Politik

Bupati Malang Beri Peringatan Tegas Kepala Desa Terkait Anggaran

googleberita

Malang (beritajatim.com) – Bupati Malang, HM Sanusi mewanti-wanti agar kepala desa di wilayahnya tak main-main dalam mengelola keuangan.

Hal itu diutarakannya seusai membuka kegiatan sosialisasi pertanggungjawaban pemanfaatan tanah kas desa yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Malang, Senin (18/11/2019).

Peringatan tegas tersebut disampaikan Sanusi pasca diamankannya Kepala Desa Ngadireso, Kecamatan Poncokusumo, Magiono dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Polres Malang belum lama ini.

Sanusi berpandangan, terjerumusnya kepala desa dalam suatu tindak pidana lebih dikarenakan akibat kebiasaan lama yang tidak bisa dihilangkan. Sanusi berpesan agar seluruh kepala desa menghilangkan kebiasaan lama yang dapat merugikan semua pihak.

Baca Juga:

  • Terima Pungli Rp 20 Juta, Kades Ngadireso Poncokusumo Malang Kena OTT

“Setiap apa yang dilakukan yang menyangkut anggaran harus tahu dan jelas aturannya. Jangan mengambil kebijakan, para kades, yang berdasarkan kebiasaan maupun kegiatan-kegiatan yang dulu, yang belum diatur,” ujar Sanusi.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga menyampaikan, setiap rupiah yang dikelola pemerintah desa harus jelas peruntukannya.

“Sekarang ini sudah ada aturannya semua, maka setiap rupiah yang dikeluarkan dari APBDes maupun dari Pemerintah Kabupaten Malang itu harus sesuai dengan aturan yang berlaku,” tegasnya.

Sanusi berharap, agar perkara yang menjerat Kepala Desa Ngadireso tidak terulang kembali. Dan para kepala desa lainnya bisa mengambil pelajaran dari perkara tersebut. (yog/ted)