Lifestyle

Cara Daftar dan Beli Crypto di Tokocrypto untuk Pemula

Cara Daftar dan Beli Crypto di Tokocrypto

BlogUnik.com – Beberapa tahun belakangan ini ada banyak orang terutama kaum milenial yang tertarik untuk terjun kedalam dunia trading cryptocurrency. Ini karena trading cryptocurrency dilihat sebagai aktivitas yang menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cepat. Apalagi trading cryptocurrency ini diketahui dapat dilakukan dengan modal yang terbatas.

Cryptocurrency sendiri adalah sebuah mata uang digital yang tidak tersedia dalam bentuk fisik layaknya koin atau uang tunai yang digunakan secara umum di seluruh dunia. Meski virtual, namun cryptocurrency mempunyai nilai yang cukup tinggi dan dapat ditukarkan dalam bentuk rupiah dan digunakan untuk keperluan transaksi jual-beli. Mata uang digital ini dapat disimpan dalam “dompet digital” yang tersedia pada smartphone atau perangkat komputer lainnya.

Lantas bagaimana caranya agar kita bisa memiliki mata uang digital tersebut? Salah satu caranya adalah dengan melakukan jual beli aset crypto di berbagai platform khusus. Salah satu platform terpopuler untuk jual beli mata uang crypto adalah adalah Tokocrypto.

Tokocrypto merupakan salah satu layanan trading crypto terbaik yang ada di Indonesia dan fitur yang ditawarkan sangat friendly untuk para pemula. Nah untuk lebih jelasnya, berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang platform Tokocrypto. Mulai dari deskripsi mengenai Tokocrypto, cara daftar hingga cara beli crypto di Tokocrypto untuk pemula. Berikut penjelasannya!

Apa itu Tokocrypto?

Cara Daftar dan Beli Crypto di Tokocrypto untuk Pemula

photo via tokocrypto.com

Tokocrypto sendiri adalah platform pertukaran mata uang crypto yang berasal dari Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2017. Platform ini hadir dalam bentuk website dan aplikasi yang bisa kamu unduh aplikasinya melalui Playstore atau Appstore secara gratis.

Tokocrypto menjadi salah satu platform yang sangat kredibel dan terpercaya untuk melakukan trading crypto karena sudah memiliki izin hukum dan terdaftar di BAPPEBTI dengan nomor 001/BAPPEBTI/CP-AK/11/2019.

Dalam Tokocrypto, mata uang yang digunakan dalam melakukan transaksi adalah rupiah yang diganti dengan istilah BIDR yang memiliki nilai stabil. Jadi jangan bingung saat kamu sudah berhasil top-up dan nominal dana berubah menjadi BIDR.

Dibanding platform trading lainnya, Tokocrypto memudahkan pengguna karena menawarkan jumlah deposit minimal yang cukup kecil yaitu sebesar Rp 50.000. Dan deposit tersebut bisa disetor melalui beberapa metode seperti Bank Virtual Account Bank Mandiri, Bank Permata, atau Gopay. Jadi sangat cocok untuk para pemula yang baru ingin belajar dunia trading cryptocurrency.

Selain itu, biaya trading di Tokocrypto juga sangat terjangkau. Dimana kamu hanya akan dikenakan biaya saat melakukan jual beli sebesar 0.1% dengan minimal transaksi untuk pair IDR/BIDR Rp 20.000 sedangkan untuk USDT sebesar 10 USDT.

Untuk penarikan dana atau withdraw di Tokocrypto pun, kamu tidak perlu menunggu hingga jutaan rupiah, karena Tokocrypto menetapkan jumlah minimum penarikan hanya sebesar Rp 500.000 dengan biaya penarikan flat sebesar Rp 5.500. Jadi kamu bisa mendapatkan uang tambahan dalam waktu yang lebih singkat.

Kelebihan lain dari Tokocrypto adalah memiliki token hybrid atau sering juga disebut toko token alias TKO. Token hybrid sendiri merupakan token yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai jenis transaksi mulai dari transaksi koin kripto, transaksi NFT, staking dan lain sebagainya.

Cara Daftar di Tokocrypto

Cara Daftar dan Beli Crypto di Tokocrypto untuk Pemula

photo via news.tokocrypto.com

Setelah mendengar sedikit deskripsi mengenai Tokocrypto, tentunya banyak yang tertarik melakukan trading crypto di platform Tokocrypto. Namun sebelum melakukan trading, pastikan kamu sudah terdaftar sebagai pengguna Tokocrypto terlebih dahulu.

