Lifestyle

Daftar Makanan Khas China Terlezat Yang Harus Kamu Cicipi

China merupakan salah satu negara yang dikenal dengan kepadatan penduduknya, namun selain itu China juga dikenal memiliki makanan-makanan yang enak. Di China sendiri ada banyak sekali menu makanan khas yang pastinya tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke negara tirai bambu tersebut. Tak hanya di negaranya saja, kamu juga bisa mencicipi beberapa menu makanan khasnya di restoran China. Nah, berikut ini ada beberapa daftar makanan khas China terlezat yang harus kamu cicipi
1. Ayam Pengemis

Photo via yelp.com
Makanan ini memang memiliki nama yang cukup unik, dimana ada cerita yang melatarbelakanginya. Ayam ini diberi nama tersebut karena ada seorang pengemis yang sangat lapar dan saking laparnya ia memutuskan untuk mencuri seekor ayam yang ketika itu sedang berkeliaran. Agar tidak diketahui rang lain bahwa ia tengah memasak ayam curian, ia memasak ayam tersebut dengan membungkusnya dalam daun teratai dan tanah liat. Namun tidak disangka, ayam yang dibungkus dalam daun teratai tersebut memiliki rasa yang khas dan lezat. Ayam pengemis ini sangat cocok apabila ditemani dengan teh cina.
2. Bebek Peking

Photo via feastmeetswest.com
Bebek Peking adalah salah satu makanan khas China yang terpopuler dari dulu hingga saat ini. Makanan ini memang memiliki rasa yang nikmat, daging bebek yang bercampur dengan saus asam manis dan rasa gurih dari bebek peking ini didapat dari hasil panggangan. Bebek peking ini memiliki warna merah kecoklatan yang berbumbu manis dan biasanya disajikan dengan cara diiris tipis dan dapat dimakan bersama nasi ataupun pancake dan saus kacang merah yang manis.
3. Bingtanghulu

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Photo via onthegas.org
Siapa yang tidak mengenal makanan khas China satu ini yaitu Bingtanghulu, Bingtanghulu sendiri adalah sebuah manisan atau permen di negara China. Makanan ini tidak hanya disukai anak kecil saja, namun berbagai kalangan juga menyukai makanan ini. Bingtanghulu sendiri memiliki rasa yang manis dan makanan ini dibuat dari buah yang sudah dikeringkan kemudian dicelupkan kedalam gula cair yang tentunya memiliki rasa yang manis. Selain itu, Bingtanghulu memiliki bentuk seperti sate yang penuh warna.
4. Bakcang

Photo via sajiansedap.grid.id
Bakcang adalah makanan khas masyarakat Tionghoa, dimana kata “bakcang” ini berasal dari dialek Hokkian yang lazim dibahasakan diantara suku Tionghoa di Indonesia. Makanan satu ini menggunakan beras ketan yang dijadikan sebagai bahan luarnya, kemudian bagian dalamnya adalah saging. Untuk dagingnya sendiri ada beberapa macam seperti daging sapi, babi, ayam dan juga jamur. Pada umumnya, Bakcang ini memiliki bentuk segitiga dan dibungkus dengan daun pisang sehingga makanan ini sangat praktis dibawa kemana saja.
5. Bakpao

Photo via sahabatnestle.co.id
Siapa yang tidak mengenal makanan satu ini yaitu Bakpao, Bakpao adalah salah satu makanan khas China yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Nama Bakpao sendiri memiliki arti yaitu bungkusan berisi daging, namun Bakpao yang original mempunya isian daging babi. Tapi saat ini sudah ada banyak varian daging untuk isian bakpaonya.
6. Bakso Kepala Singa

Photo via copymethat.com
Bakso Kepala Singa adalah bakso yang memiliki ukuran 7 hingga 10 cm, karena memiliki ukuran yang besar biasanya disajikan hanya satu butir dalam setiap mangkuk. Bakso ini biasanya dilengkapi dengan berbagai sayuran seperti kol, rebung dan tambahan tahu di dalamnya. Bakso ini memiliki cita rasa yang sangat enak dan pastinya kamu akan ketagihan.
7. Cap Cay

Photo via infokuliner.com
Makanan satu ini pastinya banyak orang yang sudah mencicipinya yaitu Cap Cay. Cap Cay adalah makanan yang berasal dari China dimana makanan ini didalamnya terdapat banyak sekali sayuran. Makanan ini biasanya menggunakan berbagai macam sayuran dan jumlah sayurannya pun tidak menentu.
8. Cakwe

Photo via anakjajan.com
Cakwe adalah salah satu makanan tradisional masyarakat Tionghoa, dimana makanan ini banyak dijual dipinggir jalan. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali penjual Cakwe dipinggir jalan. Di China cakwe sendiri biasanya dimakan dengan dicelupkan ke bubur panas atau minuman susu kedelai. Cakwe ini paling cocok dimakan dengan bahan yang memiliki rasa dasar asin atau manis.
9. Chow Mein

Photo via hellofresh.co.uk
Chow Mein adalah makanan khas China yang berbahan dasar mie, dimana makanan ini menggunakan mie yang sudah digoreng. Makanan ini berasal dari daerah bernama Kanton. Makanan ini memiliki rasa yang renyahdan juga rasa yang gurih dan makanan ini juga termasuk makanan terpopuler di negaranya. Chow Mein ini biasanya disajikan bersama dengan daging ayam atau daging sapi dan terkadang dicampur dengan tumisan sayuran yang enak pastinya.
10. Fu Yung Hai

