Lifestyle

12 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik, Cocok Untuk Pemula

Aplikasi belajar bahasa Korea terbaik

Selain bahasa Inggris, bahasa Korea juga kini kian diminati oleh banyak kalangan dengan berbagai tujuan. Ada yang ingin bisa bahasa Korea karena tuntuan pekerjaan, ada juga yang ingin belajar bahasa Korea karena menyukai hal-hal berbau K-Pop maupun K-Drama. Apalagi buat kamu yang suka bingung harus fokus ke subtitle atau akting para pemainnya. Jadi nggak heran di era Korea Wave yang semakin mendunia saat ini, banyak orang berbondong-bondong ingin mempelajari bahasa Korea. Sayangnya untuk kursus atau les bahasa Korea harganya nggak bisa dibilang murah. Sehingga cukup berat untuk kita yang berkantong pas-pasan. Untungnya saat ini ada banyak aplikasi belajar bahasa Korea terbaik yang bisa dengan mudah kamu gunakan. Cukup instal di smartphone, kamu bisa belajar bahasa Korea dimanapun dan kapanpun kamu mau secara gratis.

Nah berikut adalah rekomendasi 12 aplikasi belajar bahasa Korea terbaik untuk pemula yang bisa kamu install di HP kamu.

Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik

1. Duolingo: Learn Languages Free

Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik

photo via play.google.com

Buat kamu yang ingin belajar bahasa asing termasuk bahasa Korea, maka aplikasi terbaik bernama Duolingo wajib kamu coba. Aplikasi ini menyediakan kursus untuk lebih dari 20 bahasa. Tak hanya itu, Duolingo juga dilengkapi dengan fitur dan permainan yang akan mengajak kamu mengenal dasar (kosakata), mengasah kemampuan baca tulis hingga latihan pelafalan bahasa Korea. Kemampuan grammar juga dapat kamu kuasai dengan mengisi soal-soal kuis yang akan meningkatkan level bahasamu. Apabila kamu dapat menyelesaikannya dengan baik, maka level kemampuan berbahasa Korea kamu juga akan naik.

2. Learn Korean Phrases | Korean Translator

Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik

photo via play.google.com

Selanjutnya adalah Learn Korean Phrases yang merupakan aplikasi belajar bahasa Korea terbaik besutan Bravolol Language Learning. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur menarik seperti pencarian kosakata secara instan sampai ukuran huruf yang dapat diubah.

Menariknya, aplikasi Android terbaik ini juga memiliki fitur perekaman dan pemutaran ulang yang bisa membantu kamu untuk mengevaluasi kemampuan berbahasa Korea mereka dengan cara membandingkan hasil rekaman suara milik kamu dengan rekaman audio dari aplikasi ini.

Tak hanya itu, setiap vocabulary-nya juga tersedia dalam bentuk huruf korea (hangul) dan latin, serta terdapat klip audio untuk mempermudah kamu mempelajari pengucapan kata atau kalimat dengan baik dan benar. Aplikasi Learn Korean Phrases juga memiliki banyak ungkapan dan kosakata dalam bahasa Korea yang sering digunakan dalam keseharian. Recommended banget deh!

3. NAVER Korean Dictionary

Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik

photo via play.google.com

NAVER Korean Dictionary merupakan aplikasi terbitan Naver Corp. Aplikasi ini sangat recommended untuk digunakan sebagai media belajar bahasa Korea karena memang banyak direkomendasikan oleh tour guide untuk mempermudah mereka dalam berkomunikasi. Aplikasi ini berisi seperti kamus pada umumnya yang berfokus pada beberapa kosa kata yang sering digunakan oleh orang Korea lengkap dengan terjemahannya. Dengan lebih dari 6 juta kosakata, kamu bisa mempelajari bahasa Korea dengan mudah dan gratis.

4. HelloTalk – Chat, Speak & Learn Languages for Free

Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik

photo via play.google.com

Buat kamu yang suka belajar langsung dengan orang-orang yang memang sudah lancar berbahasa Korea, maka aplikasi ini wajib kamu coba. HelloTalk akan menghubungkan kamu dengan pengguna lainnya baik native Korea asli ataupun non-native untuk pembelajaran praktik speaking secara langsung.

