Teknologi

Cara Hapus Akun Flip (Menonaktifkan) Terbaru via Email

Cara hapus akun Flip dapat digunakan untuk menghilangkan akun beserta data transaksi yang telah terjadi melalui aplikasi Flip. Namun sayangnya, Flip tidak memberikan fasilitas penghapusan akun melainkan hanya menonaktifkannya.

Flip sendiri merupakan salah satu aplikasi keuangan yang memberikan kemudahan untuk transfer antar bank tanpa membayar biaya administrasi. Tidak hanya itu, Flip juga melayani pengisian e-Wallet, pembelian dan pembayaran pulsa, paket data dan listrik serta kirim uang ke luar negeri.

Tentang Flip

Tentang-Flip

Flip merupakan sebuah aplikasi smartphone yang menawarkan jasa transfer uang antar bank tanpa adanya biaya administrasi tambahan dalam setiap transaksinya. Tidak hanya melayani transfer dalam negeri, Flip juga melayani transfer uang hingga ke luar negeri.

Berdirinya Flip dinaungi oleh PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi pada tahun 2015 oleh Rafi Putra Arriyan, Luqman Sungkar serta Ginanjar Ibnu Solihin. Saat ini Flip sudah terdaftar secara legal dan resmi pada Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68 sehingga aman untuk digunakan.

Kini aplikasi Flip sudah didownload sebanyak lebih dari 10 juta kali. Kepopuleran Flip tentunya disokong oleh fitur transafer tanpa adanya biaya admin yang menyertai dan jumlah transfer yang unlimited selama nominalnya masih berada di bawah Rp5 juta per hari.

Sedangkan nominal transfer yang melebihi batas tersebut akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp2.500 hingga Rp3.500 untuk nominal transfer yang mencapai Rp50 juta.

Tidak adanya biaya admin ini dikarenakan Flip bekerja sebagai perantara yang menghubungkan bank satu dengan yang lain saat bertransaksi. Caranya adalah dengan memasukkan uang pengguna ke rekening Flip lebih dulu lalu kemudian akan diteruskan ke rekening tujuan.

Cara Daftar Akun Flip

Pendaftaran akun Flip dapat dilakukan tanpa membayar dan seterusnya dapat digunakan tanpa perlu membayar untuk berlangganan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftarnya:

  • Instal aplikasi Flip terlebih dahulu yang bisa didapatkan melalui Play Store atau App Store
Instal-aplikasi-Flip-terlebih-dahulu-yang-bisa-didapatkan-melalui-Play-Store-atau-App-Store
  • Buka aplikasi Flip yang sudah terinstal lalu klik tombol Buat Akun
  • Isikan data yang diperlukan seperti nama, alamat email dan nomor HP yang masih aktif
Isikan-data-yang-diperlukan-seperti-nama-alamat-email-dan-nomor-HP-yang-masih-aktif
  • Setelah itu kode verifikasi akan dikirimkan melalui nomor HP dan masukkan kode tersebut pada kolom yang tersedia di aplikasi Flip
  • Lakukan verifikasi data diri dengan mengunggah foto selfie, KTP dan foto selfie memegang KTP untuk bisa melakukan transaksi menggunakan aplikasi ini.
  • Tunggu verifikasi diproses
  • Apabila sudah disetujui makan akun sudah siap digunakan untuk melakukan transaksi.

Fitur yang Dimiliki Flip

Flip tentunya memiliki berbagai fitur menarik yang membuat penggunanya betah untuk memakai aplikasi ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengcover banyak bank

Mengcover-banyak-bank Cara Hapus Akun Flip

Untuk memudahkan transaksi yang dilakukan penggunanya, Flip bekerja sama dengan 14 bank besar yang ada di Indonesia.

Bank tersebut diantaranya adalah BNI, BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Mandiri Syariah, BTPN, CIMB Niaga, CIMB Niaga Syariah, Bank Muamalat, Permata Bank, Permata Bank Syariah, BTPN, BTPN Now dan Jenius.

2. Fitur pendeteksi pemilik rekening otomatis

Fitur-pendeteksi-pemilik-rekening-otomatis

Seperti transaksi yang menggunakan ATM, aplikasi Flip bisa langsung mendeteksi nama pemilik rekening tujuan transaksi. Dengan adanya fitur ini tentunya transaksi akan dapat berjalan dengan lancar karena pengguna tidak khawatir salah sasaran akibat keliru menginput rekening.

3. Terdapat fitur live chat di dalam aplikasi

Terdapat-fitur-live-chat-di-dalam-aplikasi

Untuk mengatasi segala permasalahan dan kendala yang dialami pengguna saat menggunakan aplikasi ini, pihk Flip menyediakan fitur live chat yang langsung terhubung ke Customer Service. Dengan begitu, pengguna akan selalu dimudahkan dalam segala transaksinya.

4. Terdapat fitur pembayaran tagihan

Terdapat-fitur-pembayaran-tagihan

Selain untuk melakukan transaksi berupa transfer uang tanpa biaya admin, Flip juga menyediakan fitur untuk pembelian dan pembayaran tagihan seperti pulsa, paket data dan listrik. Transaksi tagihan ini dapat menggunakan saldo sisa yang ada di dalam akun Flip.

