Teknologi

6 Cara Hapus Akun Kredit Pintar Permanen (100% Data Jadi Aman!)

Kredit Pintar adalah aplikasi pinjaman online yang resmi terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dengan demikian, aplikasi ini aman digunakan. Namun, untuk menggunakannya, perlu diketahui pula cara hapus akun Kredit Pintar yang bisa dipakai.

Penghapusan akun ini bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini perlu dilakukan jika Anda sudah tidak membutuhkannya lagi. Pasalnya, aplikasi pinjaman online ini membutuhkan data penting seperti lokasi, nomor HP, dsb. Jadi, perlu diwaspadai dalam memberikan info pribadi.

Cara Hapus Akun Kredit Pintar

Untuk menghapus akun demi alasan keamanan, lakukan berbagai cara yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Lakukan Panggilan ke Call Center

Lakukan-Panggilan-ke-Call-Center

Jika pinjaman online yang sudah dilakukan sudah lunas dibayar, Anda bisa menutup akun Kredit Pintar ketika sudah tidak digunakan lagi. Caranya adalah dengan melakukan panggilan ke call center melalui nomor resminya yaitu: (021) 50598882.

Cara ini lebih praktis dipakai karena hanya menggunakan ponsel yang Anda punya saat ini. Setelah berhasil tersambung, katakan apa maksud melakukan panggilan yaitu mengajukan penghapusan data.

Anda akan ditanyakan identitas lebih rinci sebagai bukti bahwa yang melakukan panggilan adalah pemilik akun yang asli. Selanjutnya, akan diminta pula bukti tagihan yang ada di akun Kredit Pintar sudah benar-benar lunas.

2. Hapus Data di Aplikasi Kredit Pintar

Cara selanjutnya ini juga dapat digunakan untuk aplikasi yang ada di ponsel. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke Pengaturan atau Setting ponsel.
  2. Selanjutnya, pilih Aplikasi.
  3. Cari aplikasi Kredit Pintar di daftar pengaturan tersebut. Setelah menemukannya, klik aplikasinya.
  4. Akan muncul dua opsi tombol Hapus Cache atau Hapus Data. Jika ingin menghapus file sampah atau file sementara, klik Hapus Cache. Namun, jika ingin menghilangkan data di aplikasi, klik Hapus Data.
Akan-muncul-dua-opsi-tombol-Hapus-Cache-atau-Hapus-Data
  • Otomatis semua data di aplikasi Kredit Pintar akan terhapus dengan baik.

Cobalah untuk membuka aplikasi tersebut untuk mengeceknya. Tanda data sudah terhapus adalah aplikasi akan kembali seperti Anda baru melakukan penginstalan. Jadi, perlu membuat akun baru kembali jika ingin membuatnya.

Hal ini akan membantu untuk mengamankan data pribadi Anda karena di HP sudah hilang.

3. Hapus Aplikasi

Hapus-Aplikasi

Jika sudah tidak dibutuhkan lagi, maka langkah yang umum dilakukan yaitu langsung menghapus aplikasi tersebut. Namun, perlu diketahui bahwa cara hapus akun Kredit Pintar ini tidak permanen karena datanya masih ada.

Hanya aplikasinya saja yang dihapus. Jadi, jika sewaktu-waktu membutuhkannya kembali, Anda tinggal menginstall dan login menggunakan akun lama.

Cara penghapusan aplikasi ini sama seperti hapus aplikasi di Android, yaitu sebagai berikut:

  1. Buka Pengaturan yang ada di HP
  2. Klik aplikasi.
  3. Pilih aplikasi Kredit Pintar, lalu tekan Unistall atau Copot Pemasangan.

Selain cara diatas, ada cara cepat yang bisa dilakukan yaitu melalui halaman layar HP. Cari aplikasi tersebut kemudian, tekan dan tahan sampai muncul icon tong sampah.

Klik icon tersebut dan konfirmasi dengan menekan tombol Uninstall. Untuk setiap jenis HP tertentu bisa saja sedikit berbeda fiturnya tapi kurang lebih Anda bisa dengan mudah menerapkan cara ini sesuai jenis HP.

4. Ubah Nomor

Ubah-Nomor

Langkah selanjutnya untuk cara hapus akun Kredit Pintar yaitu mengubah nomor kartu SIM Anda. Hal ini merupakan langkah lanjutan yang dapat dipraktekkan setelah menghapus aplikasi Kredit Pintar.

Tujuan untuk mengubah nomor ini berfungsi agar tidak muncul notifikasi mengganggu yang terkadang muncul ketika masih aktif akunnya.

Dengan mengubah nomor juga berfungsi untuk menghilangkan data dan jejak bahwa pernah melakukan pinjaman online. Dengan demikian, kerahasiaan privasi menjadi lebih terjamin.

5. Menghubungi OJK Jika Ada Hal Mencurigakan

Menghubungi-OJK-Jika-Ada-Hal-Mencurigakan

Tahap ini digunakan apabila data yang Anda berikan ke aplikasi pinjaman online tersebut terjadi penyalahgunaan. Oleh sebab itu, perlu adanya tindakan untuk mengamankannya.

