Teknologi

Cara Hapus Akun Alodokter Permanen, Berhenti Berlangganan, &FAQ nya

Aplikasi Alodokter banyak digunakan oleh orang untuk berkonsultasi terkait dengan masalah kesehatan mereka. Namun, sebagian orang ada yang ingin menghapus akunnya karena beberapa alasan. Lalu, bagaimana cara hapus akun Alodokter?

Cara penghapusan akun ini dapat dilakukan melalui berbagai cara mulai dari hapus secara permanen sampai berhenti berlangganan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk menghapus akun ini.

Apa Itu Alodokter

Apa-Itu-Alodokter

Sebelum mengetahui penjelasan tentang cara hapus akun Alodokter, perlu diketahui apa itu Alodokter. Alodokter sendiri menyediakan website dan aplikasi yang memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi mengenai dunia medis atau kesehatan.

Pengguna yang terdaftar menjadi membernya bisa mendapatkan informasi penting seputar medis. Anda juga bisa berkonsultasi secara online dengan dokter yang ahli dibidangnya tanpa perlu bertatap muka.

Aplikasi ini tidak hanya memberikan edukasi tentang dunia kesehatan tetapi ada juga layanan konsultasi dokter. Anda perlu berlangganan dengan membayar tarif tertentu setiap sesi. Ada pula produk asuransi bagi yang menginginkannya untuk melindungi kesehatan jangka panjang.

Apakah Akun Alodokter Dapat Dihapus?

Apakah-Akun-Alodokter-Dapat-Dihapus

Berdasarkan informasi kebijakan privasi dari Alodokter sendiri menyebut bahwa akun atau data pribadi milik penggunanya dapat dihapus sewaktu-waktu. Namun, di aplikasinya sendiri belum tersedia fitur hapus akun.

Jadi, perlu melakukan langkah seperti yang nanti akan dijelaskan di bawah ini. Pasalnya, hal tersebut sudah tertera dalam hukum privasi Indonesia yang memberikan hak kepada setiap individu untuk mengakses, sampai menghapus informasi pribadi.

Alodokter juga akan memberikan informasi kepada pengguna jika sewaktu-waktu ada kegagalan untuk melindungi rahasia informasi pribadi. Untuk menghapus akun, akan lebih baik untuk membatalkan terlebih dahulu langganan yang dibuat selama ini.

Cara Hapus Akun Alodokter

Berikut adalah 2 cara yang dibutuhkan untuk menghapus akun Alodokter:

1. Hapus Akun Alodokter Secara Permanen

Untuk menghapus akun secara permanen, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Email Anda di Android atau lewat PC.
  • Selanjutnya, masukkan alamat tujuan ke email support Alodokter, yaitu: support@alodokter.com
  • Selanjutnya, masukkan subjek pesan dengan menuliskan format berikut ini: “Menghapus Akun Alodokter Saya”.
Selanjutnya-masukkan-subjek-pesan-dengan-menuliskan-format-berikut-ini-Menghapus-Akun-Alodokter-Saya
  • Tulis pesan tentang alasan Anda ingin menghapus akun tersebut. Contohnya adalah alasan keamanan, email dihack, dsb.
  • Selanjutnya, masukkan Nama dan Email yang digunakan untuk akun Alodokter.
Selanjutnya-masukkan-Nama-dan-Email-yang-digunakan-untuk-akun-Alodokter
  • Kirim email tersebut. Tunggu sampai mendapatkan balasan dari Tim Support agar bisa mendapatkan penghapusan akun.
  • Selesai. Umumnya tim support akan meminta informasi tambahan berkaitan dengan data pengguna untuk mengkonfirmasi. Ikuti petunjuk yang diberikan agar bisa berhasil melakukan hapus akun.

Dengan melalui cara ini, akun bisa dihapus secara permanen. Namun, Anda perlu berhati-hati jika ada email masuk mengatasnamakan Alodokter. Banyak sering terjadi penipuan yang meminta uang untuk ditransfer.

Jadi, pastikan dulu alamat emailnya apakah sesuai dengan yang ada di atas atau tidak.

2. Cara Berhenti Berlangganan

Cara lainnya yaitu tidak perlu untuk menghapus akun, tetapi cukup berhenti berlangganan. Caranya yaitu sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Email yang Anda miliki.
  • Sama seperti sebelumnya, tulis pesan baru dan ditujukan untuk email support dari Alodokter, yaitu support@alodokter.com
  • Selanjutnya, tulis di Subjeknya dengan tulisan: “Saya Ingin Berhenti Langganan Alodokter”.
Selanjutnya-tulis-di-Subjeknya-dengan-tulisan-Saya-Ingin-Berhenti-Langganan-Alodokter
  • Di pesan email, silahkan untuk mengisi nama dan alamat email aktif yang terhubung dengan Alodokter. Anda juga bisa menambahkan alasan berhenti berlangganan sesuai dengan masalah masing-masing. Tuliskan dengan singkat, padat, dan jelas.
  • Kirim pesan tersebut. Tunggu sampai ada balasan email dari Tim Support.
  • Nantinya, muncul balasan bahwa akun tersebut sudah berhenti berlangganan.
  • Selesai.

