Lifestyle

20 Candi Yang Ada di Indonesia Dan Wajib Kamu Ketahui

Candi Yang Ada Di Indonesia

Indonesia memiliki sejarah yang sangat banyak dan memiliki peninggalan-peninggalan bersejarah seperti Candi. Jika berbicara tentang Candi tentunya yang teringat adalah Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Candi ini memang sudah sangat populer hampir ke seluruh penjuru dunia karena kemegahannya. Selain itu, ternyata masih banyak lagi Candi-Candi yang ada di Indonesia. Candi apa saja itu? Berikut ini Candi yang ada di Indonesia

1. Candi Cangkuang – Garut, Jawa Barat

Candi Yang Ada Di Indonesia - Candi Cangkuang

Photo via missrisna.com

Candi Cangkuang adalah salah satu Candi yang ada di Indonesia, Candi ini juga pertama kali ditemukan di Tatar Sunda serta merupakan satu-satunya Candi Hindu di Tatar Sunda. Candi ini bersebelahan dengan makam Embah Dalem Arief Muhammad, sebuah makam kuno pemuka agama Islam yang dipercaya sebagai leluhur penduduk Desa Cangkuang. Nama dari Candi ini diambil dari nama desa tempat Candi ini berada. Selain itu, Candi Cangkuang ini terdapat di sebuah pulau kecil yang bentuknya memanjang dari barat ke timur dengan luas 16,5 ha. Pulau kecil ini terdapat di tengah danau Cangkuang. Bangunan Candi Cangkuang yang sekarang merupakan hasil dari pemugaran yang diresmikan pada tahun 1978, bangunan asli Candi ini hanya sekitar 40 persen. Sehingga bentuk asli Candi Cangkuang ini tidak diketahui.

Lokasi : Jalan Darajat Leuwigoong, Cangkuang, Kec. Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat

2. Candi Cetho – Karanganyar, Jawa Tengah

Candi Yang Ada Di Indonesia - Candi Cetho

Photo via pijatkoo.blogspot.com

Candi ini bercorak agama Hindu yang diduga dibangun pada masa-masa akhir era Majapahit. Candi ini berada di lereng Gunung Lawu pada ketinggian 1496 m diatas permukaan laut. Kompleks Candi ini digunakan oleh penduduk setempat dan juga peziarah yang beragama Hindu sebagai tempat pemujaan, selain itu Candi ini juga merupakan tempat pertapaan bagi kalangan penganut kepercayaan asli Jawa atau Kejawen.

Lokasi : Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar., Jawa Tengah

3. Candi Dieng – Wonosobo, Jawa Tengah

Candi Yang Ada Di Indonesia - Candi Dieng

Photo via berbol.co.id

Candi Dieng adalah salah satu Candi yang ada di Indonesia dimana Candi Hindu abad ke-7 ini terletak di Dataran Tinggi Dieng. Dataran tinggi ini adalah tempat berdirinya delapan Candi Hindu kecil yang merupakan salah satu bangunan keagamaan tertua yang masih bertahan yang pernah dibangun di Jawa. Nama sebenarnya dari Candi ini, sejarah dan raja yang bertanggung jawab atas pembangunan Candi-candi ini tidak diketahui. Hal ini dikarenakan kelangkaan data dan prasasti yang terkait dengan pembangunan Candi-candi ini. Para penduduk Jawa lokal pun menamai setiap Candi sesuai dengan tokoh Wayang Jawa yang kebanyakan diambil dari epos Mahabharata.

Lokasi : Dieng Kulon, Kecamatan Banjarnegara, Jawa Tengah

4. Candi Gedong Songo – Semarang, Jawa Tengah

Candi Yang Ada Di Indonesia - Candi Gedong Songo

Photo via jejakpiknik.com

Candi Gedong Songo adalah nama sebuah kompleks bangunan Candi peninggalan Hindu yang terletak di lereng Gunung Ungaran. Di kompleks Candi ini terdapat sembilan buah Candi yang memiliki pemandangan alam yang indah. Selain itu, objek wisata ini juga dilengkapi dengan pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang, area perkemahan dan wisata berkuda.

