Peristiwa

[Cek Fakta] Benarkah Khabib Nurmagomedov Pamerkan Kaus #2019GantiPresiden?

Googleberita.com, Jakarta Petarung asal Rusia, Khabib Nurmagomedov menarik perhatian publik usai pertandingannya melawan Conor McGregor pekan lalu. Khabib berhasil mengalahkan superstar MMA tersebut pada pertarungan UFC 229 di Las Vegas, Minggu (7/10/2018).

Pada pertarungan yang berlangsung di T-Mobile Arena itu, Khabib yang sudah berusia 30 tahun menghentikan perlawanan Conor McGregor pada ronde keempat. Lewat cekikan di leher, Khabib memaksa lawan memberi isyarat menyerah kepada wasit.

Sayangnya, pertandingan itu berujung ricuh. Khabib dan McGregor serta ofisial kedua kubu terlibat bentrokan usai pertandingan. Kericuhan bermula saat Khabib melompati pagar pembatas untuk menyerang ofisial McGregor. Khabib pun meminta maaf usai pertandingan. Ia mengaku tidak tahan dengan provokasi yang dilakukan oleh kubu McGregor.

Klaim

Di tengah ramainya pembicaraan tentang Khabib, beredar sebuah foto Khabib yang memamerkan kaus hitam bertuliskan “#2019GantiPresiden”. Dalam foto itu, Khabib diapit oleh dua orang pria, di mana salah satunya mengenakan kaus bertuliskan “Al-Fatihah not Alfateka”.

Salah satu pengguna Facebook yang membagikan foto tersebut adalah laman Masa Era Baru. Diunggah pada 11 Oktober 2018, foto itu telah memperoleh 341 komentar dan dibagikan sebanyak 1.284 kali saat tulisan ini dimuat.

Fakta

Cek Fakta - Khabib Nurmagomedov Dukung #2019GantiPresiden?

Setelah ditelusuri, foto Khabib yang memegang kaus bertuliskan “#2019GantiPresiden” ternyata merupakan hasil suntingan. Foto yang asli berasal dari Instagram resmi milik Khabib, @khabib_nurmagomedov, yang diunggah pada 2 Oktober 2018.

Dalam foto itu Khabib memang sedang memegang sebuah kaus hitam dan diapit oleh dua orang pria. Ia pun menyertakan teks “Saturday night...” pada unggahannya tersebut.

Dalam foto itu, terlihat jelas bahwa kaus yang dipegangnya tidak bertuliskan “#2019GantiPresiden”, melainkan tulisan “Trust Me, I’m a Chicken Whisperer” disertai gambar kartun seekor ayam.

Pria di sebelahnya juga tidak mengenakan kaus bertuliskan “Al-Fatihah not Alfateka” seperti dalam foto yang beredar. Dalam foto asli, pada kaus yang dikenakannya tidak terlihat tulisan apapun kecuali sebuah logo kecil di bagian dada. Pria ini sendiri diketahui merupakan Javier Mendez, mantan juara dunia kickboxing dan founder dari American Kickboxing Academy.

Kesimpulan

Dari penelusuran di atas, dapat disimpulkan bahwa foto Khabib Nurmagomedov memamerkan kaus bertuliskan “#2019GantiPresiden” adalah hasil suntingan. Gambar yang asli terdapat pada akun Instagram resmi Khabib.

Foto tersebut sengaja dibuat dan disebarkan pihak tak bertanggungjawab untuk dikaitkan dengan situasi politik di Indonesia jelang Pilpres 2019 untuk menciptakan kesan bahwa Khabib Nurmagomedov mendukung salah satu paslon.

banner Hoax (Googleberita.com/Abdillah)

Googleberita.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Googleberita.com di email cekfakta.Googleberita@kly.id.

 

Saksikan Video Pilihan di bawah Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of