Lifestyle

Cara Cepat Mengatasi Alergi Obat yang Sedang Kambuh

googleberita

Gejala alergi obat umumnya menyebabkan Anda mengalami sesak napas, gatal-gatal, mata merah berair, dan pembengkakan (angioedema) di bibir, kaki, dan tangan. Jangan biarkan gejala alergi sampai mengganggu aktivitas harian Anda. Yuk, ketahui cara cepat untuk mengatasi alergi obat yang kambuh sekaligus perawatan kondisinya.

Cara mengobati alergi obat yang kambuh

Reaksi alergi tidak boleh disepelekan. Jika terlambat diatasi atau bahkan tidak mendapatkan perawatan yang tepat, alergi obat dapat menyebabkan syok anafilaksis yang mengancam nyawa.

1. Hentikan minum obatnya

Reaksi alergi umumnya muncul dalam beberapa menit hingga jam setelah Anda minum obat pemicu. Jenis obat yang paling sering menyebabkan reaksi alergi adalah:

  • Obat antibiotik seperti penisilin dan amoxicillin
  • Obat pereda rasa nyeri seperti aspirin dan ibuprofen 
  • Obat kemoterapi
  • Obat radang sendi atau rematik.

Jika Anda mulai merasakan gejala alergi setelah minum obat, seperti sesak napas dan gatal-gatal, langsung hentikan konsumsi obat. Jangan memaksakan untuk minum dosis selanjutnya pada waktu berikutnya.

Catat obat-obatan apa yang Anda minum dan kapan gejala alergi mulai muncul. Setelahnya, pergilah ke dokter atau apoteker untuk berkonsultasi mencari tahu obat mana yang memicu reaksi tersebut. Anda juga bisa meminta ganti jenis obatnya agar ke depannya Anda tidak lagi menggunakan obat tersebut.

Apabila obat yang menyebabkan alergi didapat dari resep dokter, juga minta ganti ke obat jenis lain. Simpan catatan daftar obat sebagai cara mengatasi alergi yang kambuh saat Anda sedang bepergian. Ini bisa membantu petugas medis atau orang lain tidak salah memberikan obat terhadap kondisi kesehatan Anda lainnya. 

2. Minum obat alergi

Begitu gejala alergi muncul, hentikan minum obat yang memicunya dan langsung konsumsi obat pereda alergi. Perawatan ini penting sebagai cara cepat mengobati gejala-gejala alergi obat yang Anda alami. Minum obat juga bisa mencegah kemunculan reaksi alergi yang parah muncul.

Jenis obat alergi yang paling umum adalah adalah antihistamin (diphenhydramine, chlorpheniramine, cetirizine, loratadine). Antihistamin dan kortikosteroid tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, obat sirup, hingga semprotan hidung dan tetes mata. Obat ini berguna untuk meredakan gejala ringan seperti ruam, gatal-gatal, bersin dan hidung berair, hingga mata merah.

Jika reaksi alergi membuat Anda sesak napas dan batuk-batuk, obat bronkodilator seperti albuterol dapat digunakan.

3. Oles krim hidrokortison (steroid) untuk meredakan gatal

Di samping minum obat, Anda juga bisa mengoleskan krim hidrokortison yang mengandung steroid sebagai perawatan gatal-gatal saat alergi. Umumnya Anda akan diberikan krim dengan dosis steroid standar.

Jangan sungkan untuk bertanya dan minta panduan jelas cara pakai dan dosis obat steroid pada dokter atau apoteker. Anda juga tidak disarankan menggunakan krim steroid terlalu sering, terlalu banyak, dan dalam jangka waktu panjang karena dapat menyebabkan efek samping, seperti stretch mark

4. Suntik epinefrin

Suntikan epinefrin dapat diberikan sebagai cara mengobati alergi obat parah yang disebut sebagai syok anafilaksis. Suntikan ini berisi cairan obat yang akan disuntikkan di bawah kulit atau ke dalam otot.

Anda harus menyuntikkan epinefrin segera setelah Anda mencurigai mengalami reaksi alergi yang serius. Tanda-tanda reaksi alergi yang serius termasuk pingsan, detak jantung melemah, sesak napas, gatal-gatal parah, pembengkakan dan kemerahan pada kulit.

Gunakan perawatan alergi darurat ini persis seperti yang diarahkan oleh dokter atau apoteker. Jangan menyuntik lebih sering atau menyuntikkan lebih atau kurang dari yang ditentukan oleh dokter.

5. CPR

Jika Anda melihat seseorang yang mengalami anafilaksis tidak bisa bernapas, tidak sadarkan diri, tidak bisa bergerak, atau tidak responsif, sementara menunggu datangnya ambulans segera lakukanlah CPR (Cardiopulmonary resuscitation).

Perawatan alergi obat di rumah

Selain menggunakan obat, penting juga melakukan berbagai perawatan dampingan di rumah untuk mempercpat kesembuhan alergi. Berikt beberapa hal sederhana yang bisa Anda coba:

1. Mandi air hangat 

Mandi air hangat adalah salah satu perawatan rumahan untuk mengatasi gatal di badan karena alergi obat. Selain itu, mandi pakai air hangat mungkin juga dapat meredakan pembengkakan di tubuh akibat reaksi alergi obat. 

Ingat, air yang digunakan adalah air hangat, bukan panas. Air panas dapat menghilangkan kelembaban di kulit dan memperparah gatal yang Anda alami.

2. Oleskan losion calamine

Calamine adalah obat losion yang bisa digunakan dalam perawatan gatal karena alergi obat . Ketika dioleskan ke bentol atau ruam gatal, obat ini memunculkan sensasi dingin yang bisa menenangkan peradangan di kulit Anda. 

Sebelum pakai obat ini, cuci tangan dan bagian kulit yang gatal dengan air dan sabun. Setelahnya, oleskan losion sesuai dosis yang tertera di kemasan. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit dari yang dianjurkan. 

Anda juga dapat meneteskan losion calamine ke bola kapas sebagai cara mengatasi alergi obat.

3. Kompres es ke kulit yang gatal

American Academy of Dermatology menyarankan Anda untuk menempelkan kompres es ke bagian kulit yang bengkak atau terasa gatal sebagai cara mengatasi alergi obat yang kambuh.

Perawatan alergi obat ini dapat Anda lakukan dengan menempelkan botol berisi air dingin dan es yang dibalut handuk tipis ke kulit, atau merendam waslap bersih ke air dingin dan langsung ditempelkan ke kulit. Anda juga bisa memasukkan beberapa bongkah es batu ke dalam plastik dan balut plastik tersebut dengan handuk tipis. Kompres daerah yang terkena selama 5-10 menit hingga rasa gatal mereda. 

4. Oles pelembap dingin

Selain pakai kantong es batu, Anda juga bisa mengoleskan pelembab kulit yang biasa dipakai sehari-hari setelah didinginkan lebih dulu di lemari es. Oleskan pelembap dingin ke kulit yang gatal sebagai cara perawatan gatal karena alergi obat.

The post Cara Cepat Mengatasi Alergi Obat yang Sedang Kambuh appeared first on Hello Sehat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of