Peristiwa

[Cek Fakta] Hotman Paris Hutapea Berikan Dukungan untuk Prabowo-Sandi?

Googleberita.com, Jakarta – Sebagai pengacara dengan popularitas yang tinggi, dukungan Hotman Paris Hutapea kepada salah satu paslon di Pilpres 2019 akan meramaikan kancah perpolitikan di Indonesia.

Dengan jumlah fans yang tak sedikit ditambah kemampuan berbicaranya yang mumpuni, Hotman Paris Hutapea dapat dengan mudah menggaet tambahan suara bagi paslon yang didukungnya.

Saat ini, beredar isu yang menyebutkan bahwa Hotman Paris mendukung paslon nomor urut 2, Prabowo-Sandi. Benarkah demikian?

Klaim

Sebuah artikel yang dimuat di Harian Merdeka menyebut bahwa pengacara kondang Hotman Paris Hutapea telah resmi menyatakan dukungannya untuk paslon Prabowo-Sandi. Dalam artikel berjudul “Wow! Pengacara Hotman Paris Resmi Dukung Prabowo-Sandi” tersebut, terdapat foto Hotman Paris bersama istri Sandiaga Uno, Nur Asia Uno saat mereka bertemu di Bali, Minggu (21/10/2018).

Dalam foto tersebut Hotman Paris, Nur Asia dan lima orang lainnya berpose mengacungkan dua jari, pose yang merupakan ciri khas paslon nomor 2, Prabowo-Sandi. Harian Merdeka pun menganggap pose Hotman Paris tersebut adalah bentuk dukungan bagi Prabowo-Sandi.

Isi lengkap dari artikel itu adalah sebagai berikut:

“Pengacara kondang Hotman Paris terlihat berpose salam dua jari bersama Nurasia, istri Sandiaga Uno, saat bertemu di Bali. Minggu (21/10).

Hotman Paris yang kini dikenal sebagai presenter TV memiliki daya tarik yang cukup kuat bagi para pemilih karena sekarang sering membantu rakyat kecil yang membutuhkan bantuan hukum.

Hotman Paris kerap membuka konsultasi hukum di Kopi Johny Jakarta. Masyarakat sangat antusias melaporkan kasus yang mereka alami kepada Hotman Paris.

Dukungan Hotman Paris semakin membuat para relawan semakin bersemangat.”

Fakta

Cek Fakta - Hotman Paris dukung Prabowo-Sandi? (Foto: Instagram/nurasiauno)

Dari penelusuran diketahui foto itu pertama kali diunggah oleh Nur Asia Uno dalam akun Instagramnya, @nurasiauno. Dalam caption foto tersebut, Nur Asia menulis bahwa ia tidak sengaja bertemu dengan Hotman di bandara Ngurah Rai saat keduanya akan kembali ke Jakarta.

Terima kasih warga Bali untuk semangat dan sambutan hangatnya disetiap pertemuan saat saya berkunjung ke Bali. Salam dua jari menuju Indonesia yg adil makmur. Tidak sengaja bertemu teman lama bang @sandiuno saat saya dan rombongan akan kembali ke Jakarta. Horas bang @hotmanparisofficial” tulisnya pada caption foto yang diunggah pada 21 Oktober 2018 tersebut.

Pendukung Prabowo-Sandi pun membanjiri kolom komentar dengan pujian dan ucapan terima kasih kepada Hotman Paris atas dukungan yang telah diberikan kepada paslon jagoan mereka.

Hotman Mengaku Netral

Cek Fakta - Hotman Paris dukung Prabowo-Sandi? (Foto: Instagram/hotmanparisofficial)

Keesokan harinya, pada 22 Oktober 2018, Hotman Paris mengunggah sebuah video di akun Instagramnya, @hotmanparisofficial yang berisi bantahan akan klaim di atas.

Di video tersebut, Hotman Paris yang sedang berada di depan Kopi Johny setelah turun dari mobil Lamborghininya mengumumkan sikap politiknya dalam Pilpres 2019.

“Saya mau jelaskan bahwa saya dalam pemilihan presiden sampai hari ini masih tetap bersifat netral,” ujar Hotman Paris.

Hotman Paris mengaku dirinya sebagai pengacara yang sangat sibuk tidak mungkin memiliki waktu untuk berpolitik.

“Saya ini di Kopi Johny, sebagian waktuku adalah untuk memberi bantuan hukum kepada ribuan rakyat. Sudah ribuan orang yang saya bantu,” kata Hotman Paris.

Di akhir video, ia pun menegaskan kembali kenetralannya dalam Pilpres 2019.

“Jadi sampai hari ini saya masih netral dalam Pemilihan Presiden 2019. Salam Hotman Paris,” ujarnya.

 
 
 
View this post on Instagram

Liburan bali selesai: sekarang cari uang

A post shared by Dr. Hotman Paris Hutapea SH MH (@hotmanparisofficial) on

Kesimpulan

Kabar bahwa Hotman Paris Hutapea mendukung paslon Prabowo-Sandi dalam Pilpres 2019 adalah tidak benar. Foto Hotman dengan pose mengacungkan dua jari tidak berarti dukungan kepada paslon nomor urut 2 tersebut.

Hotman Paris sendiri telah mengklarifikasi di Instagramnya bahwa sampai saat ini posisinya dalam Pilpres 2019 adalah netral.

Banner Cek Fakta: Salah (Googleberita.com/Triyasni)

Googleberita.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Googleberita.com di email cekfakta.Googleberita@kly.id.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of