Lifestyle

Bolehkah Menggabungkan ASI Perah Segar dengan ASI dari Kulkas?

googleberita

Bagi ibu pekerja, menyimpan ASI perah dapat menjadi cara untuk tetap bisa memberi asupan ASI secara penuh kepada bayi. Terdapat hal-hal yang mesti diperhatikan dalam penyimpanan ASI perah agar nutrisinya tak terkontaminasi. Seperti aturan menggabungkan ASI perah segar dengan ASI yang telah lebih dulu di simpan.

Namun, apakah benar mencampurkan ASI begitu saja cukup aman? Ketahui jawabannya dalam ulasan artikel berikut ini!

Bolehkan menggabungkan ASI perah segar dengan yang lama?

Asi memiliki nutrisi terlengkap sehingga perannya sulit digantikan oleh susu formula. Dalam beberapa kondisi memang Anda diharuskan untuk menyimpan ASI. Bahkan menyimpan ASI di dalam botol yang telah disterilisasi sekarang ini menjadi solusi bagi Anda yang tidak bisa menyusui bayi secara langsung. ASI yang disimpan dapat menjadi persediaan untuk si kecil ketika Anda bekerja nantinya.

Sebenarnya Anda boleh-boleh saja menggabungkan ASI perah dalam waktu yang berbeda. Akan tetapi, tidak semua ASI dapat langsung dicampurkan ke ASI yang telah diperah sebelumnya. Namun, Anda perlu mengetahui waktu kedaluwarsa setiap ASI yang telah Anda produksi sebelumnya.

Mengetahui masa kedaluwarsa asi

ASI perah yang baru dapat disimpan di dalam suhu ruangan 25 derajat Celcius dan bisa bertahan hingga 4 jam. Sedangkan ASI perah yang dicairkan dapat bertahan pada suhu ruang sekitar 1-2 jam. ASI perah yang tidak habis dalam sekali minum hanya dapat disimpan 2 jam.

ASI perah yang disimpan di dalam lemari es (4 derajat Celcius) memang aman untuk dikonsumsi hingga 4 hari kedepan. Namun ada juga lemari es yang memiliki fitur lebih canggih, sehingga suhu di dalam freezer-nya lebih dingin, di bawah 18 derajat Celcius. Maka, ASI perah yang disimpan dapat bertahan sampai 6 bulan lamanya.

Dengan catatan, Anda harus menyimpan ASI tersebut di bagian belakang freezer. Pada bagian ini freezer mencapai suhu maksimalnya dan tidak mengalami perubahan suhu saat pintu kulkas dibuka-tutup.

Amankan menggabungkan ASI perah segar dengan ASI dari lemari es?

ASI yang sebelumnya disimpan dalam suhu ruangan, yaitu 25 derajat Celcius, memang aman dicampurkan dengan ASI yang baru diperah. Namun, pastikan ASI tersebut dikumpulkan atau diperah pada hari yang sama.

Sebaliknya, Anda justru tak dianjurkan untuk menggabungkan ASI perah segar dengan ASI yang telah disimpan di dalam lemari es secara langsung. Seperti dilansir Very Well Family, jika Anda ingin mencampur kedua ASI ini, Anda perlu mendinginkan terlebih dahulu ASI yang baru diperah di dalam kulkas. Keduanya tetap harus dicampur pada hari yang sama.

Hal yang sama berlaku ketika menggabungkan ASI perah ke dalam ASI yang telah beku. Mencampurkannya secara langsung justru dapat merusak komposisi nutrisi yang terkandung di dalam ASI perah. Maka terlebih dulu simpan dan dinginkan ASI perah segar dalam botol yang berbeda, kemudian masukkan ke dalam botol ASI yang telah beku.

The post Bolehkah Menggabungkan ASI Perah Segar dengan ASI dari Kulkas? appeared first on Hello Sehat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of