Olahraga

Cara Mudah Mengatasi Cedera Olahraga Saat Puasa

Salah satu gaya hidup sehat yang semakin diminati oleh masyarakat urban saat ini adalah olahraga. Hal ini seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan.

Cara Mudah Mengatasi Cedera Olahraga Saat Puasa

Google Berita – Salah satu gaya hidup sehat yang semakin diminati oleh masyarakat urban saat ini adalah olahraga. Hal ini seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan.

Meski terlihat umum dilakukan, berolahraga dapat menimbulkan risiko cedera, khususnya pada bahu, tangan dan kaki. Cedera bisa terjadi saat olahraga tidak dilakukan dengan benar dan bisa terjadi kapan serta siapa saja termasuk pria, wanita, anak-anak, baik atlet maupun orang awam.

“Penanganan cedera akibat olahraga yang tepat dan cepat sangat penting untuk meminimalkan risiko jangka panjang yang ditimbulkan,” ujar dr Iman Widya Aminata, Sp. OT.

Beberapa jenis olahraga yang dapat memicu cedera tangan dan bahu diantaranya adalah golf, badminton, voli dan tenis.

Tidak hanya tangan dan bahu, kaki juga rentan mengalami cedera akibat olahraga. Olahraga yang memicu cedera pada kaki salah satunya adalah futsal dan basket.

Cedera pada kaki dan pergelangan kaki terjadi karena robeknya ligamen.

Penanganan umum akibat cedera akibat olahraga bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Jika terjadi cedera, baiknya segera istirahat dan memberikan es pada bagian yang cedera. Namun jika terjadi nyeri yang menetap disarankan untuk berkonsultasi pada dokter.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of