Lifestyle

15 Anime Perang Terbaik Yang Penuh Strategi dan Taktik Perang

Anime Perang Terbaik

Anime yang menonjolkan adegan-adegan pertarungan dengan grafis yang memukau memang selalu seru untuk ditonton. Sebut seja seperti Naruto, Dragon Ball, hingga Hunter X Hunter yang selalu mampu membuat pecinta anime terpukau dengan adegan pertempuran yang ditunjukkan. Namun selain anime populer tadi, masih banyak anime bertema peperangan dan pertempuran yang wajib kalian tonton. Apalagi, anime-anime tersebut dipenuhi dengan karakter-karakter yang penuh akal dan cerdik dalam menyusun strategi. Nah berikut daftar anime bertema perang terbaik yang wajib kalian tonton. Let’s check it out guys!

1. Aldnoah Zero (2014)

Anime Perang Terbaik - Aldnoah Zero

photo via amazon.com

Anime bertema peperangan yang wajib masuk dalam daftar tonton kalian adalah Aldnoah Zero. Anime bergenre fiksi ilmiah ini menyajikan cerita yang sangat menarik mengisahkan tentang perang besar yang melibatkan bumi dan kekaisaran Mars VERS. Putri VERS, Asseylum Vers Allusia kemudian turun ke bumi untuk bernegosiasi kepada warga dunia. Malangnya, perang baru segera tercipta sesampainya sang putri di bumi.

Peperangan tersebut dipicu oleh sekelompok teroris yang menyerang iring-iringan mobil putri Mars yang datang ke Bumi dalam rangka menjalin hubungan perdamaian. Demi membalas dendam atas insiden tersebut, para ksatria Mars langsung menyerang bumi dengan sadis. Anime ini sukses menyuguhkan adegan pertempuran mecha yang keren dengan berbagai strategi dari Kaizuka Inaho, seorang siswa SMA yang jenius, sehingga pasukan Bumi dapat mengimbangi kecanggihan teknologi yang dimiliki ksatria Mars.

2. Code Geass (2006)

Anime Perang Terbaik - Code Geass

photo via amazon.com

Selanjutnya ada Code Geass. Para pecinta anime tentu sudah nggak asing dengan anime satu ini. Anime ini bercerita tentang Negara Jepang yang telah dikuasai oleh Britania dan dinamai sebagai “area 11”. Sebagai salah satu bangsa jajahan negara Britania, bangsa eleven diperlakukan semena-mena dan tertindas secara sosial. Salah satu pangeran Britania bernama Lelouch Lamperouge bersama adiknya, Nunally, dibuang ke Jepang saat mereka masih anak-anak karena tak terima dengan pembunuhan ibunya.

Suatu ketika Lelouch menjalin perjanjian kontrak dengan seorang gadis misterius bernama CC yang memberikannya kekuatan Geass. Kekuatan tersebut memungkinkan Lelouch untuk membuat orang-orang mematuhi perintahnya dan dirinya mulai memimpin pemberontakan untuk menghancurkan kekuasaan Britania. Alur cerita pada anime ini selalu sukses membuat penonton terpukau dengan kemampuan taktik dan strategi dari Lelouch yang sering kali tak terduga. Anime yang akan mempertontonkan aksi kekuatan tak terbatas tokoh utamanya ini siap menghiburmu lewat suguhan cerita bertemakan perang yang pastinya menarik.

3. Shingeki no Kyojin/Attack on Titan (2013)

Anime Perang Terbaik - Shingeki no Kyojin

photo via amazon.com

Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan juga merupakan salah satu anime bertema perang terbaik yang wajib kamu tonton. Anime ini menawarkan genre military bercampur survival yang sangat menegangkan dan bikin ketagihan untuk disaksikan. Shingeki no Kyojin mengisahkan tentang ancaman spesies aneh bernama Titan yang digambarkan bertubuh raksasa dan tanpa ragu akan melahap siapa pun yang ada di depannya. Untuk menghadang datangnya Titan, umat manusia pun mendirikan benteng raksasa. Setelah Raksasa melahap ibunya sementara ayahnya menghilang, Eren yang bertekad untuk balas dendam mendaftar di militer bersama dengan Mikasa dan Armin.

