Fotografi

Bedanya Kamera Full Frame dan Non Full Frame

"Kamera Full Frame dan Non Full Frame"

Google Berita – Pada dasarnya dua jenis kamera ini dibedakan berdasarkan ukuran dari sensor kamera yang digunakan. Sensor kamera sendiri dikenal dengan istilah CCD atau Charged Coupled Device serta CMOS atau Complementary Metal Oxide Semiconductor yang terdiri dari banyak sekali bahkan hingga jutaan pixel. Tentu saja kamera full frame memiliki ukuran sensor yang lebih besar ketimbang kamera non full sensor atau kamera SLR crop. Namun untuk lebih jelas dan detail lagi mengenai perbedaan kamera full frame dan non full frame ini akan dibahas di dalam artikel kali ini.

Kamera Full Frame

Kamera full frame merupakan kamera yang mempunyai sensor dengan ukuran 36 x 24. Jauh berbeda dengan yang non full frame yang hanya 22.2 x 14.8, namun rasio kedua kamera tersebut sama saja yakni 3:2. Dampak dari perbedaan antara ukuran sensor kamera full frame dengan kamera non full frame adalah sebagai berikut:

  1. Kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera full frame jauh lebih baik ketimbang hasil gambar yang dihasilkan oleh kamera non full frame terutama soal ISO yang tinggi.
  2. Jangkauan fokus lensa pun turut menjadi pembeda dimana hasil foto kamera full frame terlihat lebih luas dibandingkan dengan hasil gambar yang ditangkap kamera non full frame. Karena pada kamera non full frame si kamera sendiri secara otomatis melakukan cropping atau pemotongan gambar.
  3. Sayangnya tidak semua lensa cocok dugunakan pada kamera full frame, hal tersebut berbeda dengan kamera non full frame yang lebih fleksibel sehingga bisa menggunakan lensa apapun.
  4. DoF atau Depth of Field dari kamera full frame lebih tipis dibandingkan DoF dari kamera non full frame.
  5. Harga dari kamera full frame jauh lebih mahal ketimbang harga kamera non full frame. Hal ini dianggap wajar karena biaya produksi yang diperlukan ketika membuat kamera full frame pun lebih besar, selain itu pembuatan kamera full frame juga tidak banyak seperti produksi kamera non full frame.
  6. Kamera full frame mampu menggunakan lensa wide sesuai dengan apa yang tertera dalam indikator focal length tanpa dikalikan dengan crop factor
  7. Performance sensor pada kamera full frame juga lebih baik terutama dalam ISO, lebih clean dari noise-noise dengan hasil foto yang lebih tajam
  8. Seperti yang sudah dikatakan tadi bahwa DoF kamera full frame lebih tipis sehingga akan memberi hasil bokeh atau blur yang bagus.

Non Full Frame

Kamera Full Frame

Dari ulasan di atas maka jelas menunjukkan bahwa kamera full frame jauh lebih unggul dibandingkan kamera non full frame sehingga anda pasti akan berpikir lebih baik membeli kamera full frame saja. hal tersebut tidaklah salah namun anda harus mengetahui kelemahan kamera full frame terlebih dahulu yang pertama adalah harganya yang sangat mahal dibandingkan dengan kamera non full frame sehingga apabila anda membeli kamera dengan tujuan non profesional maka tidak terlalu urgent atau mendesak membeli kamera yang full frame, akan lebih baik jika membeli kamera non full frame saja sehingga kelebihan anggaran yang tadinya untuk karena full frame bisa digunakan untuk keperluan lain. Selain itu ukuran sensor kamera full frame yang besar justru kadang membuat munculnya light fall-off serta vignette pada ujung gambar. Hal ini tentu saja diakibatkan oleh pencahayaan dan ketajaman gambar dari lensa yang secara umum berada di tengah.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of