Lifestyle

7 Manfaat Penting Teh Daun Sage untuk Kesehatan

googleberita

Anda bisa memilih teh daun sage untuk dinikmati pada pagi hari karena memberi manfaat yang baik untuk kesehatan. Mungkin Anda perlu mencobanya sewaktu-waktu untuk merasakan khasiatnya. Teh daun sage mengandung antioksidan yang tinggi yang mampu melawan peradangan dan memberikan keuntungan kesehatan lainnya. Jika Anda salah seorang penikmat teh, Anda wajib mengetahui manfaat di balik secangkir daun teh sage bila dikonsumsi secara rutin.

Manfaat minum teh daun sage untuk kesehatan

Daun sage (Salvia officinalis) tergolong dalam keluarga daun mint. Teh daun sage memiliki aroma yang kuat dan rasa yang earthy ketika diminum. Dibalik rasa yang menenangkan, teh daun sage memiliki keuntungan kesehatan.

Berikut manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dari konsumsi teh daun sage.

1. Memperbaiki fungsi otak

Teh daun sage memiliki beragam antioksidan, sehingga memberi manfaat kesehatan untuk menangkal radikal bebas yang berkaitan dengan penyakit kronik. 

Teh daun sage mengandung asam klorogenat, asam kafeat, maupun asam ellegic yang dapat menurunkan risiko kanker dan memperbaiki fungsi serta memori otak.

2. Meringankan gejala menopause

Menjelang menopause, umumnya perempuan mengalami penurunan kadar estrogen dalam tubuhnya. Umumnya gejala ditandai dengan keringat berlebih, kering pada vagina, sensasi kepanasan (hot flashes), dan mudah marah. Teh daun sage memiliki manfaat untuk meringankan gejala menopause

Daun sage memiliki komponen yang memiliki sifat mirip dengan hormon estrogen, sehingga dapat merangsang reseptor dalam otak untuk meringankan gejala menopause di atas. Terutama meredakan hot flashes dan keringat berlebihan.

3. Menurunkan kolesterol

Selanjutnya, manfaat teh daun sage yang dapat dirasakan adalah menurunkan kolesterol. Menurut studi dari International Journal of Molecular Science, konsumsi teh daun sage selama 4 minggu dapat memperbaiki kadar kolesterol pada partisipan.

Hasil penelitian menunjukkan, partisipan yang terlibat mengalami penurunan kadar kolesterol LDL. Meski demikian, peneliti mengatakan teh daun sage hanya mempengaruhi kadar kolesterol dan tidak memberikan efek pada kadar gula darah.

4. Meredakan inflamasi

Teh daun sage juga memiliki manfaat untuk meradakan inflamasi. Sebuah studi menyebutkan bahwa daun sage memiliki sifat anti-inflamasi. Daun sage mengurangi respon inflamasi pada jaringan gusi.

Fungsi dari teh daun sage bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut dan pernapasan, mulai dari radang mulut, radang gusi, pembengkakan amandel, maupun radang tenggorokan.

5. Menyehatkan rambut

Teh sage juga punya manfaat kesehatan untuk rambut. Anda cukup menyeduh teh daun sage yang dicampurkan dengan teh hitam atau rosemary. Tunggu hingga dingin, kemudian siramkan ke seluruh rambut dan kulit kepala. 

Sebetulnya belum ada penelitian yang mendukung manfaat ini. Namun, tanin dalam teh daun sage dan teh hitam dipercaya mampu mendukung pertumbuhan rambut dan menghitamkan rambut abu-abu.

6. Meringankan masalah pencernaan

Teh daun sage juga memberikan manfaat jika Anda mengalami masalah pencernaan seperti, gastritis, diare, perut kembung, dan heartburn. 

7. Mengatasi mukositis oral

Mukositis oral merupakan salah satu efek kemoterapi dan terapi radiasi dalam penanganan kanker. Mukositis oral terjadi ketika lapisan mulut rusak yang menimbulkan luka dan sariawan.

Sebuah studi dari Complementary Therapies in Medicine menyebutkan bahwa berkumur dengan teh daun sage mampu mengurangi mukositis oral pada orang yang menjalani kemoterapi.

The post 7 Manfaat Penting Teh Daun Sage untuk Kesehatan appeared first on Hello Sehat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of