Lifestylenu vot

Inspirasi Desain Pintu Rumah Minimalis Modern

Inspirasi Desain Pintu Rumah Minimalis Modern

Pintu merupakan komponen utama rumah yang paling penting. Baik sebagai entrance ke dalam hunian maupun sirkulasi antar ruang di dalam hunian tersebut. Terlebih pintu depan, yang menjadi akses utama penghuni dan tamu untuk keluar masuk rumah, sehingga sudah sewajarnya, pintu depan memiliki desain yang paling kokoh dan menarik sehingga mampu memberi kesan berbeda.

Banyak yang mengatakan kalau pintu adalah mulutnya sebuah rumah. Pintu juga menjadi first impression seseorang saat bertamu kerumah orang. Penampilan pintu juga terkadang membuat siapapun penasaran siapa pemilik rumah yang ada di dalam. Sebab, biasanya desain pintu yang digunakan akan menunjukkan karakter sang penghuni.

Jadi bagaimanapun konsep rumah kamu, memilih desain pintu yang tepat sangatlah penting. Salah sau cara mewujudkan pintu rumah minimalis modern yang kamu inginkan adalah dengan merancangnya sendiri. Saat ini ada banyak perusahaan furniture yang menyediakan jasa membuat pintu secara custome. Jadi kamu bisa request desain pintu sesuai bentuk dan ukuran yang kamu inginkan.

Sulit merancang pintumu sendiri? Tenang, seiring berkembanganya jaman dan teknologi, desain pintu juga ikut mengalami perkembangan. Mulai dari teknik, teknologi, bentuk, hingga material yang digunakan untuk menciptakan pintu kini sudah sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan keinginan dan selera. Nah dari banyaknya desain pintu, berikut beberapa inspirasi desain pintu minimalis modern yang bisa kamu jadikan referensi dalam merancang pintu rumah impian kamu. Let’s check it out guys!

1. Modern minimalis swing door dari kayu untuk rumah berkonsep industrial

Inspirasi Desain Pintu Rumah Minimalis Modern

photo via home-designing.com

Salah satu inspirasi desain pintu rumah yang bisa kamu jadikan referensi dalam merancang pintu adalah pintu ayun atau swing door yang terbuat dari kayu. Apalagi jika rumah kamu terkesan modern dengan material baja dan beton yang menonjol. Sehingga pintu kayu adalah solusi yang tepat karena mampu memberikan sentuhan alami pada rumah kamu. Carilah warna dan tekture pintu kayu yang lebih kontras dengan beton dan baja yang mengelilinginya, sehingga dapat memberikan efek yang lebih berani.

2. Pivot door yang super besar dengan material kaca

Inspirasi Desain Pintu Rumah Minimalis Modern

photo via archdaily.com

Belakangan ini, rumah dengan ceiling yang tinggi menjadi primadona dikalangan masyarakat, jika kamu salah satunya, maka jangan sungkan mencoba memasang pivot door yang super besar dan tinggi untuk entrance rumah kamu. Dengan menggunakan pivot door bermaterialkan kaca dan baja, tentu rumah kamu akan terlihat lebih modern, minimalis dan terkesan elegan. Siapapun yang bertamu pasti akan terpukau dengan pintu rumah kamu!

3. Minimalis folding door dengan material kaca dan frame kayu

Inspirasi Desain Pintu Rumah Minimalis Modern

photo via directdoors.com

Selanjutnya ada jenis pintu folding door yang bisa kamu jadikan sebagai pintu rumah. Kamu bisa merancang folding door dengan material kaca dan frame kayu sehingga terlihat lebih alami dan minimalis. Jenis pintu satu ini memang kebanyakan digunakan untuk menghubungkan satu ruangan ke arah patio atau teras rumah, namun tak jarang juga digunakan sebagai pintu depan rumah yang unik dan dinamis.

4. Minimalis pivot door dengan material kaca dan baja

Inspirasi Desain Pintu Rumah Minimalis Modern

photo via weheartit.com

Selain swing door, pivot door menjadi salah satu jenis pintu yang sering digunakan pada desain-desain rumah minimalis modern. Pivot door sendiri terlihat serupa dengan swing door. Hanya saja, bukaan pintu ini memutar dan bersumbu pada sisi atas dan bawah daun pintu. Desain pintu seperti ini biasanya digunakan untuk dijadikan sebagai pintu utama karena terkesan unik dan menarik. Kamupun bisa merancang pivot door untuk rumahmu dengan menggunakan material kaca dan baja berwarna hitam sehingga terlihat lebih kontemporer.

5. Barn style sliding doors dengan cat warna putih

Inspirasi Desain Pintu Rumah Minimalis Modern

photo via bunnings.com.au

Nggak hanya pintu utama saja yang harus difokuskan, pintu-pintu pada setiap ruangan juga harus diperhitungkan agar memberikan penampilan interior rumah yang lebih keren. Salah satu desain pintu yang bisa kamu pasang pada ruang-ruang di rumahmu adalah jenis barn style sliding door yang dicat menyesuaikan warna dinding ruangan kamu. Jenis pintu ini akan memberikan kesan yang lebih unik dan menarik pada interior rumah kamu.

6. Pivot door dari kayu yang super kokoh

Inspirasi Desain Pintu Rumah Minimalis Modern

photo via urbanfront.com

Buat kamu yang ingin memiliki pintu yang kokoh dan super aman, maka kamu bisa meniru desain pintu minimalis modern seperti gambar di atas. Terbuat dari material kayu yang kokoh, pintu tersebut didesain dengan gaya pivot door yang kekinian. Saat tertutup, kamu tidak akan bisa melihat bagian dalam rumah, karena desain pintu satu ini tak dilengkapi dengan kaca atau tak memiliki stationary window pada bagian samping-sampingnya. Semuanya full kayu yang tertutup rapat sehingga mengundang rasa penasaran orang dengan bagian dalam rumah tersebut.

