Politik

Bupati Sidoarjo dan Kapolresta Cek Kesiapan Posko Bencana di Porong

googleberita

Sidoarjo (beritajatim.com) – Antisipasi terjadinya banjir akibat tingginya curah hujan di wilayah Sidoarjo yang sudah diprediksi BMKG akan terjadi  pada bulan Januari hingga Februari.

Pemkab Sidoarjo melalui BPBD Sidoarjo bersama dengan Polresta Sidoarjo, Kodim 0816/Sidoarjo, SAR dan Relawan  mendirikan Posko Penampungan Pengungsi dan Dapur Umum Tanggap Bencana di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong.

Posko tersebut disiagakan untuk 4 desa, yakni Desa Candi Pari, Desa Wunut, Desa Sawahan dan Desa Pamotan. Keempat desa tersebut termasuk yang rawan banjir. Pendirian posko di tiap kecamatan dinilai penting karena penanganan bisa dilakukan lebih cepat  jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Kepala BPBD Sidoarjo Dwijo Prawito menyatakan langkah yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah rapat koordinasi dengan Bupati bersama dengan Kapolresta , Kodim 0816 dan Tim Tanggap Bencana terkait rencana pendirian posko tanggap bencana di setiap kecamatan.

Setelah terjadi puting beliung kemarin yang kita antisipasi sekarang adalah cuaca ekstrem dengan curah hujan yang sangat tinggi. “Sejak November kemarin Pak Bupati sudah mengeluarkan status siaga sampai dengan bulan maret, prediksi BMKG curah hujan sangat tinggi hampir rata di wilayah Sidoarjo akan terjadi pada bulan januari hingga februari, jadi kita antisipasi sejak awal,”  ucap Dwijo.

Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah bersama dengan Kapolresta Sidoarjo meninjau langsung lokasi penampungan dan melakukan pengecekan Tim Tanggap Bencana dan kelengkapan lain yang digunakan. Diantaranya mobil kesehatan, perahu karet, mobil ambulan dan gergaji mesin, termasuk layanan trauma healing.

“Posko ini disipakan untuk mengantisipasi jika daerah sekitar terjadi banjir, mengingat prediksi dari BMKG dalam waktu dekat curah hujan di wilayah Sidoarjo sangat tinggi, jadi kita antisipasi sejak awal,” kata H. Saiful Ilah, Senin (6/1/2020).

Baca Juga:

  • Ribuan Pencari Kerja Serbu BKT, Disnaker Sidoarjo Launching Aplikasi Gawe Online
  • Inilah Rangkaian Acara Hari Jadi Sidoarjo ke-160
  • Optimalkan Dana Desa, Dinas PMD Jatim Kumpulkan 1.000 Pendamping Desa
  • Tekan Penurunan AKI/AKB, Pemkab Sidoarjo Gandeng USAID

Dalam waktu dekat, tambah dia, Pemkab Sidoarjo akan rapat koordinasi untuk merencanakan pendirian posko di setiap kecamatan, mengingat potensi curah hujan tinggi merata di setiap wilayah Sidoarjo. “Setiap kecamatan akan didirikan posko,” terangnya.

Kapolresta Sidoarjo Zain Dwi Nugroho sudah menyiapkan anggotanya jika sewaktu waktu terjadi bencana banjir. Polisi bersama Kodim 0816, tim SAR dan BPBD Sidoarjo akan siap siaga mengevakuasi warga ke posko penampungan.

“Polri bersama TNI akan siap membantu warga jika terjadi bencana. Kita segera akan datang ke lokasi dan membantu warga dengan mengarahkan ke lokasi penampungan. Dengan melakukan pengecekan langsung lokasi dapur umum dan penampungan maupun kelengkapan yang lain ini menunjukkan kesiapan kita dan sinergitas tim tanggap bencana di Sidoarjo,” jelas Zain. (isa/ted)