Ekonomi

Cara Cek Saldo BPJS Online

5 Cara Cek Saldo BPJS Online, Mudah dan Enggak Perlu Antre

BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) merupakan Badan Hukum Publik yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. BPJS memiliki tugas untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan dan tenaga kerja nasional bagi seluruh rakyat Indonesia.

BPJS Kesehatan sebelumnya bernama Askes (Asuransi Kesehatan) bersama BPJS Ketenagakerjaan (dahulu bernama Jamsostek) merupakan program pemerintah dalam kesatuan jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diresmikan pada tanggal 31 Desember 2013.

Untuk BPJS Kesehatan mulai beroperasi sejak tanggal 1 Januari 2014, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan mulai beroperasi sejak 1 Juli 2014.

Sesuai pasal 14 UU BPJS setiap warga negara Indonesia dan warga asing yang sudah bekerja di Indonesia selama minimal enam bulan wajib menjadi anggota BPJS serta setiap perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya sebagai anggota BPJS.

Bagi kamu yang sudah mendaftar atau memiliki kartu BPJS ada kalanya kamu harus sesekali untuk melihat jumlah saldo yang kamu miliki pada BPJS. Saat ini ada banyak cara cek saldo BPJS yang bisa kamu gunakan baik offline ataupun online.

Nah, bagi kamu yang belum tau cara cek saldo BPJS online, berikut rangkuman cara cek saldo BPJS online yang mudah dan gampang, senin (4/3/2019).

1. Halaman resmi atau Website BPJS
Cara cek saldo BPJS Online yang pertama yakni lewat website resmi BPJS. Cara cek saldo BPJS online ini adalah merupakan salah satu cara terpraktis, karena kamu dapat melakukannya kapan saja dan dimana saja.

kamu cukup memiliki akses internet maka pengecekan saldo-pun dapat dilakukan.

Berikut langkah pengecekan saldo BPJS secara Online:

a. Kamu harus mendaftar terlebih dahulu dengan cara kunjungi ke www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan https://bpjs-kesehatan.go.id/kemudian daftar dan isi formulir. Siapkanlah kartu BPJS Ketenagakerjaan atau Nomor KPJ kamu, lalu isi form secara lengkap dan klik Submit Data. Kemudian Anda akan menerima SMS/Email kode aktivasi.

b. Aktivasi Akun. Setelah menerima kode aktivasi maka masukan kode tersebut di halaman berikutnya, lalu pilih Submit. Kemudian kamu akan menerima email untuk konfirmasi aktivasi akun.

c. Login akun BPJS. Setelah akun Anda aktif, maka Anda dapat mengunjungi laman resmi dan Login dengan email dan PIN kamu. Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan atau kesehatan Online. kemudian kamu dapat memilih pilihan Cek Saldo. Pilih KPJ BPJS, lalu klik SUMBIT. Maka jumlah saldo Jami kamu akan ditunjukan. Jika kamu membutuhkan informasi lainnya kamu dapat memilih menu lainnya seperti e-klaim dan simulasi.

2. Aplikasi BPJSTK Mobile

Dengan makin banyaknya orang yang memiliki smartphone, saat ini BPJS Ketenagakerjaan juga hadir dalam bentuk aplikasi. Dengan demikian, kamu cukup mengunduh / download aplikasinya lewat Google Play, App Store, dan BlackBerry World. Aplikasi tersebut bernama BPJSTK Mobile. Berikut penjelasan langkah cek saldo dengan aplikasi BPJSTK:

a. Download dan install aplikasi BPJSTK Mobile di Google Play, App Store.

b. Setelah di download maka kamu dapat membuat akun BPJS kamu di aplikasi tersebut terlebih dahulu.

c. Kemudian Login ke akun BPJS dengan email dan PIN kamu.

d. Lalu kamu cukup memilih fitur Saldo JHT, lalu Cek Saldo JHT. Informasi yang diinginkan akan muncul di layar ponsel kamu.

3. Melalui ATM

Kamu bisa melihat Saldo BPJS melalui ATM, salah satunya adalah ATM BNI, Bank BNI telah bekerja sama dengan pihak BPJS untuk memberikan layanan cek saldo BPJS melalui ATM BNI. Akan tetapi layanan di ATM BNI ini hanya khusus untuk mengecek saldo, tidak dapat untuk melakukan pencairan saldo tersebut.

kamu cukup memilih pilihan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang tersedia, maka kemudian mesin ATM akan menunjukan jumlah yang kamu miliki. Cara ini merupakan cara cukup praktis bagi nasabah BNI, tetapi tidak untuk masyarakat umum yang bukan nasabah BNI.

4. Lewat SMS

Kamu juga bisa cek saldo BPJS melalui SMS. kamu bisa melakukannya cukup dengan mengirimkan pesan singkat saja. Untuk mengecek saldo melalui SMS, pertama -tama kamu harus registrasi terlebih dahulu. Caranya adalah :

a. Ketik: REG#No.BPJS Ketenagakerjaan atau kesehatan #Tanggal Lahir#Nama Ibu Kandung kemudian kirim ke 08111009696

b. Kemudian kamu akan mendapatkan balasan SMS berisi nomor ID.

c. Lalu untuk mengecek saldo kamu dapat kirim SMS lagi dengan format ketik : SALDO#No.ID lalu kirim ke 08111009696

d. Setelah itu kamu menerima balasan SMS berisi saldo.

5. Datang langsung Kantor BPJS

Merupakan cara cek saldo BPJS yang paling standart yang biasa dilakukan jika kamu tidak dapat menggunakan cara lain seperti yang diatas. Kamu bisa melakukannya dengan cara ini yaitu langsung mengunjungi kantor BPJS, kamu bisa langsung menunjukkan kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Kemudian petugas akan memberitahu jumlah saldo dan dapat mengeprint slip saldo BPJS. Kekurangan dari cara manual ini adalah lamanya antrian dan ketidakpraktisan untuk pergi ke kantor BPJS.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of