Politik

Blangko E-KTP Datang, Pemohon ‘Serbu’ Dispendukcapil Gresik

googleberita

Gresik (beritajatim.com) – Ratusan warga Gresik menyerbu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) untuk mengajukan pembuatan e-KTP. Mereka rela antre dari pagi hingga sore karena mendapat informasi blangko e-KTP telah datang.

Di akhir bulan Januari 2020. Dispendukcapil Gresik mendapat kiriman blangko e-KTP dari pusat sebanyak 8.000 blangko.

Kepala Dispendukcapil Gresik, Khusaini mengatakan, blangko yang datang sebanyak 8.000 keping ini membuat pihaknya melakukan pembatasan. Perhari, para pemohon hanya dibatasi 450 pemohon saja.

“Sisanya besok lagi, agar kebagian warga yang mengajukan kebagian juga,” katanya, Selasa (28/01/2020).

Masih menurut Khusaini, membludaknya warga ini terjadi pada akhir-akhir ini saja. Sebab, dibanding hari biasanya yang hanya 200 hingga 300 orang. Kini malah mencapai 500 pemohon.

“Pemohon baru atau pemegang suket boleh mencetak blangko e-KTP,” paparnya.

Baca Juga:

  • Gresik Pembina Terbaik K3 di Jatim
  • Kasus OTT di BPPKAD, Kejari Periksa Puluhan Pejabat Eselon II dan III Pemkab Gresik
  • Wujudkan Sakip, Spanduk Tolak Pungli Dipasang
  • Muchtar Plt BPPKAD Beserta 13 Pegawainya Diangkut Kejaksaan Gresik

Saat ditanya jumlah blangko e-KTP pekan depan atau bulan Februari yang dikirim ke Dispendukcapil Gresik. Dijelaskan Khusaini belum bisa memastikan. Apakah diberi lebih banyak dari 8.000 keping atau sama. Bahkan, lebih sedikit. Semuanya masih memungkinkan.

“Itu pusat yang menentukan perminggu dikasih berapa. Kita sudah ajukan lebih banyak setiap minggunya. Padahal, warga yang sudah pegang suket sekitar 40 ribuan,” tandasnya. [dny/but]