4. Fullmetal Alchemist (2003)

Anime Perang Terbaik - Fullmetal Alchemist

photo via filmpro.ru

Fullmetal Alchemist termasuk ke dalam salah satu anime bertema perang terbaik berikutnya. Saking populernya anime ini sampai dibuatkan versi live actionnya. Fullmetal Alchemist mengisahkan tentang dua saudara alkemis bernama Edward dan Alphonse Elric, yang sedang mencari batu philosopher untuk memulihkan tubuh mereka setelah upaya yang gagal untuk membawa ibu mereka kembali ke hidup menggunakan alkimia. Akhirnya sang kakak Edward Elric menerima jabatan menjadi Alkemis Negara dan bertualang ke seluruh negeri demi mencari batu bertuah guna mencari cara mengembalikan tubuh mereka. Namun seiring perjalanan mereka, mereka akhirnya tahu kebusukan dari negara mereka yang sedang mencoba melakukan hal tabu dengan melakukan transmutasi manusia di seluruh wilayah negara.

5. Ginga Eiyuu Densetsu (2018)

Anime Perang Terbaik - Ginga Eiyuu Densetsu

photo via otakumode.com

Ginga Eiyuu Densetsu merupakan salah satu anime military dan peperangan terbaik yang diangkat dari novel. Anime ini merupakan remake dari anime legendaris yang populer di tahun 80-an yang memang memiliki jalan cerita yang sangat seru dan sangat mengandalkan strategi. Anime ini bercerita tentang dua negara antar galaksi yang telah lama terlibat dalam perang berkepanjangan, yaitu Kekaisaran Galaksi dan Aliansi planet bebas. Kedua negara tersebut masing-masing dipimpin oleh orang yang sama-sama jenius dan ahli strategi, diantaranya Reinhard yang memimpin pasukan Kekaisaran Galaksi dan Yang Wen Li sebagai pemimpin Aliansi Planet Bebas. Cerita yang disajikan tak hanya menonjolkan aksi pertarungan semata. Taktik perang, permainan politik, dan konflik ekonomi dalam anime ini juga digambarkan dengan sangat baik sehingga dapat membuat penonton ikut berpikir.

6. High School Fleet/Haifuri (2016)

Anime Perang Terbaik - High School Fleet

photo via imdb.com

High School Fleet juga disebut Haifuri merupakan salah satu anime bertema peperangan yang ceritanya tidak seberat anime bertema perang lainnya. Haifuri tidak mengambil waktu ketika peperangan, tapi masih ada unsur militer di dalamnya. Haifuri atau High School Fleet menggunakan tema sekolah pelayaran yang menggunakan kapal-kapal masa perang dunia. Akeno Misaki diterima ke dalam Blue Mermaid, sebuah pasukan maritim khusus, dan dia menjadi kapten kapal perusak Harakaze. Karena suatu hal misterius, teman-temannya di kapal berbeda menjadi jahat dan menyerang Akeno beserta krunya. Anime ini akan menyuguhkan adegan pertarungan antar kapal yang sangat seru dan sayang jika dilewatkan.

7. Break Blade (2010)

Anime Perang Terbaik - Break Blade

photo via les-series-tv.fr

Anime perag terbaik selanjutnya adalah Break Blade. Break Blade menceritakan tentang sebuah dunia di mana manusia bisa mengendalikan quartz. Hal ini memperbolehkan berbagai hal, termasuk mengendalikan sebuah robot raksasa yang dinamakan Golem. Kalian akan disuguhkan dengan perseteruan dua negara yaitu Krisna dan Athens dengan menggunakan Golem yang dikendalikan menggunakan Quartz, di mana Krisna dalam posisi yang kurang menguntungkan. Di tengah perseteruan tersebut, kalian akan disuguhkan dengan cerita persahabatan antara Rygart Arrow, Sigyn Erster dan Hodr yang berada pada pihak Krisna dan Zess yang berada pada pihak Athens.

