Politik

Cak Machfud Libatkan Pakar untuk Wujudkan Pembangunan yang Adil

googleberita


Surabaya (beritajatim.com) – Calon Wali Kota Surabaya Mahfud Arifin menunjukkan keseriusannya untuk membangun Kota Pahlawan. Machfud Arifin menggandeng sejumlah akademisi dari berbagai universitas untuk bersama-sama menyusun rancangan pembangunan Kota Surabaya.

Salah satunya Machfud Arifin menggandeng pakar dari arsitektur dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Dia melakukan diskusi untuk mematangkan konsep pembangunan yang ramah lingkungan dan ramah terhadap warga. Cak Machfud menyiapkan konsep perairan, infrastruktur, penataan kota, hingga revitalisasi pasar untuk menghidupkan kembali distrik bisnis di kota kelahirannya.

Pakar Arsitektur ITS Dr. Ing. Bambang Soemardiono mengatakan, Machfud memiliki konsep pembangunan yang tidak hanya bertumpu pada tata ruang yang bagus namun juga memikirkan pergerakan ekonomi untuk daerah dan masyarakat.

Baca Juga:

  • Tokoh Masyarakat Puji Gencarnya Cak Machfud Bantu Ponpes dan Panti Perangi Corona
  • Cak Machfud Apresiasi Kirab Budaya di Perayaan Sedekah Bumi
  • Senangnya Masyarakat Mendapat Makan Pagi dari Cak Machfud
  • Cak Machfud Ajak Masyarakat Teliti Terkait Berita Covid-19
  • Tokoh Masyarakat Kapas Madya Ikut Bagikan Makan Sahur dari Cak Machfud

“Apa yang kita lakukan di sini adalah membuat konsep kota masa depan yang sejalan dengan konsep city for living, working and leisure. Manusia menjadi pusat pembangunan, unsur manusia tetap dipertahankan dan melanjutkan pembangunan yang sudah ada,” tutur Bambang.

Di sisi lain, nilai-nilai pelayanan terhadap masyarakat juga tidak dilupakan agar warga Surabaya dapat hidup dengan layak. Dengan cara mengutamakan peran masyarakat dalam melakukan pembangunan serta dapat menghasilkan dampak yang positif.

Bambang mengakui Machfud Arifin sudah menyiapkan rancangan pembangunan Surabaya di masa depan. Termasuk pembangunan wilayah yang masih semrawut. Seperti penataan kampung kumuh dan wilayah yang belum tersentuh pembangunan secara komprehensif.

“Masterplan yang kuat harus ada. Untuk mewujudkannya tidak mudah memang, apalagi harus meningkatkan semua elemen seperti bangunan yang tidak terurus dan perkampungan,” kata dia.

Baca Juga:

  • Survei JTV-ITS: Elektabilitas Whisnu dan Eri Cahyadi Teratas
  • Hadiri Sedekah Bumi, Cak Machfud Disambut Kreatifitas Warga
  • Tokoh Muda di Bursa Pilwali Surabaya Dinilai Kurang Modal
  • Rekomendasi PDIP Calon Kepala Daerah Turun Bulan Januari 2020?

Lebih lanjut Bambang mengatakan, Machfud merupakan tokoh yang tepat memimpin masa depan Surabaya. Dia melihat Machfud Arifin adalah sosok yang mudah bekerja sama dengan semua kalangan. Karakter ini yang dibutuhkan untuk memajukan suatu daerah. Bukan sosok yang “One Woman Show”.

“Sosok yang dapat bekerja sama, tegas, bisa merangkul semua komunitas, tidak menentukan sendiri namun melibatkan berbagai stakeholder. Ini perlu kita dukung bersama,” tutupnya.

Sementara itu Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin mengatakan telah menyiapkan tim untuk mewujudkan pembangunan kota yang relevan. Purnawirawan jenderal bintang dua itu sangat terbuka menerima masukan masyarakat.

Baca Juga:

  • Datang 13 Menit Jelang Tengah Malam, Calon Independen Ini Ditolak KPU Jember
  • Tokoh Masyarakat Optimis Cak Machfud Mampu Bawa Surabaya Lebih Maju
  • Bareng KOMPII, Gus Hans Gelar Diskusi dengan Millenials Surabaya

“Dalam kesempatan ini kami berdiskusi untuk membangun Surabaya ke depan secara menyeluruh kita tidak bisa hanya mengandalkan satu orang saja, perlu masukan dari berbagai pihak termasuk dari teman saya yang sudah pakar di bidang arsitektur, doktor Bambang,” ucap Machfud.

Dalam membangun Surabaya, Cak Machfud menginginkan sebuah pembangunan yang menyentuh seluruh masyarakat. Sehingga berdampak positif pada kehidupan lingkungan maupun sosial. “Saya tidak ingin membangun Surabaya hanya tampilan luarnya, namun juga bagian dalamnya agar kita masyarakat Surabaya ini memiliki kebanggaan terhadap kota yang tersusun dengan rapi,” pungkasnya. [hen/suf]