Teknologi

Cara Install Kali Linux Di Windows 10 dan Cara Updatenya

Cara install Kali Linux di Windows 10 wajib diketahui bagi yang ingin paham tentang software. Setelah memahami hal ini mudah untuk menggunakan Kali Linux.

Istilah dalam pemrograman sangat beragam. Jika ingin belajar dengan serius,  harus mengetahuinya.  Windows 10 merupakan software yang yang mempunyai bash fitur dari Linux. Penggunaan semua program open source tanpa menginstal apa pun.

Cara Install Kali Linux Di Windows 10, Mudah Dan Cepat

Bagaimana cara install Kali Linux di Windows 10? Untuk dapat menggunakan Kali Linux pada Windows pertama tentu harus menginstalnya terlebih dulu. Prosesnya cukup mudah dan simpel. Tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan, semua dapat berjalan dengan cepat.

Microsoft sendiri termasuk sering melakukan pembaharuan pada software yang digunakan. Hal ini membuatnya tidak pernah ketinggalan dan selalu menjadi pilihan bagi pengguna perangkat jenis PC atau laptop.

Mengenal Kali Linux

Mengenal-Kali-Linux cara install kali linux di windows 10

Sebelum berbicara lebih jauh tentang cara menginstal, sebaiknya pahami terlebih dulu apa yang dimaksud dengan Kali Linux. Istilah Kali Linux merupakan sistem operasi dengan basis Debian Linux. Pengembangnya adalah Offensive. Cara install Kali Linux di Windows 10 simpel dan cepat.

Sistem kerjanya sangat mudah sehingga cocok untuk pemula. Kali Linux sendiri spesifik untuk PC atau laptop. Tipe sejenis yang digunakan pada Android terkenal dengan nama Kali Nethunter. Fungsinya sama yang terdapat di PC atau laptop.

Untuk cara menggunakan Kali Linux di Android pun sebenarnya sama saja. Jenis aplikasi serta fitur yang tersedia sedikit berbeda namun tetap simpel.

Kali Linux bersifat open source sehingga siapa saja dapat mengembangkannya. Sampai sekarang terhitung tidak kurang dari 300 tools yang tersedia dan masih terus bertambah. Hal ini menjadikan penggunaannya recommended.

Cara download Kali Linux di Windows 10 yang sangat mudah membuat banyak yang penasaran untuk menggunakannya. Penggunaanya pada PC atau laptop membuat performanya semakin keren.

Kelebihan Kali Linux

Kelebihan-Kali-Linux

Banyaknya yang mencari cara install Kali Linux di Windows 10 tidak terlepas dari kelebihan sistem ini. Delain open source yang memungkinkan semua orang berkontribusi untuk pengembangannya, berikut kelebihan Kali Linux:

  1. Sinkronisasi dengan Debian berlangsung setiap hari. bahkan mencapai 4 kali sehari. Update paket dan perbaikan terus akan disampaikan pada pengguna. Dengan demikian pengguna selalu mendapat support dari developer.
  2. Tools yang terdapat pada Kali Linux dapat digunakan pada sistem turunannya seperti Ubuntu, Blankon dan lainnya. Dengan demikian sangat fleksibel dan dinamis.
  3. Pemaketan untuk jangka panjang dan sering adanya maintenance pada bug di dalam tools.
  4. Bisa untuk berbagai macam desktop. Penggunaan yang sangat fleksibel sesuai dengan kebutuhan.
  5. Update ke versi terbaru sangat mudah, bahkan hanya memerlukan beberapa langkah saja.
  6. Terdapat support jangka panjang
  7. Sistem otomatis pada instalasi Kali
  8. Bisa custom ISO

Kekurangan Kali Linux

Kekurangan-Kali-Linux cara install kali linux di windows 10

Kali Linux memang mempunyai berbagai kelebihan sehingga banyak yang tertarik untuk menggunakan. Meski demikian tidak terlepas dari kekurangan. Dengan terus berkembangnya sistem ini, kekurangan tersebut dapat diperbaiki.

Meski terdapat kekurangan, bukan berarti kemudian banyak user yang meninggalkan dan berganti ke aplikasi lain. sampai saat ini mendownload dan menginstal sistem ini masih terus bertambah.