Jangan sampai data digunakan untuk kegiatan memeras, penyebaran, sampai penjualan data. Jika sudah menemukan tindakan yang merugikan Anda silahkan untuk menghubungi badan OJK untuk meminta bantuan atau penindakan terhadap pinjaman online tersebut.

Namun, penyalahgunaan ini jarang terjadi untuk aplikasi yang sudah terdaftar OJK tetapi tidak ada salahnya untuk selalu berhati-hati. Hal yang tidak boleh dilupakan yaitu pastikan Anda sudah melunasi hutang di aplikasi tersebut, barulah dapat menghubungi OJK jika ada kerugian.

Pelaporan ke OJK ini dilakukan untuk aplikasi pinjaman online umum lainnya untuk memastikan apakah aplikasi tersebut sudah terdaftar atau tidak. Jika ternyata tidak terbukti, OJK akan menindaknya dengan tegas untuk melakukan pemblokiran terhadap aplikasi tersebut.

6. Hapus Akun Kredit Pintar Lewat Email

Hapus-Akun-Kredit-Pintar-Lewat-Email Cara Hapus Akun Kredit Pintar

Sebenarnya, langkah awal untuk menghapus akun yang benar adalah melunasi seluruh tagihan kredit terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan agar tidak ada masalah dikemudian hari. Selanjutnya, Anda bisa menghapus akun Kredit Pintar melalui email.

Adapun langkah selanjutnya yaitu dengan menulis pesan ke email cs@kreditpintar.com Katakan bahwa Anda ingin melakukan penghapusan akun.

Tambahkan juga alasan yang kuat dan jelas kenapa ingin menutup akun sehingga alasan tersebut dapat diterima oleh pihak Kredit Pintar. Setelah pihak Kredit Pintar membalas dan menyatakan akun telah berhasil dihapus, barulah lakukan log out aplikasi dan Uninstall.

Hal yang Perlu Diketahui Sistem Perizinan Apa Saja yang Diakses oleh Pinjol

Hal-yang-Perlu-Diketahui-Sistem-Perizinan-Apa-Saja-yang-Diakses-oleh-Pinjol Cara Hapus Akun Kredit Pintar

Sebagai informasi tambahan, perlu diketahui bahwa setiap menginstall aplikasi pinjaman online, maka aplikasi akan meminta akses ke perangkat HP. Mau tidak mau, Anda harus melakukannya jika ingin mendapatkan layanan dari aplikasi tersebut.

Jika tidak, maka pendaftaran akan gagal dan aplikasi juga tidak bisa dimanfaatkan. Jadi, penting untuk mengetahui data apa yang diminta supaya membuat Anda lebih berhati-hati.

Untuk aplikasi Pinjol, umumnya akan meminta akses data seperti: lokasi, penyimpanan, kontak, SMS, kamera, telepon, sampai mikrofon. Namun, ada pula akses lain yang diminta untuk aplikasi pinjaman online lainnya.

Setelah Anda memberi izin untuk mengakses fitur ini, pengguna sudah bisa menggunakan layanan dan fitur yang ada di aplikasi tersebut. Jadi, Anda bisa melakukan pinjaman online sesuai dengan kebutuhan.

3 Akses yang Sering Ditembus

Ada 3 akses yang sering ditembus oleh aplikasi ini dengan tujuan untuk menghubungi pengguna atau melakukan promosi mengenai aplikasi. Ada pula untuk memberitahukan notifikasi penting kepada pengguna. Ketiga akses tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. SMS

SMS

Aplikasi pinjaman online umumnya akan mengirimkan notifikasi melalui SMS setelah Anda memberikan izin akses ke SMS ponsel Anda.

2. Telepon

Telepon Cara Hapus Akun Kredit Pintar

Selanjutnya adalah telepon dan jaringan yang didalamnya berkaitan dengan panggilan telepon, voicemail, sampai daftar catatan di log panggilan.

Dengan adanya persetujuan akses telepon ini berfungsi untuk membuat pinjaman online mendapatkan daftar kontak yang ada di telepon. Oleh sebab itu, setelah berhasil melakukan pelunasan lebih baik untuk menghapus data demi faktor keamanan.

3. Kontak

Kontak Cara Hapus Akun Kredit Pintar

Data terakhir yang biasanya diakses yaitu kontak. Fungsinya adalah untuk membaca dan membuat daftar dan apa saja akun yang dimiliki oleh perangkat. Jadi, Anda perlu hati-hati untuk memberikan akses terutama untuk kontak dan SMS.

Cara hapus akun Kredit Pintar adalah hal penting yang perlu diketahui supaya tidak mengganggu Anda di kemudian hari. Selain itu, ini diperlukan untuk menjaga keamanan dan privasi data.

The post 6 Cara Hapus Akun Kredit Pintar Permanen (100% Data Jadi Aman!) appeared first on F-Tips.