Cara daftar di Tokocrypto pun cukup mudah lho! Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut agar dapat tergabung sebagai pengguna Tokocrypto.

  • Download dan install aplikasi Tokocrypto di smartphone kamu.
  • Klik menu “Buat Akun Tokocrypto” kemudian pilih opsi “Daftar”.
  • Kemudian isikan sejumlah data yang diminta seperti alamat email, kata sandi aplikasi, konfirmasi kata sandi, dan ID referensi yang bergunaka untuk mendapatkan bonus cashback nantinya.
  • Lalu checklist pada persetujuan ketentuan penggunaan.
  • Klik “Daftar”
  • Selanjutnya kamu akan dikirim email verifikasi pendaftaran akun.
  • Setelah kamu memverifikasi pendaftaran akun di email, maka proses pendaftaran akun di Tokocrypto pun selesai.

Setelah terdaftar sebagai pengguna, kamu juga perlu melanjutkan langkah selanjutnya dengan memverifikasi data KYC (know your customer) di aplikasi Tokocrypto. Langkah ini sangat penting karena apabila kamu belum memverifikasi data KYC, maka kamu belum dapat melakukan transaksi. Berikut cara melakukan verifikasi KYC di Tokocrypto.

  • Login kembali ke aplikasi Tokocrypto
  • Klik “Info Dasar”
  • Pilih “KYC tingkat satu” kemudian pilih “verifikasi sekarang”
  • Pilih kewarganegaraan kamu, misal Indonesia
  • Unggah foto identitas diri kamu berupa KTP
  • Kemudian isikan informasi diri sesuai dengan yang ada di KTP.
  • Lalu kamu akan diminta untuk mengambil foto selfie dengan dua gerakan yaitu gerakan normal dan acak.
  • Jika foto sudah sesuai, klik “selesai”.
  • Kemudian, cek email kamu untuk melihat konfirmasi dari Tokocrypto.
  • Data yang sudah kamu unggah akan diproses selama beberapa hari kerja.
  • Jika verifikasi KYC kamu telah disetujui, maka kamu baru bisa memulai setor dana pertama atau deposit di Tokocrypto.

Cara Deposit di Tokocrypto

Cara Daftar dan Beli Crypto di Tokocrypto untuk Pemula

photo via genyo.id

Setelah pendaftaran berhasil dan verifikasi sukses, maka langkah selanjutnya agar kamu bisa trading adalah dengan melakukan deposit dana ke Tokocrypto. Ada 3 layanan yang bisa kamu gunakan untuk menyetor dana ke platform ini, antara lain GOPAY, Bank Mandiri dan Bank Permata. Meskipun terbilang terbatas, pilihan ini tetap dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan setoran investasi aset kripto dengan jumlah minimal hanya dengan Rp 50.000 saja lho! Lantas bagaimana caranya? Simak langkahnya berikut ini!

  • Buka aplikasi Tokocrypto dan login ke akun kamu
  • Kemudian klik “Dompet” dan pilih option “Setoran”
  • Selanjutnya pilih “Fiat” untuk melakukan top-up menggunakan uang Rupiah.
  • Kemudian pilih layanan keuangan yang kamu gunakan, seperti GOPAY, Bank Mandiri atau Bank Permata.
  • Nantinya kamu akan diminta untuk menginput nomor Virtual Account pada akunmu
  • Masukkan juga nominal yang ingin disetor, pastikan jumlahnya sesuai sebelum klik “BENAR”
  • Ikuti prosedur yang ditampilkan aplikasi sampai kamu mendapat notifikasi bahwa transaksimu berhasil
  • Jika sudah berhasil maka kamu pun bisa mulai melakukan investasi maupun trading.

Yang perlu diperhatikan adalah, nantinya nominal dana yang kamu top-up akan berubah menjadi BIDR. Misalnya saat kamu setor Rp50.000, maka kamu akan mendapat 50.000 BIDR pada akun Tokocrypto milikmu. BIDR ini memiliki nilai yang stabil serta mengikuti nilai Rupiah.