Lokasi : Dusun Darum, Krajan, Candi, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

5. Candi Gunung Sari – Magelang, Jawa Tengah

Candi Yang Ada Di Indonesia - Candi Gunung Sari

Photo via sejarahlengkap.com

Candi Gunung Sari adalah salah satu Candi yang ada di Indonesia, Candi Hindu Siwa ini berada di puncak Bukit Sari yang tidak jauh dari Candi Gunung Wukir. Candi Gunung Sari ini diduga merupakan peninggalan abad ke-6 hingga ke-8 yang membuatnya menjadi Candi tertua di tanah Jawa, lebih tua dari Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Lokasi : Dusun Gunungsari, Desa Gulon, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah

6. Candi Gunung Wukir – Magelang, Jawa Tengah

Candi Yang Ada Di Indonesia - Candi Gunung Wukir

Photo via wikiwand.com

Candi ini berada di atas Bukit Wukir yang oleh masyarakat sekitar disebutGunung Wukir. Candi ini merupakan Candi tertua yang dapat dihubungkan dengan angka tahun. Berdasarkan prasasti Canggal yang ditemukan pada tahun 1879 di reruntuhan, Candi ini didirikan pada saat pemerintahan Raja Sanjaya dari zaman Kerajaan Mataram Kuno yaitu pada tahun 732 M. Bangunan Candi ini terbuat dari jenis batu andesit setidaknya terdiri dari satu Candi induk dan tiga Candi Perwara. Di kompleks Candi ini tak hanya ada prasasti saja namun juga lingga yoni dan arca lembu (Nandi).

Lokasi : Dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

7. Candi Jago – Malang, Jawa Timur

Candi Yang Ada Di Indonesia - Candi Jago

Photo via pegipegi.com

Menurut kitab Negarakertagama nama Candi Jago sebenarnya berasal dari kata “Jajaghu” yang didirikan pada masa Kerajaan Singhasari pada abad ke-13. Jajaghu sendiri artinya adalah “Keagungan”. Candi ini cukup unik karena bagian atasnya hanya tersisa sebagian dan menurut cerita setempat karena tersambar petir. Di Candi ini terdapat relief-relief Kunjarakarna dan Pancatantra dan seluruh bangunan Candi ini tersusun atas bahan batu andesit.

Lokasi : Dusun Jago, Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

8. Candi Prambanan – Sleman, Yogyakarta

Candi Yang Ada Di Indonesia - Candi Prambanan

Photo via klook.com

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah kompleks Candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti yaitu Dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai Dewa pencipta, Wisnu sebagai Dewa pemelihara dan Siwa sebagai Dewa pelebur. Candi ini termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, Candi Hindu terbesar di Indonesia sekaligus salah satu Candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan Candi Siwa sebagai Candi Utama yang memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengaj kompleks gugusan Candi-Candi yang lebih kecil. Menurut prasasti Siwagrha, Candi ini mulai dibangun pada tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan dan terus dikembangkan dan diperluas oleh Balitung Maha Sambu pada masa Kerajaan Medang Mataram.

Lokasi : Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

9. Candi Penataran – Blitar, Jawa Timur

Candi Yang Ada Di Indonesia - Candi Penataran

Photo via kumparan.com

Candi Penataran adalah salah satu Candi yang ada di Indonesia, dimana Candi ini termegah dan terluas di Jawa Timur yang terletak di lereng barat daya Gunung Kelud. Dari prasasti yang tersimpan di bagian Candi, diperkirakan Candi ini dibangun pada masa Raja Srengga dari Kerajaan Kediri sekitar tahun 1200 Masehi dan berlanjut digunakan sampai masa pemerintahan Wikramawardhana, Raja Majapahit sekitar tahun 1415. Pada kitab Desawarnana atau Nagarakertagama yang ditulis pada tahun 1365, Candi ini disebut sebagai bangunan suci “Palah” yang dikunjungi Raja Hayam Wuruk dalam perjalanan kerajaan bertamasya berkeliling Jawa Timur.

