Peristiwa

[Cek Fakta] Israel Dukung Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin?

Googleberita.com, Jakarta – Kampanye Pilpres 2019 secara resmi baru dimulai pada Minggu, 23 September 2018. Namun, aksi dukung-mendukung untuk pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin maupun Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sudah lama digelar, dari kalangan emak-emak hingga para jenderal, di dunia nyata hingga jagat maya.

Salah satunya digelar di Sumatera Utara pada Selasa, 18 September 2018. Sejumlah sopir angkutan di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang menyatakan dukungan pada Joko Widodo atau Jokowi untuk kembali memperebutkan kursi Presiden RI.

Aksi digelar dari Lapangan Merdeka, Kota Medan menuju Lapangan Garuda, Tanjung Morawa, Deli Serdang, menempuh jarak 20 kilometer.

Klaim

Pada 19 September 2018, sebuah artikel muncul di situs Suara Nasional. Judulnya, Israel Nyatakan Dukungan ke Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Foto pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin terpampang di depannya, yang diambil pada saat pendaftaran capres dan cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Cek fakta: Israel dukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin (Sreengrab/Suara Nasional)

Jika hanya melihat judulnya, pembaca pasti mengira, kata ‘Israel’ adalah nama negara yang tak punya hubungan diplomatik dengan Indonesia.

Namun, masuk ke badan artikel, isinya sama sekali tak ada kaitannya dengan negara Israel.

Artikel tersebut mengabarkan soal demo sopir angkutan yang berlangsung di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang pada 18 September 2018.

Israel yang dimaksud adalah Israel Situmeang, Ketua Kesatuan Pemilik dan Sopir Angkutan (Kesper) Sumatera Utara.

Dalam artikel tersebut, pria bernama Israel menyatakan dukungan pada pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Hari ini kami semua, sopir, pengusaha angkot dan keluarga kami, serta para penumpang kami, menyatakan dukungan kami kepada bapak Joko Widodo untuk kembali maju sebagai Presiden,” kata Israel.

Suara Nasional menyebut bahwa artikel tersebut dikutip dari Vivanews.

Klarifikasi Viva.co.id

Penelusuran Cek Fakta Googleberita.com, situs berita Vivanews kini telah berganti nama menjadi viva.co.id.

Pada Rabu, 19 September 2018 pukul 00.00 WIB, viva.co.id memuat sebuah artikel yang isinya dikutip oleh Suara Nasional. Judulnya, Seribu Angkot untuk Jokowi.

 

Cek fakta: Israel dukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin (Sreengrab/Viva.co.id)

Artikel tersebut mengabarkan tentang 1.000 sopir angkutan kota di Medan dan Kabupaten Deli Serdang yang mendukung pencalonan kembali Jokowi.

Narasumber artikel tersebut adalah sejumlah pimpinan organisasi pemilik dan pengemudi angkutan umum, salah satunya Ketua Kesatuan Pemilik dan Sopir Angkutan (Kesper) Sumut, Israel Situmeang.

“Israel yang dimaksud bukan negara. Tapi merujuk pada nama Ketua Kesper Sumatera Utara, Isreal Situmeang,” kata Wakil Pemimpin Redaksi VIVA (viva.co.id), Umi Kalsum saat dihubungi Googleberita.com, Selasa (25/9/2018).

Wapemred VIVA menjelaskan, seminggu lalu, pada 18 September 2018, asosiasi angkutan di Sumut menyatakan dukungan kepada Jokowi. “Di antara pendeklarasi ada Israel Situmerang.”

Dia menambahkan, atas kesepakatan redaksi, judul artikel tersebut sebelumnya telah diganti. “Untuk menghindari salah duga,” tambah Umi Kalsum.

Kesimpulan

Artikel mengenai dukungan Israel ke pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin sama sekali tak ada kaitannya dengan pihak asing, dalam hal ini negeri zionis.

Israel yang dimaksud adalah seorang pria bernama lengkap Israel Situmeang. Judul artikel, Israel Nyatakan Dukungan ke Jokowi-KH Ma’ruf Amin berpotensi menimbulkan misinformasi.

Pihak viva.co.id, sebagai yang pertama memuat kabar tersebut, telah menyampaikan klarifikasi bahwa Israel yang ada dalam berita adalah nama orang, bukan nama negara.

Banner Cek Fakta - Klarifikasi. (Googleberita.com/Triyasni)

Googleberita.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerja sama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Googleberita.com di email cekfakta.Googleberita@kly.id.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of