Peristiwa

Buat Tes CPNS 2018, Kemendikbud Telah Siapkan Puluhan Ribu Soal

Googleberita.com, Jakarta – Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 (CPNS 2018) bakal berakhir pada Senin ini. Setelahnya, peserta yang lolos persyaratan administrasi akan menghadapi seleksi lewat bantuan komputer (Computer Assisted Test/CAT).

Dalam beberapa hari terakhir telah beredar kisi-kisi dan contoh soal CPNS yang tersedia di laman internet. Dokumen yang membahas bermacam topik ini dapat diakses lewat Google Drive.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, keluarnya kisi-kisi tes CPNS itu merupakan hal yang biasa. Namun ia memastikan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memperbaharui soal-soal tersebut. 

“Nanti soal baru dari Kemendikbud sudah ada beberapa puluh ribu soal, kemudian diacak menjadi 100 soal (untuk dikerjakan peserta),” ucap dia kepada Googleberita.com, seperti dikutip Senin (15/10/2018).

Puluhan ribu soal yang disediakan tersebut untuk tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Keduanya memiliki persediaan puluhan ribu soal.

Ridwan pun memastikan, para peserta tidak akan dapat menyontek saat melakukan tes. Sebab, peserta lain yang duduk di sebelahnya juga harus menghadapi soal yang berbeda dari puluhan ribu pertanyaan yang dipersiapkan.

Pihak kepolisian juga dilibatkan untuk menjaga proses seleksi CPNS 2018 dari aksi para calo, serta melindungi sistem dari serangan hacker jahat. Adapun hingga sehari sebelum proses pendaftaran ditutup, jumlah akun pelamar di portal SSCN sudah tembus sekitar 4,3 juta orang.

Jokowi Ibaratkan Kondisi Ekonomi Negara Maju seperti Film Game of Thrones

Buat kamu yang masih berharap bisa masuk CPNS, pemerintah akan buka pendaftaran CPNS 2018 lho. (Foto: Googleberita.com/Helmi Fithriansyah)

Jelang satu hari sebelum penutupan masa pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 atau CPNS 2018, kursi khusus untuk Atlet Berprestasi Internasional masih kosong alias belum ada peminat.

Seperti diketahui, pemerintah pada proses seleksi CPNS tahun ini membuka 6 formasi khusus di luar slot Formasi Umum. Selain Formasi Atlet Berprestasi Internasional, 5 formasi khusus lain yakni untuk penyandang disabilitas, Putra/Putri Papua, lulusan terbaik, diaspora, dan Honorer K2. 

Berdasarkan informasi Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui akun Twitter resmi @BKNgoid, seperti dikutip Senin (15/10/2018), formasi umum masih jauh mendominasi jumlah akun pelamar yakni sebanyak 4.279.758 orang. Sedangkan total pelamar yang telah selesai daftar baru mencapai 3.213.015 orang.

Adapun formasi khusus dengan angka pelamar terbanyak yaitu formasi lulusan terbaik, dengan 20.554 orang. Namun demikian, laporan BKN terkait total pelamar selesai daftar pada formasi tersebut masih ambigu, sebab secara angka terpantau lebih besar atau 20.796 orang.

Sementara Formasi Honorer K2 juga turut mendulang banyak jumlah akun pelamar sebesar 8.453 orang, dengan pelamar selesai daftar 7.989 orang.

Disusul Formasi Putra/Putri Papua 5.402 orang dan pelamar selesai daftar 2.882 orang, serta Formasi Penyandang Disabilitas dengan 2.543 orang dan pelamar selesai daftar 1.442 orang.

Di sisi lain, terdapat dua formasi yang sepi peminat hingga H-1 penutupan masa pendaftaran CPNS 2018. Antara lain Formasi Diaspora, dengan total akun pelamar 92 orang dan yang selesai mendaftar 14 orang. Sedangkan belum ada sama sekali pelamar dan pendaftar untuk Formasi Atlet Berprestasi Internasional.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of