Lokasi : Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

10. Candi Sukuh – Karanganyar, Jawa Tengah

Candi Yang Ada Di Indonesia - Candi Sukuh

Photo via tribunnewswiki.com

Candi Sukuh adalah sebuah kompleks Candi Hindu yang ada di Indonesia. Candi ini memiliki bentuk yang kurang lazim karena penggambaran alat-alat kelamin manusia secara eksplisit pada beberapa figurnya. Bangunan Candi Sukuh ini memberikan kesan keserhanaan yang mencolok pada para pengunjung. Kesan yang didapatkan dari Candi ini sungguh berbeda dengan Candi-candi besar di Jawa Tengah lainnya. Bentuk bangunan Candi Sukuh cenderung mirip dengan peninggalan budaya Maya di Meskiko atau peninggalan budaya Inca di Peru.

Lokasi : Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

11. Candi Borobudur – Magelang, Jawa Tengah

Candi Yang Ada Di Indonesia - Candi Borobudur

Photo via lonelyplanet.com

Candi Borobudur adalah salah satu Candi yang ada di Indonesia, dimana Candi ini berbentuk stupa yang didirikan oleh para penganut agama Budha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Candi Borobudur ini menjadi Candi Budha terbesar di dunia dan salah satu monumen Budha terbesar di dunia. Candi ini terdiri dari enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Budha. Candi Borobudur ini memiliki koleksi relief Budha terlengkap dan terbanyak di dunia.

Lokasi : Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

12. Candi Brahu – Mojokerto, Jawa Timur

Candi Yang Ada Di Indonesia - Candi Brahu

Photo via konfirmasitimes.com

Candi satu ini terletak di dalam kawasan situs arkeologi Trowulan, bekas ibu kota Majapahit. Nama Candi ini yaitu “Brahu” yang diduga berasal dari kata wanaru atau warahu. Nama ini didapat dari sebutan sebuah bangunan suci yang disebut dalam Prasasti Alasantan. Candi Brahu ini dibangun dengan batu bata merah menghadao ke arah barat dan berukuran panjang sekitar 22,5 m dengan lebar 18 m dan berketinggian 20 meter.

Lokasi : Jl. Candi Brahu No.73, Siti Inggil, Bejijong, Kec. Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur

13. Candi Banyunibo – Sleman, Yogyakarta

Candi Yang Ada Di Indonesia - Candi Banyunibo

Photo via raskitatrans.com

Candi Banyunibo ini berada tidak jauh dari Candi Ratu Boko, Candi ini dibangun sekitar abad ke-9 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Pada bagian atas Candi ini terdapat sebuah stupa yang merupakan ciri khas agama Budha. Candi ini termasuk bangunan suci Budha yang cukup kaya akan hiasan, hampir setiap bagian Candi diisi dengan berbagai macam hiasan dan relief.

Lokasi : Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Cepit, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Jogjakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

14. Candi Bahal – Padang Lawas, Sumatera Utara

Candi Yang Ada Di Indonesia - Candi Bahal

Photo via buddhazine.com

Candi Bahal adalah kompleks Candi Budha aliran Vajrayana, Candi ini terbuat dari bahan batu bata merah dan diduga berasal dari abad ke-11. Candi ini memiliki tiga bangunan kuno yaitu Biaro Bahal I, II dan III. Bangunan Candi ini saling berhubungan dan terdiri dalam satu garis yang lurus.

Lokasi : Desa Bahal, Padang Bolak, Sibatu Loting, Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara

15. Candi Jabung – Probolinggo, Jawa Timur

Candi Yang Ada Di Indonesia - Candi Jabung

Photo via fakta.news

Candi Jabung adalah salah satu Candi yang ada di Indonesia, Candi Hindu ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Struktur bangunan Candi ini hanya dari bata merah yang mampu bertahan ratusan tahun. Arsitektur bangunan Candi ini hampir sama dengan Candi Bahal yang ada di Bahal, Sumatra Utara. Candi Jabung ini berdiri di sebidang tanah berukuran 35 meter x 40 meter, pemugaran secara fisik pada tahun 1983 – 1987. Penataan lingkungan luasnya bertambah 20,042 meter persegi dan terletak pada ketinggian 8 meter di atas permukaan air laut. Candi ini terdiri dari dua bangunan utama yang terdiri dari satu bangunan besar dan satu bangunan kecil yang biasa disebut Candi Sudut.

