Lifestyle

Banyak Nakes Terpapar Corona, Tim Laboratorium: Alat Ekstraksi Otomatik Solusinya

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Banyaknya tenaga medis yang ikut terpapar virus Corona khususnya mereka yang bertugas di laboratorium, salah satu penyebabnya adalah tidak tersedianya alat ekstraksi otomatik. Alat ekstraksi otomatik hanya butuh waktu kurang lebih 1 jam untuk mengetahui hasil sampel.

Tenaga Spesialis Patologi Klinik laboratorium divisi mikrobiologi dan biologi molekuler RSLB, dr Nursin SpPK menjelaskan, sebelum sampel pasien ODP maupun PDP diperiksa di mesin PCR ada tahapan yang harus dilewati dan ini yang paling penting karena di situ petugas lab ‘bermandikan’ kuman saat ekstraksi RNA virus.

Sejauh ini Tim Laboratorium RS Labuang Baji (RSLB) Makassar hanya memiliki alat ektraksi manual yang tipe kerjanya lebih lama. Oleh karenanya, demi percepatan penangan kasus Covid-19, dr Nursin meminta kepada pemerintah agar laboratorium biologi molekular RSLB juga baiknya difasilitasi dengan alat ekstraksi otomatik.

“Kenapa saya minta itu, karena penanganan Covid hanya akan berhasil jika deteksi virusnya cepat. Jika cepat dideteksi, tentu penangan lebih cepat, gejalanya lebih ringan, penularannya bisa ditekan, biaya perawatannya lebih kecil pula,” jelas dr Nursin kepada fajar.co.id, Kamis (11/6/2020).

“Tidak usah yang terlalu besar lah. Yang 96 tes saja,” kata Nursin.

Dengan 96 tes ini, lanjut dia, alat ekstraksi otomatik hanya butuh waktu kurang lebih 1 jam untuk mengetahui hasil sampel. Ia mengaku sejauh ini telah banyak petugas yang terpapar. Termasuk dr Nursin sendiri.

“Saya sendiri sudah sempat menikmati ruang rawat isolasi selama 8 hari. Luar biasa cemasnya menanti hasil PCR swab kita. Jadi kalau menurut hemat saya, sudah saatnya pakai yang otomatik, agar kinerja lebih cepat, keterpaparan dengan virus juga bisa ditekan,” urainya.

Sebelumnya, Tim Laboratorium RS Labuang Baji telah menerima SARS CoV 2 dengan alat TCM (tes cepat molekuler). Alat ini biasa dipakai untuk deteksi MDR TB.

“Sejak Senin kami sudah bisa pakai alat ini untuk deteksi SARS CoV 2 sebagai penyebab Covid-19 dengan cepat, hanya dalam waktu 50 menit,” aku Nursin.

Namun sayangnya, cartridge SSRS CoV 2 untuk alat TCM ini sangat terbatas, sehingga yang bisa kami periksa hanyalah untuk keperluan diagnostik ODP dan PDP. (endra/fajar)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of