Lifestyle

Berbagai Momen Awkward Yang Hampir Pasti Pernah Kamu Alami

Momen Awkward Yang Pernah Kamu Alami

Siapa sih yang nggak pernah mengalami momen awkward alias momen canggung di dalam hidupnya? Tentu setiap orang pernah mengalaminya meski hanya sekali. Tapi rasanya, momen awkward tak mungkin hanya dialami sekali sepanjang hidup. Pasalnya, selama 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu ataupun 12 bulan dalam setahun, terkadang ada saja momen-momen tak terduga yang membuat suasana menjadi canggung alias awkward. Dan momen awkward tersebut sering kali membuat kita merasa malu, mati gaya, kehilangan kata-kata dan bahkan merusak suasana hati.

Parahnya, momen awkward ini sering terjadi tak mengenal tempat. Mau di rumah, di sekolah, di jalan hingga di tempat kerja, momen awkward bisa saja terjadi tanpa diduga. Meski saat kita mengalaminya, membuat kita malu dan mati gaya, tapi bila di bicarakan dengan orang lain, momen awkward justru menjadi tema obrolan yang lucu lho. Seperti berbagai momen awkward yang mungkin pernah kamu alami berikut ini yang bakal membuat kamu senyum-senyum sendiri. So let’s check it out guys!

1. Melewati gerombolan cowok di lorong sekolah seorang diri

Momen awkward satu ini pasti kebanyakan orang pernah mengalaminya khususnya para cewek. Biasanya beberapa menit waktu kamu di sekolah akan menjadi awkward ketika kamu harus melewati lorong sekolah yang dipenuhi dengan gerombolan siswa putra yang sedang nongkrong seorang diri. Apalagi mereka adalah kakak kelas kamu, alhasil untuk berjalan saja menjadi gugup dan langkah kamu menjadi berat. Mau lewat malu, tapi kalau nggak lewat, tidak ada jalan lain lagi selain lorong tersebut, jadinya cuma bisa jalan nunduk. Percayalah ini merupakan momen ter awkward yang pernah sebagian besar orang alami saat dibangku sekolah.

2. Saat kamu salah kostum

erbagai Momen Awkward Yang Hampir Pasti Pernah Kamu Alami

photo via vanguardia.com.mx

Siapa nih yang pernah salah kostum? Menggunakan pakaian yang tak seharusnya dalam sebuah acara memang membuat kita malu setengah mati dan pastinya mati gaya. Bayangkan saja dalam sebuah acara yang dipenuhi dengan orang-orang berpakaian mewah, kamu malah hadir dengan pakaian casual atau sebaliknya, dimana kamu menghadiri acara casual, namun kamu datang dengan setelan jas. Kamu yang menjadi pusat perhatian karena salah kostum akan merasa insecure dan mati gaya. Rasanya ingin cepat menghilang dari acara tersebut deh.

3. Berkunjung ke rumah teman pada saat ada cekcok keluarga

Momen awkward yang pastinya pernah dirasakan oleh sebagian orang adalah saat berkunjung ke rumah teman, namun dalam waktu yang sama di rumah teman kita sedang ada prahara keluarga. Kita yang sudah terlanjur ada di dalam rumah teman kita, pastinya merasa tidak enak hati dan merasakan suasana yang sangat canggung, padahal teman kita sendiri yang mana orang tuanya sedang marah-marah karena ulahnya malah santai saja. Saat situasi seperti ini, kita merasa ada ditempat dan waktu yang salah.

4. Berada di antara orang-orang yang asyik mengobrol tanpa memedulikan kita

erbagai Momen Awkward Yang Hampir Pasti Pernah Kamu Alami

photo via verywellmind.com

Paling sering terjadi didalam komunitas-komunitas pertemanan nih. Momen awkward ini terjadi ketika kita berada diantara teman-teman kita yang sedang asyik mengobrol tanpa mempedulikan kehadiran kita. Momen ini memang membuat tidak nyaman dan membuat kita berpikir apakah kehadiran kita diantara mereka tidak penting? Alhasil kita hanya bisa menguping hingga pura-pura sibuk sendiri. Dan ini sangat tidak nyaman dan membuat suasana menjadi awkward.

