Politik

Butuh Rp 1 Miliyar Perbaiki Jalan Rusak di Desa Gedangan Malang Selatan

googleberita

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Malang mengalokasikan dana sekitar Rp 1 milyar untuk memperbaiki jalan di Dusun Sumbernanas, Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan. Anggaran tersebut di karenakan struktur jalan yang rusak ditempat itu, terdapat lapisan tanah keras. Kondisi itu membuat kontur tanah tidak bisa ditembus air yang mengalir karena jalan berada diatas tumpukan tanah keras.

“Kalaupun dipaksakan untuk diperbaiki akhirnya ambles juga. Karena dimungkinkan adanya lapisan tanah keras di bawah tanah.

Sehingga tidak bisa ditembus air yang mengalir di antara tumpukan tanah keras itu,” ungkap Romdhoni, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Malang, Minggu (29/9/2019).

Pihaknya juga sudah melakukan survey langsung lokasi terkait rencana pemindahan ruas jalan yang menghubungkan Kecamatan Gedangan dan Kecamatan Gondanglegi. Pemindahan jalan, akan diagendakan tahun 2020 dengan biaya Rp 1 miliar.

Baca Juga:

  • Abrasi, Jalan Nelayan Desa Pangkah Wetan Gresik Ambles 2 Meter
  • Jalur Ponorogo-Pacitan Sudah Mulus, Siap Dilewati Pemudik
  • Warga Pangkah Wetan Gotong Royong Pasang Tanggul Jalan yang Ambles
  • Ini Jalur Alternatif Hindari Kepadatan di By Pass Mojokerto
  • Di Malang, Jalan Berlubang Bikin Pengendara Tumbang

Romdhoni melanjutkan, pihaknya juga harus berkoordinasi dengan para pemilik lahan untuk proses pembebasan. “Saya sudah survey langsung ke lokasi. Misalkan jalan yang rusak itu masih kita pertahankan akan mengundang resiko yang sangat tinggi, termasuk anggaran biayanya,” tegas Romdhoni.

Romdhoni menambahkan, kalau jalan itu dipindah, alokasi pembiayaannya jauh lebih hemat dan juga lebih nyaman. Dengan rute dari pertigaan (sebelah barat lokasi jalan rusak) lewat lapangan, sekolahan dan pemukiman warga.

“Lapangan dan sekolahan itu kan fasilitas umum,jadi kalau jalannya lewat itu, justru fungsi lapangan dan sekolahan akan tertunjang cukup baik,” pungkas Romdhoni. (yog/kun)