Peristiwa

Buat Para Guru, Berikut Simulasi Kepemilikan Skutik yang Cocok dengan Gaji

googleberita

Googleberita.com, Jakarta – Hari ini (25/11/2018) kita tengah mempringati Hari Guru Nasional. Di berbagai lini masa, berbagai ucapan untuk tenaga pendidik di Tanah Air ini terus berdatangan, begitu juga dengan harapan terkait kesejahteraannya.

Untuk di Indonesia sendiri, gaji guru terlebih yang sudah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih beragam, dilihat berdasarkan golongan dan tempat tugas. Jika dirata-ratakan pendapatannya, gaji pokok guru sebesar Rp 4 juta. Itu di luar tunjangan.

Dengan gaji tersebut, sepeda motor apa yang bisa dibeli oleh para guru ini secara kredit?

Apakah dengan gaji tersebut, skutik gambot seperti Honda PCX atau Yamaha NMax, bisa mengantarkan para guru tiap harinya mengabdikan diri? Nah, bagi guru dengan rataan jumlah gaji tersebut, Googleberita.com mencoba mensimulasikan perhitungan kepemilikan skutik bongsor yang bisa dibeli tanpa membebani kebutuhan lainnya.

Berikut ini adalah perhitungan Googleberita.com:

Dana transportasi yang akan digunakan untuk cicilan dan membeli bensin adalah 30 persen dari gaji, yaitu Rp 1.200.000

Asumsi jarak tempuh pulang pergi kerja dalam sehari, yaitu 30 km.

Konsumsi bahan bakar motor diasumsikan 1 liter untuk 35 km.

Bahan bakar yang digunakan Pertamax dengan harga Rp 10.400 per liter (harga DKI Jakarta per Oktober 2018).

Uang DP 20 persen dari harga motor sudah dimiliki oleh calon pembeli.

Perhitungan ini di luar biaya servis dan biaya tidak terduga.

Skema kredit

Jarak tempuh dalam sebulan (20 hari kerja) adalah 600 km, sehingga bahan bakar yang dibutuhkan 18 liter. Artinya, dalam sebulan biaya yang dikeluarkan untuk bensin adalah Rp 187.200 Setelah dikurangi biaya bahan bakar, Anda masih memiliki dana transportasi senilai Rp 1.012.800.

Berdasarkan data tersebut, Anda bisa memiliki all new Honda PCX yang dibanderol Rp 27.000.000 on the road Jakarta. Berdasarkan simulasi kredit adira.co.id, dengan total DP 20 persen senilai Rp 5.400.000, maka angsuran per bulan selama tiga tahun adalah Rp 994.092.

Sementara itu, jika dilihat dari beberapa situs untuk kredit Yamaha NMax varian standar seharga Rp 26,3 juta dengan Dp mulai Rp 18,3 juta untuk angsuran dimulai Rp 620 ribu dengan tenor 35 bulan. Sedangkan untuk Yamaha NMax ABS dengan harga Rp 30,2 juta dengan DP Rp 20,7 juta dengan angsuran Rp 695 juta untuk tenor 35 bulan.

Tentu kalkulasi ini menjadi gambaran sebelum Anda membeli motor dengan sistem kredit. Beda pembiayaan akan memiliki kalkulasi yang berbeda. Selain itu, jika motor yang Anda inginkan memiliki harga lebih murah dibanding Honda PCX, maka biaya yang perlu Anda siapkan setiap bulannya akan semakin rendah dibanding perhitungan ini.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of