Politik

Disandingkan Khofifah di Pilgub Jatim, Gus Fawait Melejit di Survei ARCI

Disandingkan Khofifah di Pilgub Jatim, Gus Fawait Melejit di Survei ARCI.

Surabaya (beritajatim.com) – Lembaga Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) mengeluarkan hasil survei terbaru mereka terkait potret elektabilitas tokoh politik menjelang pemilihan kepala daerah di Pemilu 2024 nanti.

ARCI melakukan survei mulai dari 11 April hingga 25 April 2022 di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur dengan jumlah responden proporsional yakni 1200 responden. Dengan margin of error sebesar kurang lebih 3 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil Survei ARCI, elektabilitas Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa tertinggi, jika maju kembali pada gelaran pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim di Pemilu 2024 mendatang.

“Banyak responden yang ingin Khofifah memimpin Jatim kembali alias dua periode. Berpasangan dengan siapapun calon wakil gubernurnya, elektabilitas Khofifah tetap tertinggi,” kata Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Sirajt kepada wartawan.

Baihaki mengungkapkan, jika hasil survei ARCI terkait pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jatim jelang Pemilu 2024, ketika disodorkan pertanyaan apabila ada tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur siapa yang anda pilih? (simulasi terbuka).

Baca Juga:

  • Ketua Golkar Jatim Kunjungi PDIP, Koalisi Pilgub?
  • Keponakan Mahfud MD Didorong Maju Pilgub Jatim
  • SSC: Khofifah Juara Bursa Cagub, Emil Tertinggi Bursa Cawagub Jatim
  • Pilgub Jatim 2024, Muhammad Fawait Masuk dalam Radar Gerindra
  • Demokrat Jatim Sepakat Duet Khofifah-Emil 2 Periode

Ada tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang disimulasikan. Yakni, pasangan Khofifah Indar Parawansa-M Fawait memperoleh 49,7 persen, Emil Elestianto Dardak-Abu Bakar 15,3 persen dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno 13,9 persen.

Untuk pasangan lain dengan persentase 4,5 persen, serta untuk yang tidak menjawab atau tidak tahu sebesar 16,6 persen. “Politisi Muda Partai Gerindra, M Fawait atau yang akrab di sapa Gus Fawait elektabilitasnya tinggi sebagai calon wakil gubernur. Jika berpasangan dengan Bu Khofifah, sebanyak 49,7 persen responden memilihnya,” tuturnya.

Baihaki menambahkan, jika nama Gus Fawait populer di masyarakat Jatim. Anggota DPRD Jatim ini memang dikenal komitmen terhadap pemberdayaan ekonomi umat.

“Anggota DPRD Jatim ini dinilai berhasil membangun komunikasi antara legislatif dan eksekutif. Komunikasi dalam hal ini berkaitan dengan upaya penguatan UMKM. Anggota Komisi C ini juga mendorong BUMD milik Pemprov Jatim untuk aktif melakukan CSR bagi pengembangan usaha mikro. Koresponden menyebut jika Gus Fawait layak jika menjadi calon wakil gubernur berpasangan dengan Khofifah,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, Gus Fawait dipercaya sebagai Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim. Sedangkan di tingkat partai, kini ia menjabat sebagai Bendahara DPD Partai Gerindra Jatim

Baihaki menambahkan, jika populasi Survei ARCI dilakukan di seluruh warga Jawa Timur yang sudah memiliki hak pilih pada Pemilu mendatang, dan berumur 17 tahun atau sudah menikah.

“Responden terpilih kami wawancarai lewat tatap muka oleh tim Surveyor ARCI yang terlatih. Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen, kemudian sampel (responden) didatangi kembali oleh supervisor atau spot check dalam quality qontrol dan tidak ditemukan kesalahan berat,” pungkasnya. (tok/kun)





Ikuti kami di google berita https://bit.ly/3vWew0y
#beritaviral #jawatimur #berita #beritaterkini