Rygart sendiri tidak memiliki kemampuan menggunakan Quartz, namun akhirnya menemukan sebuah Golem legendaris yang membuatnya dirinya turut ikut bertempur demi mempertahankan negaranya sendiri dari pasukan Athens, yang dipimpin oleh seorang jenderal tidak kenal ampun.

8. Gundam Series

Anime Perang Terbaik - Gundam Series

photo via animeprintz.com

Gundam atau orang Jepang bilang Gandamu adalah sebuah seri fiksi ilmiah yang menampilkan robot raksasa yang digunakan untuk berperang. Serial ini pertama kali dimulai pada 7 April tahun 1979 dengan judul “Mobile Suit Gundam” dengan latar belakang militer. Nyaris semua serial anime ini memiliki unsur militer dan perang secara mendalam. Meskipun timelinenya dan jalan cerita setiap serialnya berlainan, premis cerita yang disajikan kurang lebih sama. Salah satu timeline yang wajib ditonton adalah adalah timeline Universal Century atau disingkat UC, yang merupakan timeline awal dari semua serial gundam. Di timeline inikamu akan dibawa ke dalam atmosfer peperangan antara Zeon melawan Federasi Bumi.

9. Youjo Senki (2017)

Anime Perang Terbaik - Youjo Senki

photo via ninemanga.net

Selanjutnya ada Youjo Senki yang merupakan anime bertema perang dan fantasi terbaik yang wajib kamu tonton. Youjo Senki wajib untuk kamu tonton jika kamu sedang mencari anime military yang menyoroti aksi panglima perang dengan tajam. Anime ini menceritakan Tanya Degurechaff sebagai tokoh utama yang dulunya merupakan pekerja kantoran yang tidak mengakui keberadaan Tuhan. Setelah dia mati, dia dihukum dengan direinkarnasikan ke dunia lain yang sedang terjadi konflik. Bukannya malah berubah, setelah direinkarnasikan pun dia tetap tidak mengakui keberadaan Tuhan, dan bersikeras untuk melawannya. Anime ini akan menyoroti Tanya Degurechaff yang menjadi prajurit militer yang terkenal kejam dan bengis karena sikap diktatornya.

10. Heavy Object (2015)

Anime Perang Terbaik - Heavy Object

photo via nexushub.co.za

Heavy Object merupakan salah satu anime perang terbaik dengan balutan mecha alias robot di dalamnya. Anime yang diangkat dari light novel ini menceritakan tentang peperangan di masa depan yang menggunakan senjata canggih bernama “Objects” yang mana senjata ini mampu menggantikan senjata-senjata tradisional terdahulu. Hadirnya Object membuat negara-negara yang berperang saling mengadu Object mereka hingga salah satu di antara mereka kalah. Namun Qwenthur Barbotage seorang pelajar yang sedang magang sebagai teknisi Object di pasukan tentara Kerajaan Sah berkata lain. Dia dan temannya Havia Winchell berusaha menghancurkan Object musuh dengan hanya bermodalkan nekat dan pengetahuan mengenai Object.

11. GATE (2010)

Anime Perang Terbaik - GATE

photo via amazon.ca

GATE juga menjadi salah satu anime perang terbaik yang wajib kamu tonton. Anime ini bercerita tentang terbukanya pintu gerbang menuju ke dunia lain di Jepang secara tiba-tiba. Gerbang alias portal tersebut kemudian memunculkan para ksatria, monster, dan makhluk fantasy lainnya yang kemudian mengibarkan bendera perang. Pemerintah Jepang akhirnya mengutus pasukan pertahanan mereka untuk memasuki sekaligus menjelajahi dunia lain yang berada di balik gerbang tersebut. Peperangan sengit pun tak terbendung lagi. Aspek cerita pada Gate ada dua sisi yaitu sisi ringan yang berecerita tentang kehidupan seorang bujangan dan sisi berat yang mencakup tema militer, politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

