Politik

Dilapori Kejanggalan Tes Swab, Dennis Usulkan Pansus Covid Jember

googleberita


Jember (beritajatim.com) – Dannis Barlie Halim, anggota Fraksi Nasional Demokrat DPRD Jember, Jawa Timur, mengusulkan pembentukan panitia khusus penanganan Covid-19. Ini salah satu upaya memperbaiki kepercayaan warga terhadap penanganan Covid-19.

“Jember memiliki dana penanganan cukup besar (Rp 479,5 miliar, red). Tapi kita tahu sekarang, penambahan pasien positif cukup banyak,” kata Dannis, Jumat (31/7/2020). Berdasarkan informasi yang dilansir infocovid19.jatimprov.go.id, jumlah pasien positif sejak 20 Maret hingga 30 Juli 2020 mencapai 368 orang dan 14 orang di antaranya meninggal dunia.

Selain itu, Dannis memperoleh laporan dari warga soal kejanggalan penanganan Covid. Ada warga yang mengaku sudah melakukan tes swab dua kali di dua lokasi yang berbeda dalam jangka waktu berdekatan. “Hasilnya berbeda pula,” katanya.

Baca Juga:

  • IKAPMII Jember Khawatir Ada yang Manfaatkan Konflik HMI Bangkalan Vs Agung Ali Fahmi 
  • Bus Akas Jurusan Surabaya- Jember Terbakar di Tol Sidoarjo
  • KPU RI Kerepotan Cari PNS untuk Ditempatkan di Daerah Terpencil
  • Dua Siswi SD Arjasa Jember Tenggelam di Dam

Hal ini berdampak pada tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Covid-19 dan penanganannuya. “Masyarakat berasumsi bahwa Covid ini penyakit yang dibuat-buat dan dipaksakan,” kata pria berkacamata ini.

Dengan pembentukan pansus, Dannis berharap, penanganan Covid bakal lebih transparan dan kepercayaan masyarakat tumbuh. “Akhirnya masyarakat juga mengerti dan tahu kondisi penanganan Covid-19 di Jember, karena ini berhubungan dengan dampak sosial. Kalau sakit, seminggu, dua minggu selesai. Tapi kalau dampak sosial bisa berbulan-bulan, yang berakibat keluarga pasien dijauhi,” katanya. [wir/but]