Peristiwa

Dapat Pesan Misterius, Pengguna Laporkan PS4 Jadi Crash

Googleberita.com, Jakarta – Kasus pesan misterius yang tiba-tiba membuat perangkat tidak dapat digunakan atau crash kini terjadi di PlayStation 4 (PS4). Hal ini diketahui dari sejumlah laporan pengguna di Reddit.

Dikutip dari The Verge, Senin (15/10/2018), sejumlah pengguna melaporkan konsolnya tidak dapat digunakan setelah menerima pesan yang berisi string character atau bahasa pengkodean.

Dalam beberapa kasus, PS4 tiba-tiba mengalami glitch sehingga pengguna diharuskan melakukan pengaturan ulang (factory reset) agar konsol tersebut dapat digunakan kembali.

Sekadar informasi, kasus semacam ini biasa terjadi di perangkat mobile. Lewat pesan dengan karakter aneh, sebuah perangkat dapat dibuat tidak berfungsi normal sehingga pengguna biasanya harus melakukan pengaturan ulang.

Namun kasus yang terjadi kepada perangkat konsol, seperti PS4 ini terbilang jarang terjadi. Sony sendiri hingga sekarang belum memberikan komentar terkait kasus ini, tapi dipastikan perusahaan akan bergerak cepat untuk mengatasinya.

Meski Sony belum mengeluarkan pernyataan resmi maupun solusi untuk masalah ini, ternyata ada sejumlah cara untuk menghindar menjadi korban.

Salah satu laporan menyebut pengguna dapat menghapus pesan mencurigakan melalui aplikasi mobile Sony PS4 –yang tersedia untuk Android dan iOS–dengan lebih dulu masuk menggunakan akun PlayStation Network.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah membatasi pesan masuk dari orang terdekat saja. Melalui pengaturan ini, pengguna dapat memilih untuk menerima pesan dari teman saja atau tidak menerima pesan sama sekali.

Oleh sebab itu, sebelum Sony merilis solusi, memilih dua opsi tersebut dapat menjadi pilihan baik. Harapannya, pengguna PS4 dapat terhindar menjadi korban dari pesan misterius tersebut. 

Sony Konfirmasi Fitur Ubah Nama Akun PSN di PlayStation 4, Tapi…

Penampakan konsol PS4 Pro edisi khusus. (Doc: PlayStation)

Sebelumnya, Sony dikabarkan memang sedang bersiap untuk menghadirkan fitur yang memungkinkan gamer setianya untuk mengubah nama mereka di PSN (PlayStation Network).

Sempat tutup mulut, perusahaan akhirnya mengonfirmasi fitur itu akan segera hadir ke pengguna.

Tidak seperti gamertags Xbox Live yang dapat diubah secara gratis berkali-kali, pengguna konsol PlayStation 4 (PS4) hanya dapat mengubah PSN ID mereka gratis satu kali saja.

Jika ingin mengubah PSN ID lagi, gamer harus rela merogoh uang sebesar US$ 10 (Rp 150 ribuan), dan US$5 (Rp 76 ribuan) untuk pengguna PlayStation Plus, demikian yang dikutip dari GameSpot, Minggu (14/10/2018).

Gamer akan bisa mengubah PSN ID online mereka di menu Settings atau lewat laman Profile,” tulis di laman blog resmi perusahaan.

Rencananya, Sony akan mulai luncurkan update ini secara global ke seluruh pengguna PlayStation 4 pada awal 2019.

Informasi, PSN ID pertama kali diperkenalkan sebagai layanan online Sony di PS3 pada 2006.

Sejak itu, banyak gamer setia PlayStation menagih ke perusahaan untuk segera hadirkan fitur untuk mengubah username PSN ID mereka.

Sempat Diungkap Tahun Lalu

Logo PlayStation. (Doc: Sony)

Meski begitu, rumor fitur yang memungkinkan pengguna konsol PlayStation untuk mengubah nama itu sempat bocor dari petinggi Sony, Shawn Layden.

Pada acara PlayStation Experience, dia menyiratkan fitur itu akan segera muncul.

“Saya harap kita akan melihat di mana fitur itu akan hadir, sehingga kalian tidak perlu lagi menanyakan pertanyaan itu saat PSX tahun depan.”

Layden juga menjelaskan, perubahan atau penambahan fitur di PSN akan lebih sulit dari dugaan banyak orang.

“Karena terkait dengan nama, kita sangat sulit untuk memastikan apakah ketika mengubah nama akun, pengguna tidak kehilangan apapun, pembelian digital atau trophies.”

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of