Lifestyle

5 Tips Mencapai Berat Badan Ideal Agar Dapat Hamil dengan Aman

googleberita

Berat badan berlebih menjelang kehamilan dapat meningkatkan risiko sejumlah komplikasi, mulai dari tekanan darah tinggi, gangguan fungsi jantung, hingga keguguran. Oleh sebab itu, setiap wanita yang berencana untuk hamil perlu menjaga berat badan agar tetap ideal.

Tips mencapai berat badan ideal yang aman untuk hamil

Anda dapat mencapai berat badan ideal menjelang kehamilan dengan mengatur pola makan, menjalani gaya hidup sehat, serta memantau pertambahan berat badan. Berikut adalah sederet tips yang dapat Anda ikuti:

1. Mulailah sedini mungkin

Bagi sebagian besar wanita, mencapai berat badan ideal untuk mempersiapkan masa hamil bukanlah hal mudah. Terlebih lagi, Anda tidak dapat memperkirakan kapan Anda akan memasuki trimester pertama. Maka dari itu, Anda harus memulai proses ini sedini mungkin.

Jika Anda memiliki berat badan berlebih, segera perbaiki pola makan dan gaya hidup sejak jauh hari sebelum Anda berencana hamil. Dengan begitu, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk menurunkan berat badan hingga ideal.

2. Berolahraga secara rutin

Jika sedang merencanakan kehamilan, Anda akan disarakankan melakukan olahraga intensitas sedang selama 30 menit sehari. Lakukan sebanyak 5 hari dalam seminggu, atau setiap hari jika memungkinkan.

Untuk membiasakan diri berolahraga, Anda dapat membagi sesi olahraga dalam sehari menjadi 2-3 kali. Masing-masing sesi memiliki durasi 10-15 menit. Jenis olahraga yang dapat membantu Anda mencapai berat badan ideal untuk hamil antara lain:

  • Berjalan kaki
  • Jogging di treadmill atau jalur dengan permukaan rata
  • Bersepeda
  • Senam aerobik atau dansa
  • Menaiki tangga

3. Membatasi konsumsi makanan dan minuman tinggi kalori

Selama menantikan kehamilan, mulailah membatasi konsumsi makanan cepat saji, junk food, ataupun makanan yang digoreng. Makanan ini biasanya tinggi kalori dan dapat mempersulit tujuan Anda untuk berat badan ideal agar dapat hamil dengan aman.

Kurangi pula konsumsi minuman manis, seperti minuman bersoda, fruit punch, es teh dengan banyak gula, serta minuman penambah energi. Sebagai gantinya, pilihlah air mineral, jus buah tanpa gula tambahan, atau teh hangat dengan sedikit madu.

4. Mengonsumsi camilan sehat

Camilan sehat dapat membantu calon ibu hamil menambah berat badan dengan aman. Sebaliknya, camilan tinggi gula dan lemak jenuh hanya memberikan kalori tambahan yang bisa menghalangi niat Anda mencapai berat badan ideal untuk hamil dengan aman.

Batasi camilan seperti kue kering, donat, kue tart, permen, keripik, sirup, madu kemasan, serta camilan dengan pemanis tambahan. Pilihlah camilan alami atau rendah kalori seperti buah-buahan segar, yogurt rendah lemak, atau kue dengan sedikit gula.

5. Memantau kenaikan berat badan

Kenaikan berat badan saat hamil adalah hal yang wajar untuk mendukung perkembangan janin. Namun, tentu bukan naik yang tidak terkontrol. Besaran kenaikan berat badan tergantung bobot tubuh Anda sebelum hamil. Ibu dengan berat badan normal misalnya, disarankan untuk menambah berat badan sebanyak 11,5-16 kilogram.

Kenaikan berat badan melampaui rentang tersebut termasuk dalam kategori berlebih. Jadi, pastikan Anda mencatat berat badan sebelum hamil serta kenaikannya selama kehamilan. Berkonsultasilah dengan dokter bila kenaikan berat badan tidak sesuai.

Terdapat berbagai cara untuk mengurangi risiko komplikasi selama hamil, salah satunya adalah dengan memiliki berat badan ideal sebelumnya. Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi pertumbuhan janin, tapi juga kesehatan ibu.

Persiapkan diri Anda jauh sebelum memulai program kehamilan agar hasilnya lebih optimal. Awali dengan menentukan seberapa banyak Anda harus menurunkan berat badan jika Anda memang kelebihan berat badan. Kemudian, lanjutkan dengan perbaikan pola makan dan gaya hidup.

The post 5 Tips Mencapai Berat Badan Ideal Agar Dapat Hamil dengan Aman appeared first on Hello Sehat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of