Politik

Blanko KTP-el Telat, Suket Solusi Tepat

googleberita

Ponorogo (beritajatim.com) – Semenjak ada keterlambatan pengiriman blanko Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP el), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Ponorogo mengantisipasi dengan mengeluarkan surat keterangan pengganti KTP -el atau biasa disingkat Suket kepada warga yang mengurusnya.

”Sejak tanggal 4 Desember 2019, Dispendukcapil Ponorogo sudah mengeluarkan Suket sebanyak 23. 875 lembar,” kata Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Dukcapil Ponorogo Heru Purwanto, Jumat (6/12/2019).

Meski hanya Suket, Heru menyebut jika fungsinya sama dengan KTP-el. Bisa digunakan untuk membuka rekening, perpanjangan SIM atau membuat SIM baru, bahkan bisa juga untuk syarat untuk pendaftaran CPNS.

”Jadi fungsinya semua yang berkaitan dengan KTP-el,” katanya.

Heru memperkirakan blanko KTP-el akan dikirim oleh Pemerintah Pusat pada awal tahun depan, sekitar bulan Februari atau Maret. Apabila nanti sudah ada, akan segera diselesaikan tunggakan suketnya.

Baca Juga:

  • Ribuan Sapi di Banyuwangi Sudah Ber’e-KTP’
  • Rekam e-KTP Orang Gila, Dispendukcapil Kota Mojokerto Jalankan Amanat UU
  • Bawaslu Akan Pastikan 18 WNA Tak Ikut Mencoblos
  • 6.111 Warga Kota Mojokerto Belum Rekam e-KTP

Rencananya, Dispendukcapil Ponorogo suket yang sudah ada itu akan dicetakkan KPT-el. Pendistribusian KTP el masyarakat ini melalui desa atau kelurahan yang menjadi alamat si pemilik KTP -el. Mekanisme pendistribusian itu sudah dilakukan Dispendukcapil pada tahun ini. Heru menambahkan yang membedakan suket dengan KTP-el yakni kalau suket mempunyai masa aktif selama 6 bulan, sedangkan KTP-el seumur hidup.

”Kalau suketnya sudah kedaluwarsa, ya harus memperbaruinya lagi ke kantor Dispendukcapil maupun perwakilan yang ada di Kecamatan,” pungkasnya. [end/but]