5. Membalas senyuman orang yang sebetulnya tidak tersenyum pada kita

erbagai Momen Awkward Yang Hampir Pasti Pernah Kamu Alami

photo via psychologytoday.com

Momen canggung yang sering terjadi di kehidupan kita tanpa diguga adalah saat kita membalas senyuman orang lain yang sebetulnya tidak ditunjukkan kepada kita. Mungkin kita yang terlalu sopan atau terlalu ke-GR-an? Yang jelas momen awkward satu ini membuat siapapun yang mengalaminya merasa malu dan ingin cepat membenamkan diri di balik bantal. Apalagi saat kejadian itu, ada banyak orang yang melihatmu, makin malu deh rasanya!

6. Membalas lambaian orang yang sebenarnya tidak menyapa kita

erbagai Momen Awkward Yang Hampir Pasti Pernah Kamu Alami

photo via freepik.com

Membalas lambaian orang yang sebenarnya tidak menyapa kita juga menjadi salah satu momen ter awkward yang pastinya sekali dalam seumur hidup pernah kita alami. Hampir seringnya menimpa jutaan umat di dunia, momen ter awkward satu ini bahkan menjadi salah satu adegan klasik dalam film ataupun serial komedi. Tak berbeda dengan membalas senyuman orang yang tidak tersenyum pada kita, momen ini juga akan membuat kita malu setengah mati. Apalagi jika kejadian tersebut di lihat oleh banyak orang, rasanya ingin cepat-cepat mengurung diri di kamar deh.

7. Menyapa seseorang namun tidak dipedulikan

Siapa nih yang pernah menyapa orang duluan tapi malah diabaikan? Momen ini juga menjadi salah satu momen tercanggung dan termenyebalkan yang pernah dialami seseorang. Niatnya baik dengan menyapa orang yang kita kenal duluan, namun kita malah diabaikan, jangankan membalas sapaan kita, melirik kita saja tidak. Sumpah deh momen satu ini pasti membuat kita ingin mengutuk orang tersebut! Bener nggak guys?

8. Saat jabatan tanganmu tak terbalas

erbagai Momen Awkward Yang Hampir Pasti Pernah Kamu Alami

photo via twitter.com/armyteamid

Umumnya jabat tangan dilakukan saat orang memberi salam dalam suatu pertemuan tertentu, baik di awal maupun akhir pertemuan. Dilakukan juga saat mengucapkan selamat, memberi apresiasi, serta saat berkenalan dengan orang yang pertama kali dijumpai. Tapi pernahkah kalian merasakan sakitnya saat jabatan tanganmu tak terbalas? Terlebih jabatan tangan orang-orang disekelilingmu dibalas dan hanya kamu yang tidak. Momen satu ini menjadi salah satu momen ter awkward yang hampir setiap orang pernah mengalaminya.

9. Perkataan kita dikacangin

Pernahkan kamu terlibat obrolan dengan teman-teman namun ketika kamu melontarkan pertanyaan atau pendapat, kamu malah dikacangin atau di abaikan oleh orang yang kamu ajak mengobrol. Dan hal itu di sadari oleh teman-teman kamu yang lain. Percayalah, itu rasanya sangat memalukan dan membuat kita merasakan suasana yang canggung sendirian.

10. Nggak ada yang ketawa saat kita melontarkan lelucon

erbagai Momen Awkward Yang Hampir Pasti Pernah Kamu Alami

photo via verywellmind.com

Suasana awalnya ramai dengan canda tawa, tapi saat kita melontarkan lelucon yang menurut kita lucu, suasana tiba-tiba menjadi hening. Tidak ada yang ketawa, dan semua seperti membeku beberapa detik. Momen satu ini membuat kita ingin cepat-cepat menghilang dari kerumunan tersebut. Aura awkwardnya bikin kita kicep dan nge “krik” sendiri! Tapi momen satu ini masih bisa kamu selamatkan dengan cepat-cepat mengalihkan perhatian mereka dengan topik pembicaraan baru.

11. Kamu nggak paham lelucon yang dilontarkan teman kamu

Ini malah kebalikan dari poin sebelumnya, dimana momen awkward bisa juga tercipta ketika kamu sama sekali tidak paham dengan lelucon yang dilontarkan teman kamu. Dipaksakan tertawa malah jadi aneh, tapi kalau tidak tertawa, malah membuat teman kamu merasa canggung. Jika sudah seperti ini, coba deh minta teman kamu untuk mengulang apa yang dikatakannya agar kamu bisa paham dengan bagian lucunya. Tapi kalau masih tidak menemukan bagian lucunya, cepat-cepat deh cari topik pembicaraan yang baru.