3. Apakah Bisa Hapus Akun Tanpa Email

Apakah-Bisa-Hapus-Akun-Tanpa-Email

Banyak yang mencari tahu apakah ada cara untuk menghapus akun tanpa menggunakan email Alodokter? Jawabannya adalah tidak bisa. Pengguna hanya bisa menghapus akun lewat email untuk dikirimkan ke support Alodokter.

Anda juga tidak bisa menghapusnya lewat aplikasi tersebut secara otodidak karena harus melewati tim supportnya. Di aplikasi tersebut tidak tersedia cara untuk menghapus atau berhenti berlangganan.

QNA yang Sering Diajukan Oleh Pengguna

Untuk melakukan penghapusan akun ini, ada banyak kendala atau pertanyaan yang ingin dicarikan solusinya. Beberapa pertanyaan tersebut yang berkaitan dengan Alodokter yaitu:

1. Tidak Ada Balasan

Tidak-Ada-Balasan

Pertanyaan pertama yang sering diajukan banyak pengguna adalah pengguna sudah mengirim pesan ke email tetapi tidak kunjung mendapat balasan dari Tim Support. Lalu, apa yang harus dilakukan dan apa alasannya? 

Banyak yang mengalami hal tersebut atau keterlambatan respon yang terlalu lama. Hal ini bisa terjadi karena banyaknya pesan masuk di email Alodokter. Jadi, tim support membutuhkan waktu untuk membalas dan menanggapi pesan dari para pelanggan.

Oleh sebab itu, Anda perlu bersabar untuk menunggu balasan dari Alodokter. Tunggu maksimal sampai 7 hari kerja. Jika tidak kunjung mendapatkan balasan, cobalah untuk mengirim email sekali lagi dengan format yang sama dan alamat yang sama.

2. Tentang Hapus Akun Secara Permanen

Tentang-Hapus-Akun-Secara-Permanen

Pertanyaan lain yang sering diajukan adalah jika sudah menghapus akun Alodokter lewat email, apakah sudah menghapusnya secara permanen? Anda tidak perlu khawatir karena dengan cara di atas, akun Anda bisa langsung terhapus.

Dengan demikian, seluruh data yang tersimpan juga akan hilang. Ini akan menjaga keamanan data lebih baik. Jadi, dapat dipastikan bahwa pengguna tidak bisa lagi login menggunakan email dan password yang telah dibuat sebelumnya.

Lalu, bagaimana jika ingin menggunakannya kembali? Maka, Anda perlu untuk mendaftar ulang kembali seperti cara yang pertama.

3. Apakah Alodokter Penipuan?

Apakah-Alodokter-Penipuan

Ada juga beberapa pengguna yang ragu untuk mendaftar ke aplikasi ini. Ada yang menganggap Alodokter penipuan dengan tanpa dasar yang jelas.

Perlu diketahui, aplikasi ini bukanlah penipuan. Hal ini bisa tercantum dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Anda bisa mendapatkan informasi kesehatan dengan baik serta penawaran apa saja yang bisa didapatkan ketika sudah berlangganan. Selain itu, dijelaskan juga harga paket dan biaya konsultasi secara jelas dan rinci.

Ada pula keamanan dalam informasi pribadi karena bisa dihapus sesuai permintaan.

4. Alasan Akun Alodokter Dihapus

Alasan-Akun-Alodokter-Dihapus

Beberapa pengguna ingin menghapus akun bukan tanpa alasan. Ada beberapa hal yang membuatnya ingin menghapus akun Alodokter. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sudah tidak ingin menggunakannya. Alasan pertama ini kerap kali terjadi ketika pengguna tertarik dengan aplikasi lain yang memberikan layanan serupa. Semua itu adalah hak pengguna dan mereka bebas memilih. Diketahui di tahun 2021 sudah banyak tersedia aplikasi yang sama sehingga persaingan menjadi lebih ketat.
  2. Lebih memilih untuk berkonsultasi dengan dokter secara tatap muka. Hal ini karena bagi sebagian orang lebih puas untuk bertatap muka dengan dokternya secara langsung.
  3. Tidak ingin membayar biaya berlangganan. Faktor ekonomi juga kerap menjadi alasan akun Alodokter dihapus. Mereka akhirnya lebih memilih berhenti berlangganan. Pasalnya, meski tidak melakukan konsultasi, Alodokter tetap meminta penggunanya membayar setiap bulan sesuai dengan ketentuan di awal. 

Cara hapus akun Alodokter dapat dilakukan melalui email baik untuk menghapus permanen atau berhenti berlangganan. Penghapusan akun tidak bisa dilakukan selain menggunakan email. Jadi, pastikan untuk mengikuti langkah di atas agar bisa menghapusnya secara tepat.

The post Cara Hapus Akun Alodokter Permanen, Berhenti Berlangganan, &FAQ nya appeared first on F-Tips.