Peristiwa

Cara Membuat Cendol Tepung Beras ala Rumahan, Kenyal dan Menyegarkan

Googleberita.com, Jakarta Cendol merupakan minuman khas Sunda yang dahulunya terbuat dari tepung hunkwe (tepung dari kacang hijau), namun kini cendol terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah ‘cendol’ mungkin sekali berasal dari kata ‘tjendol’, yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa, dan Indonesia. Rupanya hal ini merujuk sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala meminum es cendol.

Es cendol berasal dari Sunda yaitu Bandung, sedangkan es dawet berasal dari Tanah Jawa yaitu Banjarnegara. Perbedaan yang lainnya adalah pada bahan dasar es cendol dulunya terbuat dari tepung hunkwe, Sedangkan bahan dasar es dawet dulunya terbuat dari tepung beras ataupun tepung beras ketan. Dawet Jepara menggunakan tepung sagu aren. Sedangkan Dawet asal daerah selain Jepara menggunakan tepung beras atau beras ketan. Cara membuat cendol minuman khas Jawa Barat itu terbuat dari tepung hunkwe.

Tidak hanya di Indonesia, cendol juga cukup populer di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, dan Thailand Selatan. Cara membuat cendol sangat populer sebagai minuman pencuci mulut, atau bahkan hanya sekedar minuman penyegar saat siang hari. Di Thailand, cendol dikenal dengan nama Chorn Dooi, dan di Singapura dikenal dengan nama Lortchorng.

Cendol juga bisa dikreasikan menjadi apa pun

Cara membuat cendol yang dikenal dengan sebutan biji dawet ini memiliki bentuk bulat lonjong kecil. Butiran cara membuat cendol ini merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat minuman segar. Seperti es cendol banjarnegara (es dawet ayu) dan es cendol meriah ala Bandung. Keunikan cara membuat cendol ternyata tak melulu diolah menjadi minuman segar saja, karena kini cendol dapat dikreasikan menjadi sebuah puding yang enak dan lezat.

Untuk minuman es cendol yang biasanya sering kita jumpai di pinggiran jalan atau dijajakan keliling adalah es cendol dawet ayu. Es dawet ayu ini merupakan kreasi olahan cendol terpopuler yang berasal dari kota Banjarnegara Jawa Tengah. Di sana ada banyak kreasi cendol dengan warna yang menggoda. Seperti cara membuat cendol hijau (dawet hijau) yang dibuat dari pewarna alami daun suji atau daun pandan.

Kemudian cara membuat cendol hitam Khas Purworejo yang dibuat dari bubuk arang padi (abu merang), serta es cendol merah (red dawet) yang dibuat dari warna buat bit atau pewarna makanan yang sehat, halal dan tentu saja berkualitas. Butiran cara membuat cendol ini terbuat dari tepung beras yang biasanya disajikan bersama sirup gula merah dan santan kental. Tampilan es cendol seperti ini merupakan kreasi olahan es dawet ayu Banjarnegara.

Selain itu ada lagi kreasi dari es cendol sederhana yang ditambahkan dengan irisan buah alpukat, nangka dan durian. Es cendol komplet spesial dengan tambahan buah di dalamnya di sebut es cendol meriah yang merupakan salah satu minuman segar ala Bandung. Tekstur cara membuat cendol yang kenyal dan lembut dipadukan dengan sirup gula, santan dan butiran es batu ini paling enak dinikmati ketika cuaca panas dan terik.

Nah, daripada membeli tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya di rumah kan. Berikut cara membuat cendol tepung beras yang kenyal seperti Googleberita.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (12/11/2018).

Cara membuat cendol tepung beras

(sumber: pixabay)

Bahan cara membuat cendol tepung beras:

100 gram tepung hunkwe

50 gram tepung beras

100 ml air perasan daun pandan dan suji

700 ml air putih

1 sdt garam

Cara membuat cendol tepung beras:

1. Campur semua bahan menjadi satu.

2. Masak sambil terus diaduk hingga adonan matang dan kental. Angkat, sisihkan.

3. Kemudian siapkan air dingin atau air es di dalam wadah.

4. Letakan cetakan cendol di atas wadah berisi air dingin ata air es.

5. Tuang adonan cendol ke dalam cetakan.

6. Tekan-tekan sampai adonan cendol keluar menjadi butiran cendol dan masuk ke dalam air.

7. Lakukan hingga adonan habis. Sisihkan.

Setelah cendol selesai, saatnya untuk menyajikan berbagai es yang enak dan menyegarkan. Berikut cara membuat cendol yang enak dan kenyal.

Es Cendol Ala Es Dawet Ayu Banjarnegara

Bahan-bahan Es Dawet :

Cendol hijau

Es batu secukupnya

Bahan Sirup Gula Merah:

500 gram gula merah

100 gram gula pasir

200 ml air

3 lembar daun pandan

Campur dan didihkan semua bahan hingga larut kemudian saring.

 

Bahan Saus santan :

1,5 L santan kelapa

1 sdt garam

2 lembar daun pandan

Campur semua bahan dan didihkan tapi jangan sampai santan pecah.

 

Saran Penyajian Es Dawet Ayu:

1. Siapkan gelas saji.

2. Susun es batu, cendol lalu santan dan sirup gula merah di atasnya.

3. Es dawet ayu ala Banjarnegara siap dinikmati.

Es Cendol Meriah Ala Bandung

Bahan-bahan Es Cendol Meriah:

Cendol hijau

5 buah daging buah nangka (potong-potong)

2 buah alpukat (potong-potong)

100 gram tape singkong

Es batu secukupnya

Bahan Sirup Gula Merah :

500 gram gula merah

100 gram gula pasir

200 ml air

3 lembar daun pandan

Campur dan didihkan semua bahan hingga larut kemudian saring.

 

Bahan Saus santan:

1,5 L santan kelapa

1 sdt garam

2 lembar daun pandan

Campur semua bahan dan didihkan tapi jangan sampai santan pecah.

 

Saran Penyajian Es Cendol Meriah:

1. Siapkan gelas saji

2. Susun es batu, cendol, nangka, alpukat dan tape singkong.

3. Selanjutnya tuang sirup gula merah dan santan di atasnya.

4. Es cendol meriah siap dinikmati.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of