Teknologi

APTECH dan TESPOIN Gelar Sertifikasi Kompetensi Bidang Teknisi Ponsel Batch – 1








Sidoarjo (beritajatim.com) – Teknisi Handphone (HP) selama ini banyak yang tidak berasal dari lulusan pendidikan formal. Mereka belajar secara mandiri atau otodidak. Jika tidak begitu, mereka belajar pada orang lain secara non formal. Problemnya, kompetensi para teknisi HP tersebut menjadi tidak standar.

Menyikapi problem tersebut, Asosiasi Pelaku Usaha dan Teknisi Handphone (APTECH) Jawa Timur dan TESPOIN melakukan sebuah terobosan. Berupa kegiatan Sertifikasi Kompetensi Bidang Teknisi Ponsel Batch – 1. Peserta yang mengikuti kegiatan ini bakal mendapatkan sertifikat yang kompetensinya diakui oleh negara.

“Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh perlunya sertifikat kompetensi untuk profesi teknisi handphone. Karena teknisi kan tidak ada ijazah formal. Jadi agar teknisi HP memiliki bukti kompetensi, ya harus sertifikat kompetensi, yang memang diakui oleh negara,” kata Ketua APTECH Christian Didik Hernawan, Selasa (23/3/2021).

Dijelaskan oleh Christian, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menjalankan program kerja Tim Satu, yaitu sertifikasi kompetensi bidang teknisi ponsel seluruh Indonesia. “Harapan ke depan, sertifikasi kompetensi bidang teknisi ponsel ini bisa menyentuh para teknisi ponsel di 34 propinsi seluruh Indonesia,” katanya.

Christian memaparkan, kegiatan Sertifikasi Kompetensi Bidang Teknisi Ponsel Batch – 1 telah berlangsung beberapa hari lalu, yakni 17 – 19 Maret 2021, di Millenial Labs. Jl. Gajayana 530 Malang. Pada pelaksanaannya, ada beberapa institusi yang terlibat. Di antaranya Asosiasi Pelaku Usaha dan Teknisi Handphone (APTECH) Jawa Timur, Teknisi Ponsel Indonesia (Tespoin), LSP Elektronika Indonesia, dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Hari pertama, sertifikasi diikuti oleh 20 peserta yang dibagi menjadi 2 gelombang. Hari kedua, kegiatan Sertifikasi Kompetensi Bidang Teknisi Ponsel Batch – 1 diikuti oleh 20 peserta yang dibagi menjadi 2 gelombang. Sedangkan hari ketiga, diikuti oleh 12 peserta dalam 1 gelombang. Kegiatan dipandu oleh 9 orang, yakni 1. Dodik Wahyu Nugroho (TIM SATU), 2. Moch. Zainuri (TIM SATU), 3. Dian Agus Saputra (TIM SATU), 4. Suhendra (TIM SATU), 5. Irfan Nasrul (TIM SATU), 6. Luly Prajati N (APTECH), 7. Saipul (TUK), 8. Aji (TUK), 9. Dodod (TUK). [but]







The post APTECH dan TESPOIN Gelar Sertifikasi Kompetensi Bidang Teknisi Ponsel Batch – 1 first appeared on beritajatim.com.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of