7. Modern swing door berwarna hitam mengkilap

Inspirasi Desain Pintu Rumah Minimalis Modern

photo via homedit.com

Swing door kayu mungkin sudah biasa, untuk itu kamu bisa mencoba merancang swing door hitam dengan hasil akhir yang mengkilap. Pintu hitam yang terlihat glossy ini dapat membuat tampilan rumah kamu lebih glamor dan chic dengan tampilan modern. Dengan pintu sederhana namun dengan finishing yang luar biasa, tentu kamu akan lebih menghemat biaya untuk merancang pintu depan rumah kamu.

8. Industrial door dengan stationary window

Inspirasi Desain Pintu Rumah Minimalis Modern

photo via house8055.com

Untuk tampilan rumah yang keren dan kekinian, kamu bisa menggunakan model industrial door yang terbuat dari material kayu dan baja. Jangan lupa menambahkan stationary window di bagian samping dan atas pintu untuk membuatnya terlihat lebih kontemporer.

9. Pintu sudut dari kayu yang minimalis dan modern

Inspirasi Desain Pintu Rumah Minimalis Modern

photo via dwell.com

Meski belum terlalu banyak digunakan, namun pintu yang diletakkan di bagian sudut entrance menjadi salah satu model pintu yang menarik untuk dipertimbangkan. Pintu sudut memberikan kesan yang berbeda pada tampilan rumah kamu baik dari eksterior maupun interiornya. Model pintu sudut yang terbuat dari kayu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk rumah minimalis modern kamu.

10. Pintu lengkung yang minimalis namun elegan

Inspirasi Desain Pintu Rumah Minimalis Modern

photo via beaconlighting.com.au

Pintu yang terkesan mewah dan glamor nggak harus berlapiskan emas dan dipenuhi ornamen. Kamu bisa merancang pintu mewahmu sendiri dengan merancang model pintu lengkung yang minimalis dan modern. Bermaterialkan kaca dan frame berwarna putih, serta gagang pintu emas kamu akan memiliki pintu depan yang terlihat elegan, indah namun modern.

11. Double sliding door dengan konsep industrial

Inspirasi Desain Pintu Rumah Minimalis Modern

photo via amazon.com

Kebanyakan kamar mandi hanya dipasangkan pintu dari PVC yang memang murah, namun jika kamu ingin tampilan luar kamar mandi kamu terlihat lebih estetik, kamu bisa menggunakan double sliding door dengan konsep industrial. Sliding door yang terbuat dari kayu dan rel baja ini sangat kokoh dan unik jika dijadikan pintu keluar masuk ke dalam kamar mandi.

12. Minimalis swing door dengan warna biru yang soft

Inspirasi Desain Pintu Rumah Minimalis Modern

photo via fenexart.ca

Selain material yang digunakan, kamu juga harus memperhatikan warna pintu yang ingin kamu gunakan. Untuk tampilan rumah minimalis modern yang terlihat chic, kamu bisa menggunakan swing door sederhana dengan warna biru yang soft atau warna-warna pastel yang kamu sukai. Dengan begitu, pintu kamu yang sederhana bisa terlihat lebih menarik karena pemilihan warna yang tepat.

13. Contemporary door yang terlihat maskulin

Inspirasi Desain Pintu Rumah Minimalis Modern

phoot via homebeautiful.com.au

Belakangan ini, desain kontemporer sedang menjadi trend didunia eksterior. Buat kamu yang ingin memiliki penampilan rumah yang kontemporer, kamu juga bisa merancang pintu dengan konsep kontemporer. Kamu bisa memilih jenis swing door berwarna hitam dengan tektur bergelombang layaknya kontainer. Yang membuat unik adalah handle pintu yang berbentuk lingkaran sehingga penampilan pintu terlihat lebih modern dan kekinian. Model puntu ini juga mampu menampilan kesan yang kokoh dan maskulin pada rumah kamu.

14. Minimalis double swing door

Inspirasi Desain Pintu Rumah Minimalis Modern

photo via luxedaily.luxesource.com

Model double swing door memang terlihat klasik, namun model pintu ini selalu menjadi pilihan yang tepat untuk rumah minimalis. Untuk memberikan kesan yang lebih chic, kamu bisa menambahkan material kaca pada sepasang pintu tersebut dan mengecatnya dengan waran-warna yang soft atau menyesuaikan dengan dinding rumah kamu. Kamu juga bisa membuatnya lebih tinggi dari biasanya untuk memberikan kesan yang lebih kekinian.

15. Modern minimalis sliding door

Inspirasi Desain Pintu Rumah Minimalis Modern

photo via mccoymart.com

Satu lagi inspirasi desain pintu rumah minimalis modern yang bisa kamu jadikan referensi dalam merancang pintu rumah adalah model sliding door yang minimalis. Bermaterialkan kaca dan frame kayu, penampilan rumah kamu akan terlihat lebih alami melalui pintu tersebut. Pintu kaca dengan frame kayu juga akan membuat rumah kamu terlihat lebih cozy dan segar. Jika kamu ingin memiliki entrance yang cukup lebar, maka sliding door satu ini bisa menjadi solusi yang tepat buat rumah kamu.

Nah itulah beberapa isnpirasi desain pintu rumah minimasli modern yang bisa kamu jadikan referensi dalam merancang desain pintu rumah impian kamu. Semoga bermanfaat!

The post Inspirasi Desain Pintu Rumah Minimalis Modern appeared first on Blog Unik.