Peristiwa

Cara Membuat Opor Ayam Kuning Spesial dan Sederhana

googleberita

Googleberita.com, Jakarta Mendengar kata opor ayam, pasti sudah tidak asing di telinga kita. Pastinya otak kita akan langsung membayangkan suatu makanan yang lezat, dan tentunya membuat perut kita langsung keroncongan kelaparan ingin cepat-cepat memakannya. Bayangkan gurihnya daging ayam kampung bersama kuah opor yang kental kaya akan rempah, pasti nikmat sekali disantap bersama nasi putih panas atau ketupat.

Opor ayam adalah sahabat sejati ketupat dan sambal goreng kentang saat Lebaran. Tak ada yang rela melepaskan nikmatnya opor ayam dan ketupat saat silahturahmi ke rumah sanak saudara. Namun tak semua orang memiliki resep opor ayam yang lezat.

Resep opor ayam yang enak terletak dalam penggunaan ayam kampung yang gurih dan santan kental yang berkualitas. Tambahan bumbu rempahnya juga akan membuat opor ayam jadi terasa lebih enak. Ada beberapa jenis resep masakan opor yang biasanya kita jumpai saat hari raya Idul Fitri tiba. Ada Opor Ayam Kuning, Opor Ayam Putih atau Opor Ayam Kering. Sebenarnya bumbu yang digunakan untuk membuat ketiga macam resep opor tersebut hampir sama.

Tips Menghilangkan Bau Amis

Untuk membuat masakan opor yang enak ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti penggunaan santan dari perasan buah kelapa supaya hasilnya lebih legit. Selain itu, daging ayam yang digunakan juga berpengaruh terhadap rasa yang dihasilkan. Walaupun daging ayam potong bisa juga digunakan untuk masak opor ayam, tetapi kalau kita bisa menggunakan daging ayam kampung atau buras tentu lebih enak dan mantap rasanya. Selain itu tentu saja kita harus bisa mengolah daging ayam nya supaya nanti setelah dimasak, opor ayam tidak bau amis ayam.

Mungkin sering kita temui atau pengalaman menikmati opor ayam tetapi secara sama samar masih tercium bau ayamnya. Walaupun bumbu opor ayam yang kita gunakan sudah benar tetapi bau tersebut masih muncul. Untuk mengatasinya sebenarnya cukup gampang lho. Berikut cara mengatasi bau amis pada ayam:

– Pertama cuci bersih daging ayamnya dengan air mengalir ya sampai benar benar bersih.

– Setelah itu teman teman bisa memberi perasan air jeruk nipis ke seleuruh daging tersebut dan diamkan sebentar sambil merebus air.

– Setelah air mendidih masukkan potongan daging ayam tadi kedalamnya dan rebus sebentar atau kurang lebih selama 3 sampai 4 menit lalu angkat.

– Setelah itu cuci kembali dengan air mengalir dan siap untuk dimasak bersama dengan aneka bumbu opor ayam spesial pilihan kita dibawah ini.

Nah, kalau amis pada ayam sudah dibereskan, berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat opor ayam kuning yang dilansir dari Resep Cara Memasak.

Bahan-bahan:

– 1 ekor ayam ukuran sedang besar. Potong menjadi 6 sampai 10 potong lalu cuci bersih dari semua kotoran dan darah yang menempel.

– 1 liter santan encer

– 1 batang sereh diambil batangnya yang berwarna putih

– 2 lembar daun salam- 1/4 liter santan kental yang diambil dari perasan kelapa

– 2 cm lengkuas- 3-4 lembar daun jeruk yang masih segar

– Minyak sayur secukupnya untuk menumis bumbu halusnya

Bumbu Halus:

– 1 sdt merica butir sangrai

– 1 sdt jinten sangrai

– 7 siung bawang merah ukurang sedang

– 4 siung bawang putih ukuran sedang

– 1/2 sdt ketumbar sangrai- Gula pasir secukupnya

– 5 butir kemiri sangrai

– 2 cm kunyit ukurang sedang yang sudah disangrai- Garam dapur secukupnya

– 1 cm jahe sangrai

Cara Membuat Opor Ayam Kuning Spesial

1. Langkah pertama uleg atau haluskan terlebih dahulu jahe, kunyit, kemiri, garam dapur, gula pasir dan bumbu halus lainnya sampai halus. Bisa juga diblender kalau mau lebih cepat.

2. Siapkan wajan yang sudah diisi minyak goreng secukupnya lalu masukkan campuran bumbu halus.

3. Aduk-aduk sampai tercium bau harum dari bumbunya.

4. Masukkan batang sereh, daun jeruk, lengkuas dan daun salam ke dalam penggorengan lalu aduk sebentar sampai daunnya layu.

5. Masukkan daging ayam yang sudah dicuci bersih ke dalam wajannya. Aduk supaya daging ayam tercampur rata dengan semua bumbunya.

6. Masukkan santan encer yang sudah dipersiapkan lalu aduk lagi sampai daging ayamnya cukup empuk.

7. Langkah terakhir kecilkan api kompornya lalu masukkan santan kental yang sudah dipersiapkan dan aduk lagi sampai santan mendidih. Untuk diperhatikan proses ini santannya harus tetap diaduk-aduk sampai mendidih supaya tidak pecah.

8. Cicipi dulu dan tambahkan garam dapur atau gula apabila diperlukan.

9. Angkat dan tuang ke mangkok saji untuk dihidangkan di meja makan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of