Nggak hanya bahasa Korea, kamu juga bisa memilih teman belajar dan saling mengajarkan bahasa yang dikuasai masing-masing melalui fitur chat yang dilengkapi dengan voice note agar dapat saling mengoreksi pengucapan kalimat atau kata secara bersama-sama. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan akses tulisan, gambar, video atau suara saja untuk memudahkan dalam proses pembelajaran. Menarik bukan?

5. Drops: Learn Korean language and Hangul alphabet

Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik

photo via play.google.com

Aplikasi belajar bahasa Korea terbaik selanjutnya yang bisa kamu coba adalah aplikasi Drops. Aplikasi besutan Language Drops ini menyediakan pembelajaran 33 bahasa sekaligus, termasuk bahasa Korea. Fokus belajar yang ditawarkan Drops adalah tentang kosakata dan frasa.

Selain itu aplikasi ini juga merupakan aplikasi belajar yang memadukan banyak games dan kuis dengan grafis yang menarik. Sayangnya, kekurangan dari aplikasi ini adalah pembatasan bermain di dalamnya dimana pengguna hanya bisa menggunakannya selama 5 menit saja per hari untuk akses gratis. Namun jika kamu ingin mendapat akses unlimited untuk belajar kapanpun yang kamu mau, kamu bisa melakukan pembayaran untuk aplikasi ini.

6. Bahasa Korea Belajar Bersama

Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik

photo via play.google.com

Aplikasi Bahasa Korea Belajar Bersama merupakan aplikasi praktis untuk mempermudah mempelajari bahasa Korea. Aplikasi ini menyediakan berbagai pembahasan pokok bahasa Korea serta pulukan tata bahasa yang dirangkum dengan mudah. Tak hanya itu, kamu juga bisa mempelajari ratusan kosa kata yang sering digunakan dengan berbagai kategori. Aplikasi ini memberikan pembelajaran dengan mudah dan menariknya kamu tidak perlu membayar 1 sen pun untuk belajar dengan aplikasi ini.

7. CAN Korean : Learn With Teacher

Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik

photo via play.google.com

CAN Korean merupakan aplikasi belajar bahasa Korea terbaik besutan JH Media. Aplikasi ini memungkinkan kamu dapat berbicara langsung dengan guru pengajar kapan saja kamu mau. Dilengkapi dengan teknologi pengenalan suara berbasis AI dan alat analisis pengucapan, sehingga membuat belajar bahasa Korea lebih mudah. Berbagai fitur tersedia seperti papan kombinasi huruf Hangul, mendengarkan otomatis, pelajaran video, alat pemeriksa pengucapan semua akan membantu kamu meningkatkan bahasa Korea kamu lebih cepat dari sebelumnya. Aplikasi ini sangat cocok buat kamu yang baru pemula dan ingin menjadi mahir berbahasa Korea.

8. My Korean Teacher : Quiz

Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik

photo via play.google.com

My Korean Teacher merupakan aplikasi belajar bahasa Korea terbaik yang menawarkan visualisasi yang baik. Aplikasi ini memiliki tampilan full. Dengan adanya visual yang menarik, guru yang berbentuk animasi kartun dari aplikasi ini akan memberikan pelajaran Korea sama halnya dengan guru di sekolah.

Pengguna seolah berada dalam sebuah kelas dan didampingi dengan guru yang berbentuk animasi kartun. Ketika sedang diadakan kuis dan pengguna memberikan jawaban yang benar maka guru animasi ini akan memberikan ekspresi wajah yang ceria. Sebaliknya, jika pengguna memberikan jawaban yang salah maka ekspresi wajahnya akan berubah menjadi sedih.