Lokasi : Dusun Candi, Jabung Candi, Kec. Paiton, Probolinggo, Jawa Timur

16. Candi Kalasan – Slema, Yogyakarta

Candi Yang Ada Di Indonesia - Candi Kalasan

Photo via saintd.co

Candi Kalasan adalah sebuah bangunan Cagar Budaya yang dikategorikan sebagai Candi Budha. Candi ini memiliki 52 stupa dan berada di sisi selatan jalan raya antara Yogyakarta dan Solo. Pada awalnya hanya Candi Kalasan ini yang ditemukan pada kawasan situs ini, namun setelah digali lebih dalam ditemukan lebih banyak lagi bangunan-bangunan pendukung di sekitar Candi ini. Selain Candi Kalasan dan bangunan-bangunan pendukung lainnya ada juga tiga buah Candi kecil di luar bangunan Candi Utama berupa stupa.

Lokasi : Jl. Raya Yogya – Solo, Suryatmajan, Danurejan, Daerah Istimewa Yogyakarta

17. Candi Mendut – Magelang, Jawa Tengah

Candi Yang Ada Di Indonesia - Candi Mendut

Photo via rentalmobiljogja.id

Candi Mendut adalah Candi bercorak Budha yang didirikan semasa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra. Bahan bangunan Candi ini sebenarnya adalah batu bata yang ditutupi dengan batu alam. Bangunan ini terletak pada sebuah basement yang tinggi sehingga tampak lebih anggun dan kokoh. Tangga naik dan pintu masuk menghadap ke barat daya. Di atas basement terdapat lorong yang mengelilingi tubuh Candi, atapnya bertingkat tiga dan dihiasi dengan stupa-stupa kecil berjumlah 48 buah.

Lokasi : Jl. Mayor Kusen, Sumberrejo, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah

18. Candi Muara Takus – Kampar, Riau

Candi Yang Ada Di Indonesia - Candi Muara Takus

Photo via gagasanriau.com

Candi Muara Takus adalah salah satu Candi yang ada di Indonesia, Candi ini dikelilingi dengan tembok berukuran 74 x 74 meter yang terbuat dari batu putih dengan tinggi tembok sekitar 80 cm. Di luar areanya juga terdapat tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer. Di dalam kompleks ini terdapat beberapa bangunan Candi yang disebut dengan Candi Sulung/Tua, Candi Bungsi, Mahligai Stupa dan Palangka. Pada tahun 2009, Candi Muara Takus dicalonkan untuk menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Lokasi : Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Riau

19. Candi Pawon – Magelang, Jawa Tengah

Candi Yang Ada Di Indonesia - Candi Pawon

Photo via saintd.co

Candi Pawon adalah sebuah Candi yang berada dianatar Candi Mendut dan Candi Borobudur. Di dalam bilik Canci ini sudah tidak ditemukan lagi arca sehingga sulit mengidentifikasikannya lebih jauh. Hal yang menarik dari Candi Pawon ini adalah ragam hiasnya. Dinding-dinding luar candi dihias dengan relief pohon hayati (kalpataru) yang diapit pundi-pundi dan kinara-kinari.

Lokasi : Brojonalan, Dusun 1, Wanurejo, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

20. Candi Sewu – Sleman, Yogyakarta

Candi Yang Ada Di Indonesia - Candi Sewu

Photo via pegipegi.com

Candi Sewu adalah Candi Budha yang dibangun pada abad ke-8, Candi Sewu ini menjadi kompleks Candi Budha terbesar kedua setelah Candi Borobudur. Candi ini berusia lebih tua daripada Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Meskipun aslinya memiliki 249 Candi oleh masyarakat setempat Candi ini dinamakan Sewu yang berarti seribu dalam bahasa Jawa. Penamaan ini berdasarkan kisah legenda Loro Jonggrang.

Lokasi : Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.KM.16, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

 

Itulah beberapa Candi yang ada di Indonesia yang wajib kamu kunjungi jika sedang belibur. Tak ada salahnya kamu berpetualang melihat-lihat Candi-Candi yang ada di Indonesia yang bercorak Hindu dan Budha ini. Selain kamu bisa menikmati pemandangan yang indah, kamu juga dapat menambah pengetahuan.

The post 20 Candi Yang Ada di Indonesia Dan Wajib Kamu Ketahui appeared first on Blog Unik.