Photo via unileverfoodsolutions.co.id
Fu Yung Hai adalah masakan Tionghoa yang terbuat dari telur dadar yang dicampur dengan daging atau sayuran. Sama halnya dengan Cap Cay, makanan ini sudah umum di Indonesia. Di Indonesia ada banyak sekali pedagang yang menjual Fu Yung Hai. Fu Yung Hai ini sangat nikmat jika ditambahkan dengan saus asam manis.
11. Gong Bao Ji Ding

Photo via seriouseats.com
Gong Bao Ji Ding adalah salah satu makanan yang berbahan dasar daging ayam yang dimsak dengan menggunakan campuran saus asam manis. Makanan ini berasal dari provinsi Sichuan. Gong Bao Ji Ding sendiri terdiri dari ayam yang dipotong dadu, kacang, cabai besar lalu dicampur dengan saus asam manis.
12. Hainan Jifan

Photo via adamliaw.com
Hainan Jifan adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar nasi dan ayam. Makanan ini dimasak dengan cara memasak nasi bersama dengan campuran kaldu ayam dan bumbu. Ketika sudah matang bisa dicampurkan dengan ayam, kecap dan kuah sebagai lauknya. Makanan ini memiliki cita rasa gurih dan tentunya sangat nikmat.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

13. Jiaozi

Photo via thespruceeats.com
Jiaozi adalah makanan khas China paling populer dan enak, tak hanya populer di China makanan ini juga terkenal diberbagai belahan dunia. Makanan ini memiliki nama internasional dumpling. Jiaozi ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan siomay dan dimasak dengan cara yang sama. Jiaozi ini memiliki isiian di dalamnya seperti daging udang atau daging ayam yang telah dihaluskan dan dicampurkan dengan tepung lalu dimasak.
14. Jian Bing

Photo via seriouseats.com
Jian Bing adalah makanan khas China yang bentuknya seperti pancake, Jian Bing ini juga kerap kali disajikan pada saat sarapan saja. Jian Bing ini juga memiliki nama lainnya yaitu Crepe China dan makanan ini mengandung banyak protein yang sangat bagus untuk tubuh.
15. Kwetiau

Photo via nakita.grid.id
Kwetiau adalah makanan khas China yang mirip dengan mie hanya saja memiliki tekstur lebih kenyal dari mie biasanya. Kwetiau sendiri memiliki bentuk mie yang pipih dan lebar selain ini makanan ini juga memiliki banyak varian. Kwetiau ini juga dimasak dengan cara berkuah atau juga digoreng.
16. Lamian

Photo via food.detik.com
Lamian adalah makanan khas China yang berjenis mie, dimana mie ini dibuat dengan menggunakan tangan. Mie ini dicampurkan dengan kuah sup bening yang dicampurkan dengan lobak, daun ketumbar, cabai dan lainnya.
17. La Ji Zi

Photo via en.wikipedia.org
La Ji Zi adalah salah satu makanan khas China yang terbuat dari daging ayam yang dipotong dadu dan digoreng hingga kering. Makanan ini biasanya dimasak dengan menggunakan tambahan bawang putih, cabai khas Sichuan dan tidak lupa cabai kering. La Ji Zi ini memiliki cita rasa gurih pedas, asin dan juga manis.
18. Ma Yi Shang Shu

Photo via thewoksoflife.com
Ma Yi Shang Shu adalah makanan khas China yang terbuat dari campuran mie dan daging sapi cincang yang ditumis langsung bersama bumbu khas dan rempah-rempah. Makanan yang berasal dari Sichuan ini memiliki rasa yang lezat dan juga gurih.
19. Nian Gao

Photo via silvafauziah.com
Nian Gao adalah salah satu makanan khas China dimana makanan ini sudah terkenal di Indonesia. Nian Gao atau yang lebih dikenal dengan nama kue keranjang ini sering ditemukan pada saat perayaan Imlek. Kue ini biasanya berbentuk bulat dan terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan gula.
20. Sanbeiji

Photo via seriouseats.com
Sanbeiji adalah makanan yang terbuat dari daging ayam yang dimasak dengan 3 cangkir bumbu yang sesuai dengan namanya Sanbeiji (tiga cangkir). Makanan ini dicampur dengan anggur beras, kecap manis dan secangkir lemak babi. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan dagingnya empuk.
21. Tahu Ma Po

Photo via chinasichuanfood.com
Tahu Ma Po adalah salah satu makanan khas China yang bebahan dasar tahu. Sebenarnya makanan ini memiliki rasa yang sangat pedas dan biasanya makanan ini disajikan dengan bawang bombay dan daging sapi giling. Makanan satu ini sangat cocok disajikan bersama dengan nasi hangat.
22. Tangculiji

Photo via pinterest.com
Tangculiji adalah makanan khas China yang berasal dari Sichuan dan makanan ini sudah populer dimana-mana. Makanan ini terbuat dari daging babi filet yang digoreng dengan balutan tepung dan biasanya dimasak dengan saus asam manis khas China. Makanan ini memiliki cita rasa pedas, manis dan gurih.
23. Wonton

Photo via realhousemoms.com
Wonton adalah makanan khas China yang berupa mirip dengan siomay yang dihidangkan dalam bentuk sup. Makanan ini terbuat dari daging udang ataupun ikan yang dibungkus dengan menggunakan kulit siomay rebus. Makanan ini memiliki rasa yang cukup pedas.
 
Nah, itulah daftar makanan khas China terlezat yang harus kamu cicipi, dari daftar diatas makanan mana saja yang pernah kamu cicipi?
The post Daftar Makanan Khas China Terlezat Yang Harus Kamu Cicipi appeared first on Blog Unik.