9. Simply Learn Korean

Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik

photo via play.google.com

Simply Learn Korean merupakan aplikasi belajar besutan Simya Solutions Ltd. Sesuai namanya aplikasi ini adalah aplikasi yang paling sederhana untuk belajar bahasa Korea. Walaupun sederhana, aplikasi ini sangat membantu bagi penggunanya yang ingin belajar bahasa Korea dengan prasa yang ada di dalamnya. Tercatat lebih dari 900 prasa dan kata yang tersedia di dalam aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk belajar berkomunikasi dengan bahasa Korea. Aplikasi ini juga menyajikan beragam jenis kuis dan soal-soal tata Bahasa Korea yang bisa diakses dengan mudah. Secara keseluruhan aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk para pengguna yang ingin secara instan bisa berbahasa Korea sehari-hari.

10. KORLINK

Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik

photo via play.google.com

Selanjutnya ada Korlink yang bisa kamu gunakan dengan mudah untuk belajar bahasa Korea. Korlink merupakan layanan yang disediakan oleh situs belajar bahasa Korea gratis yaitu Talk To Me In Korean (TTMIK). TTMIK sendiri memiliki tutor yang merupakan penutur asli Korea. Aplikasi Korlink menyediakan pelajaran dalam bentuk video serta audio yang diunggah lewat YouTube. Namun semua pelajaran bahasa yang diberikan oleh aplikasi ini disampaikan dengan bahasa Inggris.

11. Rosetta Stone: Learn Languages Effectively

Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik

photo via play.google.com

Aplikasi belajar bahasa Korea terbaik selanjutnya adalah Rosetta Stone. Rosetta Stone sendiri adalah salah satu nama besar untuk pembelajaran bahasa yang sudah cukup terkenal. Rosetta Stone dibantu para pengajar dari seluruh penjuru dunia yang telah memiliki pengalaman hingga dua puluh tahun belajar dan mengajar bahasa Korea. Secara resmi aplikasi ini memang telah mendukung bahasa sebanyak 24 bahasa termasuk di dalamnya bahasa Korea.

Aplikasi ini berfokus pada pengulangan kata, belajar percakapan, dan belajar aksen. Pertama-tama pengguna akan diajari terlebih dahulu mengenai cara berbicara yang baik dan benar, kemudian akan dilanjutkan dengan ekstensi, dan pengguna akan belajar banyak tentang mekanik dari berbagai bahasa yang ingin dipelajari.

Untuk mempermudah penggunanya mengingat banyak kosakata dan kalimat, Rosetta Stone menggunakan stimulasi audio visual. Karenanya kamu dapat mendapatkan feedback secara real-time agar dapat mengetahui letak kesalahan pengucapan saat belajar. Dengan Rosetta Stone, kamu juga dapat mengikuti sesi pembelajaran secara live melalui internet dengan tutor yang merupakan penutur asli bahasa Korea.

12. Learn Korean, Japanese or Spanish with LingoDeer

Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik

photo via play.google.com

Satu lagi rekomendasi aplikasi belajar bahasa Korea terbaik yang cocok untuk pemula adalah LingoDeer. Aplikasi ini pada dasarnya, memiliki fokus untuk belajar bahasa-bahasa yang ada di Asia seperti Korea, Jepang, Cina, dan Vietnam. Sehingga kamu tidak hanya bisa belajar bahasa Korea tapi juga bahasa Asia lainnya secara gratis.

Pelajaran yang disajikan dalam aplikasi ini adalah pelajaran basis dari bahasa yang disajikan dengan benar-benar matang. Pengguna dapat belajar alfabet, dan inti dari bahasa-bahasa yang disediakan di dalam aplikasi. Ada banyak fitur yang ditawarkan antara lain, soal-soal yang bisa dikerjakan oleh pengguna untuk belajar. Selain itu ada juga lebih dari 2000 kata dan prasa yang tersedia di dalamnya. Menariknya, aplikasi ini bisa digunakan secara offline dan gratis.

Nah itu dia 12 aplikasi belajar bahasa Korea terbaik untuk pemula sebagai pilihan alternatif jika tidak memiliki banyak waktu untuk mengikuti kelas bahasa Korea. So tunggu apa lagi? Ayo download aplikasinya di Google Play Store dan mulai belajar bahasa Korea!

Ada juga aplikasi belajar bahasa inggris yang bisa kamu coba lho. Biar bisa cas cis cus kayak orang bule.

The post 12 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik, Cocok Untuk Pemula appeared first on Blog Unik.