  1. Cara install Kali Linux di Windows 10, namun penggunaannya cukup sulit bagi yang belum dapat menjalankan komputer
  2. Aplikasi yang mendukungnya terbatas
  3. Tampilan terlalu standar sehingga kurang menarik
  4. Tidak banyak hardware yang mendukung

Cara Install Kali Linux Di Windows 10

Cara-Install-Kali-Linux-Di-Windows-10

Bagaimana cara instal Kali Linux? Ini bagian yang paling banyak dicari pengguna Linux. Tampilan Linux yang simpel menjadikan mudah dalam penggunaan. Apalagi begitu banyak keuntungan jika menggunakan sistem tersebut. Bagaimana caranya?

  1. Pastikan versi Linux yang digunakan adalah versi 2004 atau atasnya. Apabila belum, maka harus melakukan update dengan cara memeriksa kemudian setting pada menu pengaturan. Kemungkinan proses update  belum selesai.
  2. Aktifkan Windows Subsystem For  Linux ( WSL). Caranya adalah masuk ke menu setting, ketikkan pada pencarian Turn Windows Features on or off. Centang opsi WSL dan klik OK.
  3. Jika ingin mudah bisa melalui Powershell as administration.
  4. Melalui Powershell dengan mengetikkan instruksi, aktifkan platform mesin virtual.
  5.  Lanjutkan dengan klik restart.
  6. Setelah proses tersebut akan muncul pop-up bahwa WSL membutuhkan pembaharuan pada komponen kernel. Jika sudah bisa, lanjutkan dengan menginstalnya.
  7. Langkah selanjutnya Anda perlu melakukan setting default. Caranya dengan mengetikkan kembali perintah pada Powershell sehingga sistem akan berjalan.
  8. Lakukan instalasi pada Kali Linux melalui Microsoft Store
  9. Tunggu proses unduh, buka dan dekompresi serta menyimpan file yang diperlukan.
  10. Untuk distribusi Linux yang baru pada perangkat Anda dapat memasukkan sandi dan nama.
  11. Ketik perintah untuk menghubungkan, kemudian tunggu proses yang sedang berjalan. Biasanya membutuhkan waktu 15-30 menit.
  12. Berikutnya ketik KeX. Tujuannya untuk menjalankan antarmuka win KeX.

Lakukan Update, Upgrade, Dan Dist Upgrade Kali Linux

Setelah penginstalan selesai, sistem tidak dapat langsung berjalan. Namun perlu beberapa proses lanjutan, yaitu update, upgrade dan dist upgrade. Untuk menjalankan proses tersebut sangat mudah, Berikut penjelasannya:

Update Kali Linux

Update-Kali-Linux

Setelah proses instal selesai, selanjutnya ketikkan perintah “sudo apt-get-update dan lanjutkan dengan tekan enter. Lanjutkan dengan memasukkan password Kali Linux dan tekan enter kembali. Tunggu sampai semua proses selesai.

Cara Upgrade Kali Linux

Cara-Upgrade-Kali-Linux

Untuk dapat melakukan upgrade pun sama mudahnya. Setelah mengetikkan perintah, yaitu sudo-apt-get-upgrade kemudian menekan enter. Akan muncul opsi Y dan N. Pilih Y untuk memberi akses sistem melakukan upgrade.

Cara Dist Upgrade Kali Linux

Cara-Dist-Upgrade-Kali-Linux

Cara untuk menjalankan proses dist upgrade Kali Linux hampir sama. Pembedanya dalam penulisan perintah, yaitu dengan mencantumkan instruksi untuk melakukan dist upgrade.  Kemudian masukkan password Kali Linux dan tekan enter.

Cara install Kali Linux di Windows 10 harus Anda pahami jika ingin menggunakan Kali Linux pada perangkat. Kemudahan, manfaat dan fasilitasnya membuat banyak yang ingin menggunakan sehingga mendownload menginstal aplikasi ini.

The post Cara Install Kali Linux Di Windows 10 dan Cara Updatenya appeared first on F-Tips.