12. Bungou Stray Dogs (2018)

Anime Perang Terbaik - Bungou Stray Dogs

photo via shopee.ph

Ngomongin soal anime yang penuh strategi, tentu Bungo Stray Dogs nggak boleh dilupakan. Berbeda dari anime bertema perang lainnya, anime satu ini menyoroti Dazai Osamu, yang dikenal sebagai detektif yang sangat santai dan ceria namun juga memiliki sisi yang misterius. Anime ini berpusat pada perselisihan antara Agensi Detektif Bersenjata dengan Port Mafia, serta beberapa organisasi lain yang memperkuat konflik dalam anime ini. Dazai merupakan mantan anggota Port Mafia yang kini bergabung dengan Agensi Detektif Bersenjata. Ia sangat ahli dalam memprediksi pergerakan musuh, dan juga sangat cerdik dalam menyusun strategi yang selalu sukses menyulitkan lawan. Kalian akan disuguhkan dengan karakter yang lihai juga sangat pintar dalam menyusun strategi, sehingga adegan pertarungan yang ditampilkan terasa begitu epik. Beberapa plot twist yang tak terduga juga menjadikan Bungo Stray Dogs sebagai anime yang sangat seru dan tidak membosankan untuk ditonton.

13. Psycho Pass (2012)

Anime Perang Terbaik - Psycho Pass

photo via wallpaperflare.com

Psycho Pass merupakan anime bertema perang terbaik selanjutnya yang menyajikan jalan cerita yang cukup berat tapi sangat seru untuk ditonton. Sejatinya, Psycho-Pass merupakan anime bergenre police. Namun, seiring berjalannya cerita, Psycho-Pass juga menyuguhkan unsur peperangan yang menarik. Psycho-Pass sendiri mengisahkan tentang sebuah sistem pemerintahan bernam Sibyl yang mengatur jenis pekerjaan para penduduk sipil lewat serangkaian test. Sistem tersebut memungkinkan para pihak berwenang untuk mengadili orang-orang yang memiliki ‘koefisien kejahatan’ tinggi.

Namun terdapat penjahat misterius yang koefisien kejahatannya tidak dapat diukur oleh psycho pass, bernama Makishima. Ia merupakan penjahat yang sadis namun sangat cerdas dalam merencanakan segala tindak kejahatannya. Makishima memiliki tujuan untuk menghancurkan Sibyl system yang dianggapnya telah merenggut kebebasan manusia.

14. God Eater (2015)

Anime Perang Terbaik - God Eater

photo via imdb.com

God Eater merupakan anime yang diangkat dari video game populer dimana kalian akan disuguhkan dengan pertarungan pedang yang memukau. Punya adegan-adegan action yang tidak main-main, anime ini mengisahkan tentang kehidupan di tahun 2050 dimana umat manusia terancam oleh keberadaan monster pemakan manusia bernama “Aragami” yang kebal terhadap senjata konvensional apapun. Untuk mengatasi ini, sebuah organisasi militer bernama “God Eater” pun dibentuk yang berisikan mereka-mereka yang sudah disuntikkan sel Oracle dimana sel tersebut mampu memusnahkan para “Aragami”.

15. Senjou no Valkyria (2009)

Anime Perang Terbaik - Senjou no Valkyria

photo via poshaktebkasa.ir

Satu lagi anime bertema perang terbaik yang wajib kamu tonton adalah Senjou no Valkyria. Anime yang diangkat dari video game ini bersetting di Eropa dan akan memanjakan kamu lewat premis military atau militer yang ia punya. Senjou no Valkyria menceritakan tentang peperangan yang melibatkan Aliansi Kekaisaran Eropa Timur dan Federasi Atlantik, Gallia. Anime ini akan menyoroti Welkin Gunther, pemimpin Pasukan 7 yang harus mengerahkan seluruh tenaga untuk melindungi Gallia.

Nah itulah beberapa anime perang terabik yang penuh strategi dan taktik perang terbaik yang wajib kamu tonton. Jadi mana nih yang mau kamu tonton pertama?

The post 15 Anime Perang Terbaik Yang Penuh Strategi dan Taktik Perang appeared first on Blog Unik.