Teknologi

Cara Unduh File Menggunakan uTorrent / BitTorent

Torrent merupakan sistem unduh yang menggunakan peer to peer (P2P) sehingga file yang kamu unduh bukan berada di dedicate server tetapi berasal dari berbagai jaringan komputer peer to peer yang saling terhubung mengunakan aplikasi client torrent.

Jadi setiap komputer yang mengunduh file tersebut otomatis menjadi share server buat yang lainnya.

Intinya, semua komputer saling berbagi antara satu dengan lainnya sehingga semakin besar jumlah orang yang berpartisipasi dalam kegiatan file sharing, maka proses unduh akan semakin cepat dan efisien.

Istilah dalam Torrent

Dengan mekanisme unduh yang demikian, maka dalam torrent ada istilah seeder dan leecher.

Seeder adalah orang yang telah memiliki full copy dari sebuah file torrent. Kategori seeder ini adalah orang yang membuat torrent awal ataupun orang-orang yang telah selesai mengunduh sebuah file dan secara otomatis mengunggahnya (seeding).

Leecher adalah orang yang baru saja mengunduh sebuah file torrent dan sama sekali tidak memiliki sebagian ataupun keseluruhan dari sebuah file. “Peer” juga masuk ke dalam kategori Leecher, yaitu user yang sama sekali belum memiliki sebagian atau keseluruhan file. Istilah “Peer” juga bisa diartikan sebagai “user” atau “client”.

Nah, bagaimana cara mengunduh file melalui torrent, simak artikel berikut..

Cara Unduh File Menggunakan Torrent

Untuk mengunduh via Torrent, pada dasarnya dilakukan dengan 2 tahap, yaitu :

  1. Mengunduh file .torrent;
  2. Membuka / load file .torrent menggunakan software client Torrent — uTorrent, BitTorrent, Vuse, dll — untuk mengunduh file aslinya.

1. Mengunduh file .torrent

Silahkan googling file torrent yang sedang kamu cari karena pada artikel ini saya tidak menyediakan link tempat mengunduh file .torrent.

File ini berekstensi .torrent, berikut contohnya :

file berektensi .torrent

File .torrent berukuran kecil saja, biasanya tak lebih dari 100 Kb.

2. Membuka / Load file .torrent

Setelah mendapatkan file .torrent, load file tersebut menggunakan aplikasi software client torrent seperti :

  • uTorrent;
  • BitTorrent;
  • Vuse.

Silahkan unduh dan install salah satu dari ketiga software client torrent di atas, gratis..!

Pada artikel ini, saya mencontohkan uTorrent, jika menggunakan software client torrent lainnya, silahkan menyesuaikan karena pada prinsipnya sama saja.

  1. Jalankan aplikasi uTorrent;
  2. Klik Add Torrent (tanda +), kemudian arahkan ke file .torrent yang telah kamu unduh sebelumnya;
  3. Jika sudah, file otomatis akan terunduh;
    Cara Unduh Menggunakan Torrent
  4. Tunggu proses unduh hingga selesai.

File yang telah selesai diunduh akan berubah status menjadi seeding dengan bar berwarna hijau.

Untuk menemukan file yang telah selesai diunduh, silahkan klik kanan pada daftar file kemudian pilih Open Containing Folder.

file torrent selesai diunduh

Sampai tahap ini, proses unduh melalui torrent telah selesai.

Baca Juga:
  • Cara Download Torrent dengan IDM (Internet Download Manager)

Apakah Bahaya Menggunakan Torrent?

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, torrent bekerja dengan cara peer to peer untuk berbagi file di internet sehingga pengguna tidak perlu meng-upload file yang ingin dibagikan ke sebuah server, cukup menyimpan file tersebut di komputer mereka dan menghubungkannya ke internet, selanjutnya file-file tersebut akan tersedia bagi semua pengguna online lainnya yang telah menginstal perangkat lunak P2P.

Dengan cara ini, berbagi / unduh file dapat dilakukan tanpa intervensi dari server terpusat seperti pada konfigurasi client– server.

Proses kerja seperti ini bisa menimbulkan bahaya, jaringan P2P memungkinkan pengguna terhubung ke internet untuk menghubungkan komputer mereka dengan komputer lain di seluruh dunia. 

Jaringan ini didirikan dengan tujuan untuk berbagi file, tetapi pengguna jaringan P2P dimungkinkan untuk meng-install perangkat lunak gratis pada komputer sehingga memungkinkan mereka untuk melakukan pencarian dan mengunduh file yang ada pada hard drive pengguna lainnya serta menyisipkan script berbahaya.

Jadi, pilihan ada di tangan kamu, mau mengunakan torrent atau tidak. Jika ingin menggunakan torrent, lakukan dengan bijak.

Demikian Cara Unduh File Menggunakan uTorrent / BitTorent.

Semoga bermanfaat..!

The post Cara Unduh File Menggunakan uTorrent / BitTorent appeared first on F-Tips.