Peristiwa

7 Cara Menghilangkan Jerawat Bandel Secara Alami Tanpa Efek Samping

Googleberita.com, Jakarta Munculnya jerawat di bagian tubuh mana pun bukanlah hal yang menyenangkan, baik bagi wanita maupun pria. Masalah kulit yang satu ini bahkan bisa berdampak pada berkurangnya rasa percaya diri. Siapa pun pasti kesal dan nggak nyaman jika memiliki kulit berjerawat. 

Jerawat atau acne vulgaris dalam istilah medis, merupakan penyakit yang mempengaruhi kelenjar minyak pada kulit. Lubang kecil di kulit (pori-pori) terhubung dengan kelenjar minyak di bawah kulit. Kelenjar ini membuat zat berminyak yang disebut sebum. Pori-pori terhubung ke kelenjar oleh kanal yang disebut folikel. Di dalam folikel, minyak membawa sel kulit mati ke permukaan kulit. 

Banyak faktor yang dapat memicu timbulnya jerawat diantaranya infeksi akibat bakteri P. acne, kulit berminyak, ketidakseimbangan hormon, juga pola makan yang tidak sehat.

Jerawat bukanlah penyakit kulit yang berbahaya. Namun wajah yang berjerawat akan menurunkan tingkat kepercayaan diri. Apalagi jika jerawat tersebut membandel, saat sudah ada yang hilang, tumbuh lagi satu. Duh, rasanya bete banget.

Eits, tapi buat kamu yang udah nggak tahan dengan jerawat dan ingin segera menghilangkannya ada cara menghilangkan jerawat. Saat ini seiring berkembangnya jaman, banyak cara menghilangkan jerawat. Namun, agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya alangkah baiknya menggunakan cara alami untuk mengatasi jerawat tersebut. Nah, dirangkum Googleberita.com dari berbagai sumber Sabtu (20/10/2018) berikut ini kumpulan cara menghilangkan jerawat yang membandel dengan bahan alami.

1. Cara menghilangkan jerawat membandel dengan masker alpukat dan madu

Ilustrasi alpukat (Sumber: pixabay)

Alpukat dan madu adalah salah satu kombinasi terbaik untuk mengatasi masalah jerawat. Madu, bahan alami yang dikenal sejak dulu memiliki banyak manfaat untuk kulit karena mengandung hidrogen peroksida yang bersifat antibakteri.

Sementara alpukat kaya akan vitamin E yang dapat menembus pori – pori kulit sehingga mengurangi peradangan pada kulit. Kombinasi kedua bahan ini mampu menjadi cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat.

Caranya menggunakannya pun cukup mudah. Ambil setengah bagian alpukat, tumbuk hingga halus, tambahkan 1 sdm madu. Jika sudah tercampur rata, aplikasikan pada wajah yang telah bersih. Diamkan selama lebih kurang 15 menit – 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

2. Cara menghilangkan jerawat dengan masker yogurt dan madu

Ilustrasi yogurt (sumber: pexels)

Yogurt mengandung bakteri baik, asam laktat, dan asam alfa hidroksi yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Campurkan 1 sdm madu dan 2 sdm yogurt, aduk hingga rata. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

 

 

3. Cara menghilangkan jerawat dengan lemon

Ilustrasi Buah Lemon (iStockphoto)

Asam askorbat-L yang terkandung dalam lemon dapat mengurangi masalah peradangan pada kulit berjerawat serta membersihkan pori – pori wajah yang tersumbat. Lemon juga dikenal baik sebagai pencerah kulit dan penghilang noda pada wajah.

Siapkan satu buah lemon, peras lemon pada wadah. Gunakan air perasan lemon dan oleskan pada wajah. Biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk.  Lakukan perawatan ini secara rutin sekali dalam sehari untuk mengatasi masalah jerawat membandel.

4. Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Ilustrasi lidah buaya (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang ampuh mengatasi masalah jerawat. Lidah buaya mengandung banyak zat aktif yang dapat mengusir jerawat. Lidah buaya mengandung senyawa aktif yang disebut dengan polifenol. Polifenol sendiri berguna sebagai anti-bakteri. Senyawa ini dapat membantu menghilangkan jerawat.

Caranya adalah dengan iris lidah buaya hingga tinggal dagingnya. Haluskan dengan sendok hingga membentuk gel. Lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama lebih kurang 20 menit lalu bilas dengan air.

5. Cara menghilangkan jerawat dengan masker putih telur

Ilustrasi putih telur (Sumber: Unsplash)

Putih telur mengandung enzim lysozim yang dapat menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat. Putih telur juga bisa membantu mengecilkan pori-pori kulit serta mengurangi minyak berlebih yang merupakan penyebab jerawat.

Untuk menyiasati bau amis pada putih telur, kamu bisa mencampurnya dengan perasaan jeruk nipis atau lemon. Caranya dengan ambil sebutir telur lalu pisahkan kuning dan putihnya. Kocok putih telur hingga mengembang lalu campurkan 1 sdm air perasan jeruk nipis. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

6. Cara menghilangkan jerawat dengan masker mentimun

Ilustrasi masker mentimun (Sumber: pexels)

Mentimun mengandung air yang tinggi serta vitamin A,B, dan C. Terdapat pula mineral yaitu magnesium, kalium, mangan, dan silika. Mentimun juga memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih bagi wajah. Oleh karena itu mentimun sangat manjur sekali untuk membasmi jerawat membandel.

Terdapat dua cara dalam pengaplikasiannya. Cara pertama adalah dengan mengiris tipis-tipis mentium lalu letakkan pada wajah. Cara kedua dengan menjus 1 buah mentimun lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Jerawat hilang, wajah pun jadi lebih segar.

7. Cara menghilangkan jerawat dengan masker tomat

Ilustrasi Tomat (iStockphoto)​

Buah Tomat mengandung banyak vitamin A dan C, yang ampuh dan manjur untuk membasmi jerawat yang membandel. Ada dua cara menggunakan tomat sebagai masker. Langkah pertama iris tipis-tipis tomat lalu tutupi wajah dengan irisan tomat. Cara kedua, blender 1 buah tomat lalu aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of