Politik

Achmad Hidayat: PDI Perjuangan Kedepankan Pendidikan

beritajatim.com Achmad Hidayat: PDI Perjuangan Kedepankan PendidikanAde Mas Satrio Gunawan



Surabaya (beritajatim.com) – Sebanyak 3.062 mahasiswa yang terdaftar menerima beasiswa Perguruan Tinggi dari Pemerintah Kota Surabaya akan direalisasikan pada bulan April 2022 melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya.

Selain itu, Pemkot pun menyediakan beasiswa bagi arek Suroboyo yang kuliah di 11 perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta.

Tahun ini Pemkot Surabaya kembali meluncurkan program beasiswa untuk masyarakatnya. Khusus yang hendak masuk ke PTN dan swasta. Mereka bakal mendapatkan biaya pendidikan dari Pemkot Surabaya hingga lulus.

Hal itu tertuang di dalam Peraturan Walikota Surabaya Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Tata Cara Pemberian Beasiswa yang bertujuan menjamin penyelenggaraan pendidikan bagi warga surabaya masuk kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) hingga jenjang Pendidikan Tinggi.

Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kota Surabaya Achmad Hidayat menceritakan pengalamannya sebagai alumni penerima beasiswa dari Pemerintah Kota Surabaya yang saat itu namanya Beasiswa Bibit Unggul lalu bertranformasi ke Generasi Emas.

“Saat itu selain mendapatkan beasiswa, saya dan kawan-kawan diwajibkan tinggal di asrama Kalijudan (saat Ini menjadi Pondok Sosial Kalijudan), kami di gembleng disana agar bisa menjadi generasi yang tidak hanya berkompeten namun berkarakter,” kata Achmad Hidayat kepada beritajatim.com, Minggu (10/4/2022).

Achmad memaparkan program ini di prakarsai Era Wali Kota Sunarto Sumoprawiro lalu dilanjutkan Bambang Dwi Hartono dan diperluas kuotanya di Era Tri Rismaharini dan saat ini dengan jumlah kuota 3.062 mahasiswa saat kepemimpinan Eri Cahyadi – Armuji.

Baca Juga:

  • Dua Tokoh Ini Berpeluang Jadi Ketua DPRD Surabaya
  • 5 Calon Kepala Daerah di Jatim Kantongi Rekomendasi PDIP Hari Ini
  • Politisi PDIP Ini Siap Ikuti Kebijakan Pemkot Surabaya
  • TMP Surabaya Rapatkan Barisan Menangkan Eri Cahyadi Calon Penerus Bu Risma

Program ini telah banyak menelurkan sumber daya manusia yang mampu bersaing. “Kalau dilihat sejarah panjangnya andil PDI Perjuangan yang selalu mengedepankan urusan pendidikan, karena salah satu cara mengentaskan kemiskinan dengan memotong mata rantainya melalui pendidikan,” kata Achmad.

Achmad juga menyuarakan supaya program ini dapat tersosialisasi dengan baik sehingga makin banyak yang mengetahui program beasiswa ini. Bisa menggunakan berbagai saluran media atau media sosial.

Menurutnya, itu wajib dilakukan agar tujuan untuk menjangkau masyarakat Surabaya yang berkeinginan kuat untuk kuliah dapat dioptimalkan. Dia menyebut dengan adanya akses beasiswa tidak ada lagi alasan biaya setelah mereka diterima di PTN atau Perguruan Tinggi yang telah bekerjasama dengan pemerintah Kota Surabaya.

“Alhamdulillah kepempimpinan Eri-Armuji sigap dengan kebutuhan rakyat. Saat ini memasuki fase seleksi perguruan tinggi Pemerintah Kota Surabaya telah menyiapkan beasiswa bagi warganya yang sesuai dengan kriteria,” pungkas mantan aktivis GMNI ini. [asg/but]




The post Achmad Hidayat: PDI Perjuangan Kedepankan Pendidikan first appeared on beritajatim.com.