Cara Trading di Aplikasi Tokocrypto

Cara Daftar dan Beli Crypto di Tokocrypto untuk Pemula

photo via news.tokocrypto.com

Jika kamu sudah melakukan top-up atau jual beli di Tokocrypto, maka kamupun sudah bisa melakukan trading untuk mengumpulkan koin crypto kamu. Bagi kamu yang pemula, berikut langkah-langkah melakukan trading di Tokocrypto yang bisa kamu ikuti!

  1. Pertama-tama, buka menu “Pasar” di Aplikasi Tokocrypto.
  2. Kemudian pilih pairing untuk ditrading seperti BIDR, USDT, BUSD, USDC, DAI. Jika kamu memilih BIDR, kamu dapat langsung melakukan transaksi beli dan jual. Sedangkan untuk keempat lainnya, kamu perlu konversi terlebih dahulu ke BIDR.
  3. Langkah berikutnya adalah dengan memilih koin yang ingin kamu trading. Misalnya koin ADA (Cardano)
  4. Setelah memilih koin tersebut, pairing dengan yang sudah kamu pilih. Misalnya saja jika kamu memilih koin ADA maka pairing dengan BIDR (ADA/BIDR). Jadi kamu melakukan pairing antara koin ADA dengan BIDR.
  5. Setelah melakukan pairing, akan muncul sebuah grafik. Tugas kamu adalah untuk melakukan analisa sederhana tentang harga pasar dengan melihat grafik yang ditampilkan. Analisa ini diperlukan karena berpengaruh pada keuntungan. Supaya analisa berjalan maksimal, kamu juga perlu menggunakan indikator yang telah disediakan.
  6. Setelah mendapatkan hasil analisa, pilih “Timeframe” yang kamu yakini untuk melakukan order pembelian.
  7. Setelah itu klik “Beli”.
  8. Dengan begitu transaksi cryptocurrency kamu telah selesai. Jika kamu berhasil melakukan aktivitas trading dan mendapatkan keuntungan, maka kamu akan dapat melakukan penarikan dana atau withdraw ke rekening dengan memperhitungkan jumlah minimal penarikan.

2 Jenis Order yang Penting Kamu Pahami Sebelum Melakukan Trading di Tokocrypto

Cara Daftar dan Beli Crypto di Tokocrypto untuk Pemula

photo via support.tokocrypto.com

Dalam melakukan trading, ada 2 macam order di menu “pembelian” yang dapat kamu pilih yaitu Batasan Limit (Limit Order) dan Order Pasar (Market Order). Yuk pahami kedua macam jenis order tersebut agar trading menjadi lebih lancar!

1. Order dengan Batasan Order (Limit Order)

Yang pertama ada Limit Order atau order dengan batasan order. Limit order adalah menentukan harga tertentu untuk dijadikan sebagai harga jual dari aset yang kamu miliki, sehingga kamu tidak perlu menentukan harga pembelian yang cocok lagi.

Contohnya, koin ADA/BIDR saat ini harganya 40.000, kemudian dari analisa yang kamu dapatkan, harga ADA/BIDR akan menyentuh ke harga 50.000. Maka dari itu, kamu dapat memberikan harga di kolom penjualan sebesar 50.000, lalu masukkan ADA yang ingin kamu jual bisa menggunakan persentase atau manual dengan mengisi kolom “jumlah ADA”.

Setelah itu, kamu bisa langsung mengklik tombol “Jual” sehingga order penjualan kamu akan otomatis masuk ke order book. Jika harga mencapai pada harga yang sudah kamu tentukan tadi yaitu 50.000, maka order penjualan kamu akan otomatis tereksekusi.

2. Order dengan Order Pasar (Market Order)

Jenis order yang kedua adalah Market Order atau order dengan order pasar. Jenis order ini sifatnya instan. Dimana order penjualan akan mengambil penjualan yang ada di order book sehingga kamu tidak perlu menentukan harga tertentu untuk menjual aset.

Itu dia gambaran singkat mengenai Tokocyrpto, mulai dari deskripsi Tokocyrpto, cara daftar, beli hingga cara trading di Tokocyrpto. Semoga penjelasan singkat diatas sedikit bisa membantu para pemula dalam menjajal dunia cryptocurrency. Salam sukses!

The post Cara Daftar dan Beli Crypto di Tokocrypto untuk Pemula appeared first on Blog Unik.