Travel

6 Tips Berhemat Selama “Traveling” di Tokyo

Tokyo dikenal sebagai destinasi wisata yang terkesan mahal. Hotel, makan, dan transportasi tergolong mahal di kota ini.

6 Tips Berhemat Selama "Traveling" di Tokyo

Google Berita – Tokyo dikenal sebagai destinasi wisata yang terkesan mahal. Hotel, makan, dan transportasi tergolong mahal di kota ini.

Namun, ada beberapa tips agar perjalanan selama di Tokyo bisa lebih hemat.

Hal ini diungkapkan Jonathan Alder yang bekerja di sebuah travel agent dan ahli mengenai wisata Tokyo. Ia memberikan beberapa tips menikmati Tokyo dengan hemat, seperti dikutip dari Nytimes.com.

Berkunjung selama musim dingin

Kunjungi Tokyo pada bulan November sampai Februari. Tarif hotel biasanya lebih murah pada bulan-bulan ini. Selain itu cuaca juga cenderung sejuk sampai dingin.

Pada musim panas, tarif hotel begitu tinggi. Selain itu udara terasa panas sehingga terkadang tidak nyaman untuk bepergian.

Hindari bepergian pada bulan Maret dan April. Ini adalah bulan-bulan musim mekarnya bunga sakura. Ada banyak festival pada saat musim sakura. Tarif hotel pun sedang di puncaknya dan kamar kosong akan susah didapat.

Menginap di pusat kota

Pilih akomodasi di pusat kota, tepatnya dekat Stasiun Tokyo dan Istana Imperial Tokyo. Lokasi kedua tempat ini berdekatan dan berada di jantung kota. Anda pun jadi lebih mudah mengakses ke beberapa tempat lainnya.

Harga penginapan di jantung kota biasanya lebih mahal dibanding pinggiran kota. Namun hal ini layak dipertimbangkan karena ongkos transportasi Anda bisa dihemat. Dengan menginap di jantung kota, Anda cukup berjalan kaki ke beberapa tempat wisata yang populer.

Pilih tempat makan murah

Tokyo adalah rumah dari restoran-restoran terkenal di dunia yang juga “terkenal” dengan harga yang mahal. Jika Anda adalah pelancong yang doyan kulineran, tidak perlu hindari sama sekali tempat-tempat ini. Anda bisa saja makan di tempat mahal dan terkenal, tetapi batasi hanya sekali saja.

Lalu berhemat dengan makan di restoran lebih sederhana yang menawarkan harga lebih murah. Tidak harus membeli makanan cepat saji di minimarket. Anda bisa coba kedai ramen, toko roti, dan izakaya (bar yang juga menjual makanan).

Satu hal yang mudah Anda ketahui, jika ada antrean di depan restoran tersebut, maka bisa dipastikan rasanya enak. Menurut Alder, Stasiun Tokyo ada beragam pilihan tempat makan yang murah tetapi dengan rasa yang enak.

Gunakan Subway

Subway atau kereta bawah tanah Tokyo merupakan cara terbaik untuk bepergian di area-area utama Tokyo maupun tempat-tempat wisata.

Selain cepat, harga tiketnya juga murah. Coba cek rail pass untuk mendapatkan harga tiket yang lebih murah. Selain lebih murah, kereta di Tokyo juga terkenal bersih dan tepat waktu.

Kunjungi tempat wisata gratis

Ada banyak tempat wisata di Tokyo yang bisa dikunjungi dengan gratis ataupun dengan harga tiket yang murah.

Misalnya Ueno yang merupakan taman terbuka dan juga rumah bagi para rusa. Bisa juga kunjungi museum-museum dengan tiket terjangkau seperti Museum Nasional dan Museum Nezu.

Istana Imperial bisa dikunjungi dengan gratis, tetapi Anda harus memesan kunjungan terlebih dahulu. Pemesanan bisa dilakukan secara online satu bulan sebelulm kunjungan.

Belanja barang Jepang yang bebas pajak

Bawa selalu paspor Anda saat berbelanja. Dengan paspor ini, Anda bisa membeli barang bebas pajak di beberapa toko di Tokyo.

Selain itu, pastikan Anda membeli barang-barang merek Jepang, karena harganya lebih murah daripada barang mewah merek luar.

Anda bisa kunjungi Shibuya 109 untuk baju, Bic Camera untuk barang elektronik, atau kunjungi Don Quixote untuk barang dan suvenir khas Jepang yang unik dan aneh.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of