Lifestyle

Apakah Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis Terjamin Aman?

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan pamor jeruk nipis sebagai bumbu dapur. Namun, tahukah Anda ternyata cukup banyak juga orang yang mengandalkan cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis? Irisan jeruk nipis biasanya langsung ditempelkan pada jerawat dengan harapan benjolan cepat kempis. Selain untuk mengempiskan jerawat yang meradang, jeruk nipis juga sering digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Lantas, benarkah menggunakan jeruk nipis merupakan cara yang aman dan efektif untuk menghilangkan jerawat dengan cepat?

Kandungan jeruk nipis

Sumber: Kawai Beauty Japan

Jeruk nipis merupakan anggota keluarga buah sitrus yang berbentuk bulat hijau, rasanya sangat asam, dan berukuran lebih kecil dari lemon.

Namun meski kecil, jeruk nipis kaya akan vitamin C. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung berbagai nutrisi lain di dalamnya seperti:

  • Zat besi
  • Kalsium
  • Vitamin B6
  • Vitamin B1
  • Kalium

Berkat sederet kandungan pentingnya ini, jeruk nipis tidak hanya bisa diolah menjadi minuman atau makanan. Namun, jeruk nipis juga banyak dimanfaatkan sebagai perawatan kulit. Tak jarang jeruk nipis jadi salah satu cara yang dicoba untuk bantu menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis

obat jerawat di apotik

Berkat kandungan vitamin C yang kaya di dalam jeruk nipis, buah yang satu ini bisa memperbaiki kesehatan kulit. Vitamin C merupakan nutrisi yang diperlukan untuk membuat kolagen, yaitu protein yang membuat kulit kencang dan kenyal.

Sebagai bukti, penelitian yang dilakukan pada lebih dari 4.000 wanita menemukan fakta menarik. Mereka yang makan lebih banyak vitamin C memiliki risiko lebih rendah mengalami keriput dan kekeringan kulit saat menua. Hal ini ditemukan dari penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Journal of Clinical Nutrition.

Bukti juga menunjukkan bahwa jeruk nipis juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Oleh karenanya, buah yang satu ini diduga kuat mampu memerangi perubahan kulit karena faktor usia.

Stres oksidatif bisa memicu penuaan dini yang terjadi akibat banyaknya radikal bebas di dalam tubuh. Nah, radikal bebas ini bisa dilawan oleh makanan dan minuman yang mengandung antioksidan seperti salah satunya jeruk nipis.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry juga menemukan bahwa minum minuman yang mengandung jeruk berdampak positif untuk kulit. Minum minuman jeruk nipis dapat mengurangi kerutan dan meningkatkan produksi kolagen.

Pakai jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat belum tentu aman

Banyak orang yang kerap menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi jerawat dan bekasnya. Namun dari berbagai manfaat jeruk nipis yang dilaporkan lewat penelitian, belum ada yang mampu membuktikan manfaat buah ini untuk menghilangkan jerawat.

Jika belum terbukti secara ilmiah sebaiknya jangan gunakan jeruk nipis sebagai cara untuk menghilangkan jerawat. Apalagi jika jerawat yang Anda beri kucuran sari jeruk nipis ini sedang meradang.

Jika Anda tetap menggunakannya, kulit bisa mengalami masalah yang tak dinginkan. Apalagi jika Anda memiliki kulit sensitif yang sangat mudah mengalami iritasi. Sebaiknya, gunakan obat jerawat yang dibeli bebas di apotek untuk mengatasi jerawat yang meradang dan bekasnya.

Jika tak kunjung membaik, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang paling tepat. Perawatan dokter jauh lebih aman dibandingkan dengan mencoba cara pakai jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat di wajah.

Efek samping yang saat menggunakan jeruk nipis untuk kulit

cara mengobati eksim di wajah

Alergi

Semua makanan bisa menyebabkan alergi termasuk jeruk nipis. Buah yang satu ini bisa memicu gejala alergi dan menimbulkan berbagai gejala seperti pembengkakan, gatal-gatal, dan kemerahan pada kulit.

Kondisi ini bisa saja muncul ketika Anda mengoleskan jeruk nipis ke kulit sebagai cara untuk menghilangkan jerawat atau saat meminumnya.

Untuk menghindari alergi akibat jeruk nipis, coba lakukan tes alergi terlebih dahulu. Tes ini bisa dilakukan dengan mengoleskan sari jeruk nipis ke lengan bawah. Kemudian, diamkan selama kurang lebih 24 jam dan lihat reaksinya.

Jika tidak ada reaksi negatif seperti gatal atau kemerahan pada kulit, tandanya Anda tidak alergi terhadap buah yang satu ini.

Phytophotodermatitis

Selain itu dalam beberapa kasus, mengoleskan jeruk nipis langsung ke kulit juga bisa membuatnya lebih sensitif terhadap sinar matahari. Akibatnya, kulit bisa mengalami peradangan atau yang dikenal dengan istilah phytophotodermatitis.

Phytophotodermatitis biasanya muncul 24 jam setelah paparan dan memuncak antara 48 sampai 72 jam kemudian. Gejala yang muncul bisa ringan bisa juga berat saat Anda mencoba cara alami ini untuk menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis.

Adapun berbagai reaksi yang mungkin muncul yaitu:

  • Area terbakar yang cukup luas
  • Sensasi terbakar atau panas pada kulit
  • Gatal pada kulit
  • Kemerahan
  • Peradangan pada kulit
  • Kulit terasa sakit
  • Lembut saat disentuh
  • Kulit melepuh
  • Bercak kulit yang berkerak biasanya muncul setelah lepuhan di kulit pecah

Ketika gejala-gejala ini mereda setelah 7 sampai 14 hari, kulit akan mengalami hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah kondisi terjadi saat area kulit tertentu lebih gelap dari sekitarnya. Fase ini biasanya bisa berlangsung selama beberapa minggu atau bulan.

Namun, tidak semua orang mengalami hal ini. Anda juga bisa mengalami reaksi peradangan yang sangat ringan setelah terpapar sinar matahari. Hiperpigmentasi jadi salah satu tanda utama bahwa mereka mengalami  phytophotodermatitis.

Kulit basah, keringat, dan panas dapat memperburuk gejala awal. Sementara paparan sinar matahari dapat menggelapkan pigmentasi kulit.

Oleh karena itu, hindari menggunakan jeruk nipis untuk kulit secara langsung ke kulit sebagai cara untuk menghilangkan jerawat.

Akan jauh lebih baik jika Anda mengonsumsinya dalam bentuk ekstrak yang telah diolah menjadi losion atau produk lainnya. Anda juga bisa meminumnya untuk bisa mendapatkan manfaat jeruk nipis sekaligus untuk kesehatan tubuh.

Mengoleskan jeruk nipis dengan cara langsung ditempel ke kulit untuk menghilangkan jerawat sangat tidak disarankan.

The post Apakah Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis Terjamin Aman? appeared first on Hello Sehat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of