Peristiwa

Cara Membuat Tahu Bulat Kopong Crispy dan Mengembang ala Rumahan

googleberita

Googleberita.com, Jakarta Siapa yang tak pernah mencicipi tahu bulat. Makanan yang satu ini merupakan jajanan yang cukup populer terlebih di pulau Jawa sebagai jajanan rakyat yang murah meriah namun dengan cita rasa yang lezat. Empat tahun terakhir, jajanan satu ini booming dan mudah ditemui karena kerap berkeliling di sejumlah wilayah.

Ya, penjual tahu bulat biasanya berkeliling menggunakan gerobak maupun mobil yang berjualan secara berpindah-pindah. Dengan jargon ‘Tahu bulat digoreng dadakan’ ini pasti sudah terngiang-ngiang di telingamu.

Tahu bulat memiliki tekstur yang berongga atau biasa disebut kopong. Semakin kopong, maka tahu bulat akan semakin enak dan rasanya lebih gurih. Rongga-rongga yang terbentuk di dalam tahu bulat tersebut terbentuk akibat udara yang terperangkap saat tahu digoreng. Itu artinya, tahu bulat menggunakan bahan pengembang.

Tahu Bulat Kopong

Dan tahu nggak sih, ternyata cara membuat tahu bulat kopong dan mengembang tidak sesulit yang kita bayangkan lho. Karena pada dasarnya, tahu bulat adalah tahu biasa yang dibuat mengembang hingga terbentuk rongga-rongga udara di dalamnya. Pengembang yang digunakan merupakan pengembang kimiawi yang hanya mengembang saat tahu digoreng. Itu artinya, kita memerlukan bahan pengembang berupa baking powder.

Bagi kamu yang penasaran ingin membuat sendiri tahu bulat di rumah, ternyata resepnya sederhana yang bisa dibuat kapan saja selagi bahan-bahan tersedia. Meskipun sederhana, namun cita rasa yang didapatkan tidak kalah dengan tahu bulat abang-abang.

Untuk mendapatkan tahu yang mengembang sempurna, sebaiknya tahu dimasukkan terlebih dahulu ke dalam lemari es. Bisa juga kita merendamnya dalam air es batu. Tidak juga tidak apa-apa, hanya saja dengan didinginkan terlebih dahulu maka tahu bisa lebih mengembang.

Proses ini bertujuan agar baking powder yang terkadung pada adonan tahu bulat tidak bereaksi secara berlebihan. Sementara untuk jenis tahu yang digunakan, kita bisa menggunakan tahu putih biasa. Berikut cara membuat tahu bulat kopong yang dilansir dari Jajan Pinggiran. Berikut Googleberita.com rangkum dari berbagai sumber Sabtu (20/10/2018) cara membuat cireng yang enak.

Bahan-bahan:

– 10 buah tahu putih

– 3 siung bawang putih, haluskan

– 1 sdt kaldu bubuk

– 1/2 sdt garam

– 1/2 sdt baking powder

– Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Tahu Bulat Kopong dan Mengembang:

1. Hancurkan tahu menggunakan ulekan hingga halus. Setelah itu, bungkus tahu dengan kain bersih kemudian peras airnya sebanyak mungkin hingga tahu menjadi agak kering seperti ampas.

2. Masukkan kembali tahu ke dalam wadah. Bubuhkan garam, kaldu bubuk, bawang putih halus dan baking powder. Aduk hingga merata.

3. Bentuk adonan tahu menjadi bulatan-bulatan menyerupai bola sebagaimana bentuk tahu bulat.

4. Masukkan tahu bulat mentah ke dalam lemari es selama 1-2 jam agar tahu menjadi dingin dan baking powder yang terkandung di dalamnya hanya berekasi saaat digoreng saja. Setelah itu, tahu bulat siap untuk digoreng kapan saja.

5. Untuk menggorengnya, goreng tahu bulat pada minyak panas di atas api kecil hingga mengembang dan warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan.

6. Sajikan tahu selagi hangat bersama dengan saus sambal atau bumbu tabur pedas.

Kunci keberhasilan dari proses pembuatan tahu bulat terletak pada saat memeras air dari tahu. Semakin banyak air yang keluar, maka semakin sedikit kadar air yang terkandung pada tahu. Itu artinya, kualitas tahu bulat semakin baik.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of