Aplikasi

Alasan Apple Menggunakan Kata “Hey Siri” Untuk Aktifkan Asisten Digital

Alasan dan Kendala Apple Menggunakan Frase Kata "Hey Siri"

Alasan Apple Menggunakan Kata Hey Siri Untuk Aktifkan Asisten Digital

Google Berita – Dalam dunia nyata tugas asisten adalah membantu mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh atasnya atau pemilik perusahaan. Sementara itu dalam dunia digital, asisten digital adalah suatu fitur yang wajib tersedia di berbagai perangkat cerdas.

Alasan Apple Menggunakan Frase Kata “Hey Siri”

Seperti yang kita ketahui, salah satu contoh asisten digital yang terdapat pada produk smartphone dari Apple, Siri yang dalam pengaktifannya hanya dilakukan dengan menahan tombol home atau menggunakan suara dengan menyebutkan “Hey Siri”. Dalam penggunaannya asisten digital yang terdapat pada smartphone Iphone tersebut sangat mudah dilakukan, user cukup memberikan tugas atau perintah untuk melakukan suatu kegiatan dengan diawali kata “Hey Siri”. Yang tak lama kemudian akan ditampilkan dalam layar smartphone tersebut apa yang diinginkan oleh usernya.

Alasan Apple Menggunakan Frase Kata Hey Siri

Namun sebagian besar atau semua user belum tentu mengetahui, mengapa pihak produsen smartphone Apple menggunkana kata tersebut untuk mengaktifkan asisten digital tersebut? Setelah melalui penelusuran yang lebih jelas, ternyata untuk pemilihan frase kata tersebut sangat natural diucapkan oleh setiap manusia. Seperti halnya pemanggilan nama seseorang yang terkesan akrab.

“Dalam penyebutan ‘Hey Siri’ pada awalnya dipilih dengan pertimbangan yang sangat alami dalam memanggil orang yang tak dikenal dengan sapaan yang akrab. Yang dapat diaktifkan dengan menahan tombol home atau menyebutkan Hey Siri, maka asisten digital akan aktif.” ungkap pihak Apple.

Kesulitan Bagi Apple Menggunakan Frase Kata “Hey Siri”

Namun perusahaan asal Cupertino tersebut juga menyampaikan kesulitan mereka untuk menahan kegiatan yang tak disengaja. Dimana saat suatu kondisi yang tanpa disengaja menyebutkan frase kata yang menyerupai “Hey Siri”. Akan tetapi setelah mengalami perubahan yang lebih baik, mereka berhasil menyempurnakan kode dalam sistem mereka. Yang membuat microphone pada Iphone hanya akan merespon hanya untuk frase kata tersebut saja.

Dengan perkembangan digital yang kian pesat, perusahaan Apple mengakui kendala lain dalam pengembangan asisten digital tersebut. Hal ini dikarenakan sistem yang terdapat pada asisten digital untuk versi IOS tersebut kurang mampu untuk bersaing langsung dengan Google Assistant atau Alexa milik Amazon.

Ini dikarenakan pada Siri terdapat banyak masalah dengan kode yang ada di dalamnya, sehingga sampai saat ini tingkat kecerdasan yang dimiliki Siri masih terkesan jauh dibandingkan dengan kedua asisten pribadi tersebut. Namun hal tersebut tidak serta merta dibiarkan oleh pihak Apple yang diketahui saat ini tengah melakukan riset dari beberapa ahli pengembang Artifical Intelligence (AI) dari Google dan tim AI dari luar untuk membantu peningkatan sistem mereka.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of