12. Salah masuk ruangan

erbagai Momen Awkward Yang Hampir Pasti Pernah Kamu Alami

photo via youtube.com (Luvhengo Faresani Vincent)

Momen awkward selanjutnya yang hampir setiap orang pernah mengalaminya adalah salah masuk ruangan. Niat masuk ruang kelasmu, malah masuk ke ruangan kakak kelas, niat mau masuk perpustakaan, malah masuk ruang guru, mau masuk toilet cewek malah masuk toilet cowok, di jamin deh bukan cuma awkward, tapi juga malunya bukan main. Kalau kamu mengalami hal ini disaat tak terduga, buru-buru deh minta maaf dan pergi secepatnya dari ruangan tersebut, sebelum kamu ditertawakan.

13. Salah masuk mobil

Sebenarnya masih mirip dengan salah masuk ruangan, salah masuk mobil juga membuat suasana menjadi awkward dan rasa malunnya juga bukan main. Saking malunya kamu bahkan merasa ingin menghilang dari dunia ini. Tiba-tiba kamu masuk dan duduk begitu saja di mobil seseorang, dan pemilik mobil itu masih ada di dalam mobil tersebut. Kebayangkan bagaimana canggung dan awkward momen satu ini?

14. Salah kirim pesan

Siapapun pasti pernah salah kirim pesan. Momen satu ini memang tak secanggung kejadian lain karena kita tak harus bertatap muka dengan banyak orang. Tapi salah kirim pesan memiliki dampak yang memalukan dan bisa membuat kita canggung saat bertemu dengan orang yang salah kamu kirimi pesan.

Misalnya kamu ingin nge-chat teman kamu dengan tujuan curhat tentang pacar. Tapi kamu malah salah kirim pesan, dengan mengirim curahan hati kamu ke pacar kamu sendiri. Bisa juga kamu salah kirim pesan ke WA Grup mata kuliah online kamu yang ada dosennya. Wah gimana nggak awkward tuh pas ketemu.

15. Saat resleting celana kamu lupa dinaikkan dan teman cewek/cowokmu menotisnya

Nah momen awkward satu ini sepertinya lebih sering dialami oleh para cowok. Setelah ke toilet terkadang para cowok lupa menaikkan resleting celananya. Awalnya biasa-biasa saja karena mereka belum menyadari, namun ketika ada yang menotisnya terlebih itu lawan jenis, pasti rasanya malu banget. Dan tingkat rasa malunya bisa berkali-kali lipat jika kejadian tersebut dialami oleh para cewek. Rasanya pengen cepet-cepet hilang dari muka bumi ini deh!

16. Saat pertama kali bertemu calon mertua

erbagai Momen Awkward Yang Hampir Pasti Pernah Kamu Alami

photo via thelist.com

Bagi mereka yang telah melewati phase ini pasti setuju deh kalau momen pertama kali bertemu dengan calon mertua adalah momen ter awkward yang pernah dialami sepanjang hidup. Meski tak semua camer itu menyeramkan, tapi percayalah ketika pertama kali berhadapan dengan camer, hati akan berdebar. Muncul rasa kikuk, bingung mau memulai pembicaraan seperti apa, rasanya ingin cepat-cepat pulang dan menyerah dengan hubungan.

17. Mengira itu pesanan kita padahal bukan

Siapa nih yang pernah memesan makanan dalam keadaan antri dan melihat pedagangnya sedang membungkus pesanan yang mirip dengan pesanan kita. Saat hendak membayar ternyata itu bukan pesanan kita. Oh my god, itu rasanya sangat memalukan dan suasana disekitar kita terasa sangat canggung. Kita sendiri jadi takut noleh sekitar karena merasa banyak yang menertawakan kita padahal aslinya sih enggak.

Nah itu dia beberapa momen awkward yang hampir setiap orang pernah mengalaminya. Momen ter awkward apalagi yang pernah kamu alami? Yuk share momen ter awkward kamu di kolom komentar ya!

The post Berbagai Momen Awkward Yang Hampir Pasti Pernah Kamu Alami appeared first on Blog Unik.