Peristiwa

Anies: Sepertiga Anak di Jakarta Tak Lulus SMA

Pemprov DKI Jakarta menjalin kerja sama dengan 68 universitas di Tanah Air terkait pembiayaan mahasiswa asal Jakarta. Gubernur DKI Anies Baswedan berharap dengan kerja sama ini kualitas ekonomi warga Jakarta bisa meningkat.

Sepertiga Anak di Jakarta Tak Lulus SMA

Google Berita – Pemprov DKI Jakarta menjalin kerja sama dengan 68 universitas di Tanah Air terkait pembiayaan mahasiswa asal Jakarta. Gubernur DKI Anies Baswedan berharap dengan kerja sama ini kualitas ekonomi warga Jakarta bisa meningkat.

Sepertiga Anak di Jakarta Tak Lulus SMA

Acara penandatanganan kerja sama digelar di aula Blok G Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (14/5/2018) sekitar pukul 12.45 WIB. Program kerja sama ini diberi nama Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU).

Kepala Dinas Pendidikan DKI Sopan Adrianto, Asisten Kesejahteraan Rakyat Catur Laswanto dan Kepala Biro Pemerintahan Pemprov DKI Premi Lestari turut hadir mendampingi Anies. Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Intan Ahmad juga hadir.

“Kalau boleh kami sampaikan program ini, kami titipkan anak-anak kita di 68 perguruan tinggi dengan harapan anak-anak kita naik kelas, naik kelas sosial dan ekonomi,” kata Anies dalam sambutannya.

Anies juga menyinggung secuil masalah pendidikan di Jakarta. Eks Mendikbud itu menyebut masih banyak anak-anak Jakarta tidak lulus SMA.

“Jadi 1/3 anak-anak kita tidak menyelesaikan SMA. Ini PR (pekerjaan rumah) tersendiri. Apalagi di pendidikan tinggi, wong di SMA saja 1/3 tidak lulus SMA,” sesal Anies.

Anies menilai universitas merupakan salah satu jalan meningkatkan ekonomi warga Ibu Kota. Dia berharap dengan KJMU ini anak-anak Jakarta bisa merasakan pendidikan yang tuntas dan berkualitas.

“Kita-kita yang di kampus sadar persis kampus adalah eskalator, makin kerja keras makin cepat ke atas, kampus itu eskalator sosial ekonomi. Mudah-mudahan anak-anak kita yang dititipkan lewat program ini kelak merasakan pendidikan yang sama,” tutur Anies.

Berbagai universitas negeri ikut andil dalam kerja sama ini. Beberapa perguruan tinggi dimaksud di antaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya, Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Negeri Semarang, Universitas Andalas dan Universitas Airlangga.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of