Kelebihan Flip

Flip memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi serupa, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tidak ada biaya admin untuk transfer antar bank

Tidak-ada-biaya-admin-untuk-transfer-antar-bank

Fitur utama Flip yang sekaligus menjadi kelebihannya adalah tidak adanya biaya admin untuk bertransaksi antar bank yang berbeda. Oleh karena itu, pengguna dapat menghemat biaya sebesar Rp6.500 untuk biaya administrasi.

Selain itu, proses transaksi tetap dapat dilakukan meski rekening tujuan tidak memasang aplikasi Flip.

2. Keamanan ganda

Keamanan-ganda

Keamanan data-data keuangan pengguna yang penting dijamin aman saat menggunakan aplikasi Flip. Hal ini dikarenakan Flip sudah menggunakan sistem enkripsi pada aplikasinya.

3. Bukti transaksi yang dikirim melalui email

Bukti-transaksi-yang-dikirim-melalui-email

Setelah melakukan transfer sejumlah uang, bukti transfer tidak hanya dikirim pada aplikasi saja, melainkan juga melalui email yang terdaftar untuk akun Flip sehingga pengguna memiliki cadangan jika salah satunya terhapus.

4. Bonus referral

Bonus-referral Cara Hapus Akun Flip

Seperti kebanyakan aplikasi lainnya, pengguna akan mendapatkan bonus sebesar Rp20.000 setelah berhasil mengajak teman dan teman tersebut telah bertransaksi sebesar Rp100.000.

Kekurangan Flip

Tidak luput dari kesalahan, Flip juga memiliki kekurangan yang bisa membuat penggunanya mencari tahu cara hapus akun Flip permanen, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Verifikasi pendaftaran yang rumit

Verifikasi-pendaftaran-yang-rumit

Proses verifikasi yang digunakan oleh Flip sesungguhnya sederhana dan seperti verifikasi aplikasi keuangan lainnya. Namun, aplikasi Flip terlalu sensitif terhadap pendeteksian wajah saat pencahayaan kurang, kamera kurang jernih atau terdapat guncangan.

Hal tersebut yang membuat proses verifikasi identitas Flip rawan gagal. Banyak pengguna yang mengeluhkannya dan keluhan tersebut dapat dilihat melalui reviewnya di Play Store.

2. Proses transfer lambat

Proses-transfer-lambat Cara Hapus Akun Flip

Flip memberikan estimasi transfer akan membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Namun, waktu ini bukan waktu yang sudah baku, sehingga proses transfer bisa memakan waktu kurang dari 20 menit atau bahkan lebih.

Kecepatan transfer ini akan bergantung pada jam kerja perbankan dan ramai tidaknya lalu lintas transaksi yang sedang terjadi.

Persiapan Penghapusan Akun Flip

Persiapan-Penghapusan-Akun-Flip Cara Hapus Akun Flip

Sebelum menghapus akun Flip, pengguna perlu menyiapkan beberapa hal yang digunakan untuk mempermudah dan mempercepat prosesnya, dinataranya adalah sebagai berikut:

  1. Nama lengkap
  2. Alamat email
  3. Password
  4. Nomor Handphone
  5. KTP
  6. Selfie
  7. Riwayat transaksi
  8. Tidak ada transaksi yang sedang berlangsung
  9. Tidak ada saldo yang tersisa
  10. Alasan menutup akun Flip

Cara Hapus Akun Flip via Email

Sayangnya Flip tidak memberikan fasilitas penutupan akun, tetapi hanya sebatas menonaktifkannya. Dengan begitu, setelah menyiapkan data-data yang diperlukan seperti di atas, pengguna dapat mengikuti langkah ini untuk menonaktifkan akun Flip:

  • Tulis email dan tujukan pesan kepada customer service Flip pada hello@flip.id
  • Isi bagian Subject dengan “Permohonan menonaktifkan akun Flip” atau bisa juga dengan kalimat lain yang serupa
  • Tulis Body Email dengan tujuan dan alasan ingin menonaktifkan akun Flip
Tulis-Body-Email-dengan-tujuan-dan-alasan-ingin-menonaktifkan-akun-Flip
  • Sertakan bukti kepemilikan akun berupa data-data yang tertera di atas
Sertakan-bukti-kepemilikan-akun-berupa-data-data-yang-tertera-di-atas
  • Tunggu Customer Service memberikan balasan terhadap permohonan tersebut
  • Ikuti instruksi yang diberikan hingga proses penonaktifan selesai

Cara hapus akun Flip memang cukup berbeda karena memang tidak bisa dihapus, melainkan hanya dinonaktifkan saja. Namun, hal ini tentunya sudah cukup untuk dilakukan apabila pengguna sudah tidak menggunakan aplikasi ini lagi.

The post Cara Hapus Akun Flip (Menonaktifkan) Terbaru via Email appeared first on F-Tips.