EkonomiPeristiwa

Cerita Hacker yang Berhasil Bobol Situs NASA di Amerika Serikat

Hacker asal Tangerang bocah SMP, yang sukses bobol ketatnya situs NASA di Amerika Serikat

Berprofesi sebagai seorang hacker yang berkiprah di dunia keamanan dan sejenisnya, bukanlah menjadi sebuah urusan yang mudah. Tetapi hal sulit itu ternyata mampu dilakukan dengan cerdas oleh Putra Aji Adhari, sosok pelajar yang masih duduk di bangku SMP ini telah mahir di dunia cyber sebagai hacker.

Ia pun telah berhasil meretas beberapa situs-situs besar baik dalam maupun luar negeri. Dalam sebuah cuplikan video YouTube berjudul Bukan Hacker Biasa | Narasa People yang telah diunggah oleh akun Narasi Channel, tampil menjadi sosok hacker yang cukup mahir serta unik. Selain usia nya masih menginjak 15 tahun, ia juga bercerita tentang keberhasilan yang ia raih dalam meretas situs milik NASA yang dikenal ketat di Amerika Serikat.

Ketika hingar bingar kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, setidaknya terdapat 2 hal yang akan dirasakan oleh umat manusia. Terutama bangsa Indonesia, kecanggihan teknologi¬† yang membawa era Internet of Thing’s (loT) di segala bidang, dinilai sudah mempermudah kehidupan masyarakat di dalamnya. Sebaliknya, semua kemajuan itu juga membawa kerentanan yang sewaktu-waktu menjadi ancaman bagi individu.

Pada kondisi seperti itulah, Putra banyak bermain di dalamnya. Meski demikian, ia menghindari segala bentuk kecurangan walaupun ia mempunya keahlian di bidangnya sebagai hacker. selama bercakrawala di dunia maya, ia mengaku telah berhasil meretas ratusan situs. salah satu yang sangat membuat dirinya berkesan adalah, saat berhasil membobol website NASA yang notabene dimiliki oleh pemerintah Amerika Serikat.

Momen tersebut otomatis menjadi momen yang paling tak terlupakan bagi seorang Putra. Menurut penuturan  dirinya dalam tayangan video Bukan Hacker Biasa, ia membeberkan teknit pentest / penetration testing yang dilakukannya secara tidak sengaja, ternyata mampu menjebol keamanan dari situs yang membawahi seluruh proyek Рproyek penting AS. Terutama soal eksplorasi ruang angkasa.

Hal yang paling unik, putra tertarik untuk mendalami pemrograman komputer setelah melihat kisah – kisah tentang tokoh dunia yang suskes. Ketika itu, teman – temannya membagikan kisah para pakar teknologi seperti Mark Zuckerberg dan Bill Gates di sosial media. Dari sanalah ia mengetahui bahwa mereka sukses dikarenakan memiliki keahlian di bidang pemrograman. Putra pun akhirnya tertarik untuk mempelajarinya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of