Teknologi

Akun WA Dicuri Hacker, Ini Cara Efektif Tanpa Tunggu Lama








Surabaya (beritajatim.com) – Pernah mendapatkan pesan singkat atau SMS pemberian kode verifikasi aplikasi WhatApp (WA)? Saat kita hendak masuk aplikasi di perangkat atau ponsel baru, WA akan meminta verifikasi nomor kode melalui pesan singkat. Lalu apakah pesan singkat itu bisa berganti-ganti bahasa meski kita berada di Indonesia dan memakai Bahasa Indonesia? Ternyata bisa.

Begini pengalaman beritajatim.com yang sempat hampir menjadi korban hacker atau pencurian akun WA. Ada beberapa jenis bahasa yang diperoleh dalam verifikasi kode tersebut. Pertama jurnalis beritajatim.com memperoleh permintaan kode ini menggunakan Bahasa Inggris. Lalu pelaku meminta jurnalis beritajatim.com untuk memberikan kode tersebut melalui pesan WA.

Pelaku yang memakai nomor kode negara +670 7389 8375 ini pun meminta kode yang jurnalis beritajatim.com peroleh. Namun karena sedikit tahu bahasa internasional tersebut, pelaku mencoba terus masuk verifikasi pesan. Karena sistem robot milik perusahaan WhatApp curiga, pesan verifikasi pun dibatasi hingga 7 jam melalui pesan SMS dan 2 jam melalui panggilan telepon.

Karena nomor pelaku ikut grup WhatApp jurnalis di Bali dan Surabaya, sejumlah jurnalis pun melaporkan nomor tersbut agar dikeluarkan dari grup. Benar, tercatat ada 5 jurnalis lebih sudah dicoba untuk dicuri akunnya. Sampai akhirnya pelaku dikeluarkan dalam grup dan para jurnalis pun menceritakan pengalamannya.

“Saya juga dapat pesan verifikasi itu. Mungkin salah satu admin sudah kena hack, jadi pelaku bisa masuk ke grup,” cetus salah satu jurnalis yang enggan disebutkan namanya.

Contoh pesan verifikasi aplikasi WhatApp mengirimkan code sesuai bahasa yang dipakai pelaku. (Tangkap Layar/Manik Priyo Prabowo)

Sementara meski tak memberikan kode verifikasi, pelaku hacker ini berhasil menyusup ke akun WA jurnalis beritajatim.com. Dalam pemberitahuan WA terulis bahwa peralihan akun WA ke perangkat baru berhasil. Saat itu juga aplikasi WA dengan akun nomor jurnalis beritajatim.com seketika tak bisa digunakan dan keluar aplikasi.

Sampai akhirnya jurnalis ini pun mencoba banding dengan masuk ke akun WA lagi dan tertulis verifikasi melalui SMS menunggu 7 jam dan telepon 2 jam kemudian. Tak mau tinggal diam, jurnalis ini pun mencoba mempelajari webside WA terkait pencurian akun.

Hingga akhirnya dapatlah cara agar bisa masuk akun tanpa harus menunggu verifikasi sampai 7 jam tuk sms dan 2 jam tuk telepon. Caranya yakni dengan menonaktifkan ponsel minimal 30 detik. Kemudian ponsel dinyalakan kembali dan aplikasi WA, WA ganda, maupun WA Bisnis dihapus. Bahkan semua folder WA di perangkat internal harus dihapus guna menghilangkan histori penggunaan aplikasi.

Baca Juga:

  • Puluhan Komunitas Cangkruk Bareng di One Cafe, Ada apa?
  • Tunjang Publikasi Pemerintah Daerah, Diskominfo Jatim Gandeng Pegiat Medsos
  • Wakil Bupati Pamekasan Ajak Masyarakat Santun Bermedsos
  • Dinilai Ganggu Penanganan Covid-19, IDI Polisikan Tiga Akun FB

Benar usai semua aplikasi dan folder WA terhapus dan mematikan ponsel pintar 30 menit. Kita lakukan instal lagi aplikasi WA dan bisa seketika itu juga melakukan verifikasi melalui SMS atau telepon.

Tanpa perlu khawatir kita bisa melakukan ini dengan penuh hati-hati dan kepala dingin. Karena jika kita gegabah maka akun kita akan dicuri meski 7 jam atau 2 jam lamanya.

Jangan lupa aktifkan verifikasi dua langkah di pengaturan WA. Sebab meski bisa mencuri akun tanpa sengaja, pesan WA tak akan bisa dibuka atau terpakai jika tak tahu kode kedua ini. [man/but]







The post Akun WA Dicuri Hacker, Ini Cara Efektif Tanpa Tunggu Lama first appeared on beritajatim.com.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of