Politik

Bawaslu dan Polresta Kediri Segera Bentuk Tim Sentra Gakumdu

googleberita

Kediri (beritajatim.com) – Bawaslu Kabupaten Kediri mengadakan audiensi dengan Kapolresta Kediri, AKBP Miko Indrayana di Mapolresta setempat, Senin (13/1/2020).

Komisioner Bawaslu yang hadir, Sa’idatul Ummah, S.Ag selaku Ketua Komisioner Bawaslu dan Kordiv. OSDM, Ali Mashudi, S.Hi selaku Anggota Komisioner Kordiv. PHL, Saifudin Zuhri Anggota Komisioner Bawaslu Kordiv. HDI, Sukari Anggota Komisioner Kordiv. PP, Anik Eko Wati Kordiv. PS dan Jarwi, S.Sos selaku Kepala Sekretariat Bawaslu.

Mereka beraudiensi dengan Kapolresta Kediri AKBP Miko Indrayana, Kasat Intelkam Polresta Kediri, AKP Maryono, S.H, KBO Intelkam Ipda Umar Said dan Kanit I Sat Intelkam Ipda Agung Indarto. Diskusi tersebut berlangsung di ruang kerja Kapolresta Kediri.

“Kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kapolresta Kediri yang telah menerima Bawaslu Kabupaten Kediri. Kami memperkenalkan anggota Komisioner Bawaslu dan Sekretaris Bawaslu Kabupaten Kediri,” kata Saidatul Umah.

Baca Juga:

  • Mbah Kanang Beberkan Kondisi PDIP Kabupaten Kediri
  • Ikut Penjaringan PDIP, Habib Tawarkan Konsep Revolusi Agraria
  • Pengusaha Perhotelan Kediri Ikuti Penjaringan Bupati Kediri di PDI Perjuangan
  • Pilbup Kediri 2020, Mujahid – Eko Ambil Formulir Partai Gerindra

Pihaknya berharap antara Bawaslu dan Polresta Kediri selalu terjalin koordinasi dan komunikasi terkait keamanan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri tahun 2020 maupun dalam pelaksanaan agenda-agenda ke depan. Rencananya, Bawaslu akan membentuk Tim Sentra Gakkumdu sekira Februari Akhir hingga Maret.

“Alhamdulillah pada Bulan Desember kita sudah pembentukan Panwascam se-Kabupaten Kediri. Nantinya kita juga akan melakukan pemetaan terhadap titik rawan Pemilihan. Bawaslu bersama Tim sentra Gakkumdu juga melakukan Patroli,” tambahnya.

Kapolresta Kediri, AKBP Miko Indrayana menyampaikan permohonan maaf karena sebagai pejabat baru, namun belum berkunjung ke Bawaslu. “Kami harapkan kita saling sinergitas dan kami siap back up dalam keamanan selama Pemilihan. Polri Netral sehingga tidak memihak salah satu calon dalam Pemilihan. Kita akan menjalankan tugas sesuai aturan atau prosedur yang berlaku. Saya selaku pejabat baru di Polresta Kediri, kami juga minta bantuan dan dukungannya agar pelaksanaan tugas kami dapat berjalan lancar,” jelasnya.

Ditambahkan Kapolresta, lima kecamatan di wilayah hukum Polresta Kediri masuk daerah administrasi Pemkab Kediri. Sehingga turut serta dalam penyelenggaraan Pemilihan. Pihaknya siap melaksanakan patroli dan pengamanan dalam pelaksanaan agenda Bawaslu Kabupaten Kediri ke depan.

Baca Juga:

  • Bawaslu Surabaya Gelar Sidang Pelanggaran Pemilu SCG
  • 2 Kades di Ponorogo Dipanggil Bawaslu, Ada Apa?
  • Dugaan Pelanggaran Kode Etik, DKPP Sidang Bawaslu Surabaya
  • Kena OTT KPK, Bawaslu Akan Laporkan Wahyu Setiawan ke DKPP

“Apabila ada permasalahan apapun agar segera menginformasikan ke kami, agar bisa kami bantu untuk mengantisipasinya. Mohon sebagai pengawas Pemilihan agar benar-benar atensi dan selalu menjaga netralitas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga dalam pelaksanaan Pemilihan tahun 2020 dapat berjalan Kondusif dan kami harap koordinasi secara terus menerus,” pintanya.

Kemudian, Komisioner Bawaslu Kordiv PP Sukari menyatakan kesiapannya untuk melakukan langkah koordinasi dalam menjalankan tugasnya, terutama apabila ada temuan dugaan pelanggaran. “Dalam Prosedur temuan pelanggaran cara pelaporannya nantinya tetap dilaporkan ke Bawaslu terlebih dahulu, sehingga apabila nanti sesuai kajian adanya unsur Pidana maka kita gelar perkara bersama Tim Gakkumdu,” katanya.

Ali Mashudi, S.Hi, Anggota Komisioner Kordiv. PHL lantas menyambung pembicaraan. “Kami akan menyosilisasikan kepada masyarakat terkait Pengawasan Partisipatif sehingga masyarakat juga dapat membantu kami dalam pengawasan. Tugas utama kita pencegahan dan kami akan sosialisasikan melalui surat agar ASN dapat menjaga Netralitas bukan hanya dari Bawaslu Kab namun juga Panwascam akan mensosilisasikan di tingkat Kecamatan,” jelasnya. Acara kemudian diakhiri dengan foto bersama. Lalu, rombongan Bawaslu Kabupaten Kediri meninggalkan Mapolresta. [nm/suf]