Peristiwa

Aksi Penyanyi Dangdut Pantura Ngamen untuk Korban Gempa Palu

Googleberita.com, Cirebon – Dahsyatnya Gempa dan Tsunami Palu Sulawesi Tengah (Sulteng) membuat seluruh elemen masyarakat menggelar aksi solidaritas.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu artis Pantura Cirebon Diana Sastra. Berbagai cara dan upaya dilakukan sejumlah artis dangdut pantura Cirebon untuk membantu korban Gempa dan Tsunami Palu.

Sejumlah lagu pantura yang biasa dibawakannya menghibur penghuni Pasar Pasalaran Cirebon. Seperti Pemuda Idaman, Bujange Rakyat, dan lainnya.

“Beberapa pasar juga akan kami sambangi untuk gelar aksi yang sama menggalang dana untuk korban gempa dan tsunami di palu,” kata Diana Sastra, Jumat (5/10/2018).

Pelantun lagu Juragan Empang ini menggelar aksi bersama pengamen di Pasar Pasalaran Kabupaten Cirebon. Satu per satu pedagang memasukkan uang ke dalam kotak kardus yang dibawa Diana Sastra.

Tidak sedikit pedagang maupun pengunjung juga mengajak foto bersama.

“Ide ngamen ini muncul ketika saya bertemu para pengamen habis makan nasi Jamblang beberapa hari sebelum aksi,” ujar dia.

Diana Sastra bernyanyi sambil membawa kotak kardus. Diiringi pengamen jalanan, Diana Sastra pun berkeliling pasar tradisional itu.

Dia mengatakan dengan cara ngamen, ia bisa mengajak kalangan masyarakat untuk ikut membantu korban gempa, termasuk para seniman jalanan.

“Saya selalu berusaha menjadi seniman yang tak hanya menghasilkan tontonan, tapi yang bisa menghasilkan tuntunan juga,” kata Diana.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Makan Puas Bayar Seikhlasnya

Aksi unik dilakukan komunitas anak muda di Cirebon dengan menggelar kegiatan makan sepuasnya bayar seikhlasnya. Foto (Googleberita.com / Panji Prayitno)

Aksi serupa juga digelar komunitas anak muda kreatif Cirebon Jawa Barat. Mereka yang tergabung dalam 234 Solidarity Community tersebut menggelar aksi solidaritas untuk korban gempa dan tsunami Palu.

“Kita gelar kegiatan biasa sebenarnya makan sepuasnya tapi bayar seikhlasnya,” kata Ketua 234 SC Regional Wilayah Cirebon RM Hendy. FN di Kopi Sampeu Cirebon.

Dari aksi tersebut, mereka menargetkan pendapatan minimal Rp 1 juta untuk setiap pengunjung yang makan maupun hanya sekedar minum kopi. Sejumlah pengunjung terlihat menikmati makanan yang disajikan dalam bentuk prasmanan.

Hasil dari kegiatan tersebut, akan disumbangkan seluruhnya untuk korban gempa dan tsunami di Palu Sulawesi Tengah. Dana hasil donasi disalurkan melalui rekening pengurus DPP 234 SC.

Meski hanya sehari, Hendy mengaku tetap menerima donasi dalam bentuk apapun dari masyarakat Cirebon untuk korban gempa dan tsunami Palu.

“Kita fokus salurkan uang karena lebih mudah dan praktis tapi tidak menutup pintu untuk masyarakat yang akan menyalurkan bantuan berupa barang,” ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of