerja sama Komite Tari dengan Badan Ekonomi Kreatif, Fakultas Film dan Televisi IKJ, Goethe-Institut Indonesien, kineforum, serta Sekolah Pascasarjana IKJ yang bakal digelar pada 22-24 Oktober 2018.

 

Simak video pilihan di bawah ini:

Program-program Unggulan di DKJ Fest 2018

GKJ Fest 2018 (Googleberita.com/Putu Elmira)

Dari Komite Teater, program Djakarta Teater Platform diselenggarakan pada 22-29 Oktober 2018. Rangkaian ini turut menghadirkan kelompok teater Curious Directive (Norwich) dengan pertunjukan Frogman.

Komite Musik DKJ hadir dengan program Pekan Komponis Indonesia yang berlangsung pada 2-4 November 2018 di Salihara, Jakarta. Terdapat beberapa acara yang meliputi diskusi, workshop, serta konser para komponis yang terpilih.

Selain itu, Komite Musik juga akan menggelar konser orkestra Jakarta City Philharmonic edisi #18 pada 9 November mendatang. Ini menjadi penutup JCP sepanjang tahun 2018. Ada pula program Lintas Komite yakni Pidato Kebudayaan pada 10 November 2018.

DKJ Fest juga hadir dengan Festival Teater Jakarta tahun ke-46. Gelaran ini menampilkan 17 grup yang terdiri atas 15 grup peserta dan 2 grup pemenang tahun lalu yang tampil pada 12-27 November 2018 di Teater Kecil dan Teater Jakarta, TIM.

Sementara, Pameran Lukisan Koleksi DKJ akan hadir selama Festival Teater Jakarta berlangsung 20-30 November 2018 di Galeri Cipta II, TIM. Pameran ini bertajuk Hikayat Alam Permai. Dilanjutkan dengan Peluncuran Buku Pedoman Festival Film di acara Jogja-Netpac Asia Film Festival 2018 pada 27 November-4 Desember 2018.

Malam Anugerah Sayembara Novel DKJ bakal menjadi penutup DKJ Fest 2018 yang akan diselenggarakan pada 4 Desember mendatang di Teater Kecil, TIM. Dewan juri Sayembara Novel DKJ tahun ini meliputi A.S Laksana, Martin Suryajaya, serta Nukila Amal.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of